Rekomendasi 23 Padang Sabana di Indonesia yang Akan Menyegarkan Matamu

Kawah Ilalang di Bondowoso. Sumber foto

Alam Indonesia yang terbentang dari Sabang sampai Merauke menyimpan begitu banyak keindahan dan keajaiban. Tak heran kalau ada yang bilang bahwa Indonesia adalah atlantis yang dulu sempat hilang. Kamu mencari gunung, gurun pasir, bahkan padang sabana pun ada di Indonesia. 

Ya, tahukah Kamu kalau ternyata Indonesia memang punya banyak padang sabana? Dan beberapa di antaranya adalah:

#1 Taman Nasional Alas Purwo, tepat di mana Kamu bisa menikmati hijaunya sabana sambil melihat satwa yang sedang merumput

padang sabana

Taman Nasional Alas Purwo. Sumber foto

Taman Nasional Alas Purwo yang terbentuk secara semi alami berada di Banyuwangi. Sebetulnya padang sabana ini terbentuk karena kerusakan hutan. Kamu bisa melihat hewan-hewan yang sedang merumput tersebut dari pos pemantauan satwa berlantai 3. Dari atas pos, Kamu bisa lebih leluasa memantau hewan-hewan tersebut tanpa mengganggu mereka.

Punya agenda berlibur ke Banyuwangi dalam waktu dekat? Pastikan untuk mampir ke sini.

Lokasi : Jl. Brawijaya No.20, Kebalenan, Kec. Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68416

#2 Menjelajah Afrikanya Indonesia di Taman Nasional Baluran

destinasi wisata

Lanscape Savana Baluran Jawa Timur. Sumber foto

Memiliki luas 25.000 ha, Taman Nasional Baluran sering disebut-sebut sebagai Afrikanya Indonesia. Ada beberapa satwa yang bisa Kamu temukan di padang sabana terluas di Jawa ini. Saat berada di Taman Nasional Baluran, Kamu mungkin akan lupa sebenarnya sedang ada di Indonesia. Saat musim hujan, sabana ini  terlihat segar dan menyejukkan mata. Saat kemarau tiba, rerumputan akan meranggas kering menguning. Sangat mirip dengan film-film yang mengambil latar belakang tanah Afrika.

Lokasi : Sumberwaru, Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur

#3 Bulak Peperangan, padang sabana di jalur pendakian Candi Cetho Lawu

padang sabana

Padang sabana Lawu. Sumber foto

Tidak banyak yang tahu bahwa Gunung Lawu ternyata juga punya padang sabana. Untuk menemukan padang sabana ini Kamu harus mendaki Gunung Lawu lewat jalur Candi Cetho. Dan padang sabana ini akan dengan mudah ditemui dalam perjalanan dari pos 5 menuju Pasar Dieng.

Padang sabana di Gunung Lawu ini bernama Bulak Peperangan. Sebuah mitos mengatakan bahwa dulunya padang sabana ini merupakan tempat peperangan antara Kerajaan Majapahit di bawah pimpinan Brawijaya V dengan Kerajaan Demak di bawah pimpinan Raden Patah. Dan kalau pendaki camping di area ini, konon akan mendengar suara peperangan. Seram, tapi indah!

Lokasi : Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah dan Kabupaten Magetan, Kabupaten Ngawi Jawa Timur, Indonesia

#4 Padang sabana Gunung Guntur yang meranggas kekuningan

padang sabana

Sabana Gunung Guntur. Sumber foto

Gunung Guntur memang lebih sering terlihat panas dan tandus. Tapi ada satu pemandangan luar biasa di sisi lereng puncaknya, yaitu padang sabana yang luas. Biasanya saat malam akan ada ribuan kunang-kunang yang akan beterbangan menghiasi padang sabana ini. 

Lokasi : Garut, Jawa Barat, Indonesia

#5 Padang sabana teletubbies di puncak Gunung Prau

padang sabana

Sabana Gunung Prau. Sumber foto

Dibilang padang sabana teletubbies karena memang padang rumput dan bunga yang ada di puncak Prau ini mirip dengan padang rumput yang ada di serial kartun Teletubbies. Generasi 90’an pastinya masih ingat dengan serial kartun yang satu ini.

Gundukan tanah yang luas dan ditumbuhi rumput juga bunga membuat puncak Gunung Prau tampak cantik dan berbeda dari semua gunung di Jawa Tengah. Gunung ini juga cocok untuk para pendaki pemula, karena medannya tak terlalu susah dan jalurnya pun tak terlalu panjang. 

Lokasi : Kabupaten Batang Kendal—Wonosobo, Jawa Tengah, Indonesia

#6 Padang sabana Cepit di antara cadasnya bebatuan Gunung Sumbing

padang sabana

Padang sabana Gunung Sumbing. Sumber foto

Gunung Sumbing menjadi salah satu gunung terpopuler di Jawa Tengah. Untuk mendakinya pun bisa dilakukan dari berbagai jalur, misalnya lewat Garung atau jalur Cepit. 

Kalau Kamu memutuskan lewat jalur Cepit, itu tandanya harus bersiap diri. Karena jika mendaki lewat jalur ini Kamu akan menemukan sebuah padang sabana yang cantik setelah melewati pos 3. 

Lokasi : Desa Cepit, Parakan, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah

#7 Lautan rumput di Bromo, melihat lukisan alam yang membentang begitu indah

padang sabana

Padang sabana Bromo. Sumber foto

Bromo, tidak hanya sebatas cerita tentang lautan pasir berbisik, ratusan tangga yang siap membakar semangat pendaki, tentang kawahnya yang mengagumkan, atau tentang tradisi Suku Tengger-nya. Tapi Bromo juga punya satu keindahan lain yang bisa Kamu nikmati dengan leluasa, yaitu padang sabananya. 

Saat musim kemarau, rumput ini begitu eksotik dengan warna hijau kecokelatan. Mungkin Kamu akan tertidur dengan lelap saat merebahkan diri di atas padang sabana ini. 

Lokasi : Bromo terletak di empat kabupaten, yaitu Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang.

#8 Tegal Panjang, sisi lain Gunung Papandayan yang tak banyak orang tahu

padang sabana

Tegal Panjang Papandayan. Sumber foto

Melintasi padang sabana Tegal Panjang di Gunung Papandayan pasti akan mengingatkanmu pada keindahan sabana Oro-Oro Ombo di Gunung Semeru. Sabana Tegal Panjang ini banyak dikelilingi oleh pohon-pohon tinggi. Saat musim kemarau, Kamu akan menemukan abu sisa-sisa pembakaran di beberapa titik. Tapi abu-abu ini bukan sisa dari kebakaran, tapi merupakan abu hasil pembakaran rumput yang memang sengaja dibakar oleh warga untuk mencegah terjadinya kebakaran karena rumputnya yang meninggi.

Lokasi: Gunung Papandayan, Karamat Wangi, Cisurupan, Kabupaten Garut, Jawa Barat

#9 Padang rumput Cihideung, New Zealand-nya Bandung

padang sabana

Padang Rumput Cihideung. Sumber foto

Banyak yang menyebut tempat ini sebagai New Zealand-nya Bandung. Hamparan rumput di lahan kosong ini berada di kawasan Cihideung Lembang. Rumput-rumput liar yang tidak terurus namun membuat tempat ini semakin indah. Selain ada padang rumput, di kawasan ini juga terdapat peternakan kuda.

Lokasi : Jl. Cihideung, Parongpong, Lembang, Bandung, Jawa Barat

#10 Pemandangan padang rumput Cikasur Argopuro yang makin cantik dengan aliran sungai kecilnya

padang sabana

Padang Cikasur Argopuro. Sumber foto

Jika Kamu mendaki Gunung Argopuro lewat jalur Baderan, padang sabana Cikasur akan jadi suatu keindahan luar biasa yang akan ditemui selama pendakian. Selain sabana Cikasur, Kamu juga akan menemukan sabana-sabana kecil di sepanjang jalur pendakian. Itulah kenapa banyak pendaki yang menyebutnya “The Hidden Paradise” di Argopuro.

Konon, sabana Cikasur tempat ini merupakan bekas lapangan terbang pada zaman penjajahan Belanda. Sisa-sisa pondasi landasan dan bangunan pada zaman itu bahkan masih ada sampai sekarang.

Lokasi: Gunung Argopuro masuk dalam tiga wilayah kabupaten yaitu Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Jember dan Kabupaten Situbondo.

#11 Padang sabana berwarna ungu di Oro-Oro Ombo Semeru

padang sabana

Oro-oro Ombo Semeru. 

Oro-Oro Ombo merupakan salah satu spot foto terbaik saat mendaki ke Gunung Semeru. Di sini Kamu akan dimanjakan dengan cantiknya padang sabana berwarna ungu, karena keberadaan jutaan tanaman bunga Verbena. Tanaman ini bebas dipetik oleh pendaki, karena sebetulnya ini adalah tanaman hama yang justru membahayakan ekosistem tumbuhan lain di Semeru. 

Saat musim kemarau, warna ungu ini akan tergantikan dengan warna kecokelatan khas tumbuhan yang meranggas. 

Lokasi : Gunung Semeru, Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Indonesia

#12 Padang sabana Merbabu dengan latar gagahnya Gunung Merapi

padang sabana

Cantiknya sabana Merbabu. Sumber foto

Padang sabana di Merbabu mungkin memang tidak seluas padang sabana di Gunung Semeru. Tapi padang sabana di Gunung Merbabu memiliki pemandangan lain, yaitu dengan berlatar gagahnya Gunung Merapi yang sempat meletus beberapa tahun lalu.

Merbabu memiliki 2 titik sabana. Sabana terluas ada di lahan sebelum menuju puncak. Kamu akan betah lama-lama di sini demi bisa menikmati keindahannya. 

Lokasi: Jalur pendakian Selo, Gunung Merbabu

#13 Padang di Gunung Buthak yang begitu memesona

padang sabana

Sabana Gunung Buthak. Sumber foto

Tak banyak yang tahu kalau Gunung Buthak ini ternyata punya padang sabana yang tak kalah cantik dengan gunung-gunung lainnya. Untuk menemukan padang sabana ini, pendaki harus mendaki Gunung Buthak lewat jalur Panderman atau Prici. Padang sabana ini sering dijadikan tempat camping pendaki. Karena selain areanya yang landai, di dekat padang sabana ini juga terdapat sumber mata air dan letaknya tak begitu jauh dari puncak. 

Lokasi : Jalur Bukit Panderman Batu-Malang, Jawa Timur

#14 Padang rumput di jalur Sigedang Gunung Sindoro

padang sabana

Padang sabana Sindoro. Sumber foto

Selain jalur Kledung, ada satu jalur pendakian Gunung Sindoro yang juga sering dipakai pendaki yaitu jalur Sigedang atau Sikatok. Jalur ini kabarnya adalah jalur pendakian tercepat untuk menuju puncak Sindoro.

Sepanjang jalur pendakian Sigedang ini Kamu akan menikmati pemandangan kebun teh yang indah dan juga sabana yang terhampar luas. Selain itu, puncak Gunung Sumbing, Merapi, Merbabu dan Slamet adalah pemandangan indah lain yang akan Kamu nikmati jika mendaki lewat jalur Sigedang ini. 

Lokasi : Jalur Sigedang, Desa Sigedang, Kecamatan Tambi, Wonosobo, Jawa Tengah

#15 Sembalun Rinjani dengan padang sabana terbaiknya

padang sabana

Padang sabana Sembalun, Rinjani. Sumber foto

Gunung Rinjani memiliki beberapa jalur pendakian resmi, di antaranya jalur SenaruSembalun dan Torean. Satu di antara tiga jalur tersebut yang memiliki pemandangan sabana adalah Jalur Sembalun. 

Jalur Sembalun ini merupakan pintu pendakian menuju puncak Gunung Rinjani dari arah timur. Sabana terbentang dari 0 km sampai mendekati pos 3 (kurang lebih 6km). Pemandangan di sabana ini adalah salah satu yang terbaik di Indonesia.

Lokasi: Desa Senaru, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur.

#16 Padang di Gunung Arjuna yang juga tak kalah eksotis

padang sabana

Padang sabana di Arjuna. Sumber foto

Kalau Kamu ingin mendapatkan view sabana di Gunung Arjuna, maka bisa mengambil jalur Lawang. Di jalur Lawang ini Kamu akan menemui pertigaan setelah pos 2. Dua belokan ini sebetulnya sama-sama menuju ke puncak Arjuna. Kalau Kamu mengambil belokan yang ke arah kanan, kemungkinan akan lebih cepat sampai ke pos 3. Tapi kondisi jalannya memang cukup terjal dan menanjak. 

Kalau Kamu mengambil lajur kiri, memang akan sedikit lama. Karena jalurnya cukup landai, dan di sinilah Kamu bisa menemukan padang sabana yang cantik luar biasa.

Lokasi:  Desa Wonorejo, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur.

#17 Kawah Wurung Bondowoso dengan hamparan padang rumputnya yang hijau

padang sabana

Eksotisme Kawah Wurung Bondowoso. Sumber foto

Kawah Wurung merupakan sebuah padang luas yang dipenuhi oleh rerumputan hijau. Tempat ini sering digunakan untuk kegiatan paralayang dan motor trail. Di sekitar kawasan Kawah Wurung juga terdapat sebuah bukit bernama Bukit Cincin. Dinamakan Bukit Cincin karena di puncak bukit itu terdapat sebuah kubangan mirip kaldera gunung berdiameter sekitar 100 meter yang bulat. Hampir serupa dengan bentuk cincin.

Lokasi : Kalianyar, Sempol, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur 68288

#18 Kawah Ilalang, padang ilalang di sisi lain Bondowoso

padang sabana

Kawah Ilalang di Bondowoso. Sumber foto

Kawah Ilalang ini letaknya tak jauh dari Kawah Wurung. Karakteristik padangnya pun hampir mirip. Yang membedakan adalah, tempat ini lebih sepi wisatawan dibandingkan dengan Kawah Wurung. Jadi kalau Kamu ingin menyepi, mungkin bisa memilih Kawah Ilalang sebagai tempat pelarian. 

Lokasi : Kalianyar, Sempol, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur 68288

#19 Pulau Kenawa, bisa dibilang Afrikanya Sumbawa NTB

padang sabana

Padang sabana di Pulau Kenawa. Sumber foto

Pulau Kenawa merupakan sebuah pulau kecil yang masuk dalam provinsi Nusa Tenggara Barat. Salah satu keindahan yang tersohor dari pulau kecil ini adalah padang rumputnya yang menguning, mirip dengan yang ada di Baluran saat musim kemarau. Maka tak heran kalau banyak yang menyebutnya sebagai Afrikanya Sumbawa NTB. 

Di pulau ini juga terdapat bukit kecil. Kamu bisa menaiki bukit ini untuk melihat seluruh bagian pulaunya. 

Lokasi : Pulau Kenawa, Kabupaten Sumbawa Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB)

#20 Sabana Cidaon di Taman Nasional Ujung Kulon

padang sabana

Hijaunya sabana Cidaon. Sumber foto

Sabana Cidaon terletak di depan dermaga Pulau Peucang. Di sini Kamu bisa menikmati pemandangan padang rumput yang luar biasa indah dan masih jarang tersentuh oleh manusia. Bahkan Kamu bisa menemui banteng-banteng liar yang sedang merumput di sini. Kalau beruntung, Kamu juga bisa bertemu dengan Badak bercula satu yang merupakan hewan endemik dari Taman Nasional Ujung Kulon.

Lokasi : Dekat Taman Nasional Ujung Kulon. Pandeglang, Banten

#21 Sabana Sumba Timur – Nusa Tenggara Timur

Sabana Sumba Timur yang memesona. Sumber foto

Sabana Sumba Timur merupakan salah satu saban terluas yang ada di Indonesia. Sejauh mata memandang Kamu hanya akan menemukan rerumputan yang menguning saat kemarau. Di padang sabana Sumba Timur ini Kamu akan menemukan beberapa kuda liar Sumba. Karena area padang sabana ini memang dijadikan sebagai lahan peternakan bagi penduduk sekitar sana.

#22 Sabana Kepulauan Komodo yang beradu dengan kecantikan pantai 

padang sabana

Sabana di Kepulauan Komodo. Sumber foto

Kepulauan Komodo merupakan tempat di mana Taman Nasional Komodo berada. Selain bisa bertemu dengan hewan endemik pulau ini yaitu Komodo, sebetulnya Kamu juga bisa menikmati keindahan padang sabananya yang beradu dengan kecantikan pantai pasir putihnya. 

Pulau ini memang didominasi oleh tumbuhan liar seperti lontar dan rerumputan. Kalau mau naik ke atas bukit, Kamu akan melihat sisi lain Pulau Komodo yang begitu cantik dan menawan. 

Lokasi : Pulau Komodo, Kepulauan Nusa Tenggara, Nusa Tenggara Timur

#23 Padang sabana Tanjung Ringgit di tepian pantai Lombok

padang sabana

Padang sabana Tanjung Ringgit. Sumber foto

Padang sabana Tanjung Ringgit adalah salah satu spot favorit saat berkunjung ke Lombok. Soalnya, dari atas padang sabana ini Kamu bisa langsung menikmati panorama pantai dan juga tebing pantai yang cukup tinggi. Tempat ini cocok untuk sekadar bersantai dan melepas lelah. Jadi tak ada salahnya untuk mampir ke sini jika Kamu sedang berada di Lombok. 

Lokasi : Jl. Lingkok siwaq, Sekaroh, Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. 83672

***

Tidak menyangka, kan, kalau ternyata Indonesia punya begitu banyak padang sabana? Yang jelas kalau Kamu ingin berkunjung ke padang sabana ini, tetap jaga kelestarian lingkungan dan jangan buang sampah sembarangan, ya. Apalagi kalau buang puntung rokok di kawasan sabana saat musim kemarau, bahaya! Jadi tetap hati-hati dan sayangi lingkungan kita.

Dapatkan ulasan menarik tentang dan tulisan Lain dari Rizqi Y

Tags: , , , , , , , , , ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar