Jalur Pendakian Baru di Gunung-gunung di Pulau Jawa

Gunung Merapi. SUmber foto

Setidaknya ada sekitar 74 gunung dan 13 pegunungan yang tersebar di atas Pulau Jawa.

Pulau Jawa memiliki puluhan gunung dan pegunungan yang memiliki pemandangan indah, seperti Gunung Semeru yang memiliki Ranu Kumbolo indah atau Gunung Gede Pangrango yang punya bunga abadi yang super cantik. Rasanya, kalau melihat foto-foto gunung yang indah bikin kaki ini ingin terus mendaki.

Sayangnya, perasaan bosan naik gunung pun terkadang muncul. Alasannya sih sepele, sudah pernah mendaki di gunung yang sama dengan jalur yang sama pula. Nah, biar pendakianmu kembali berwarna dan menantang, beberapa gunung di Pulau Jawa telah membuka jalur baru untuk para pendaki. Berikut ini adalah jalur barunya; 

Merapi via Klaten lewat Jalur Sapuangin

jalur pendakian baru

Gunung Merapi. Sumber foto

Pada bulan Mei pertengahan (12/5) sebuah jalur pendakian baru Gunung Merapi telah diresmikan. Jalur pendakian ini adalah jalur Sapuangin.

Jalur Sapuangin lebih panjang daripada jalur Selo. Butuh waktu sekitar 5-9 jam untuk sampai di Pasar Bubrah. Tapi, jalurnya tak seterjal jalur Selo. Bagi Kamu yang ingin mencoba jalur ini Kamu bisa ke Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Klaten.

Peresmian jalur baru ini rencananya akan disusul dengan peresmian jalur lama Gunung Merapi lain yaitu jalur Lendong di Kecamatan Cepogo. Untuk saat ini belum diresmikan.

Jalur baru Gunung Arjuno via Kota Batu

jalur pendakian baru

Gunung Arjuno. Sumber foto

Kabar gembira untuk Kamu yang berencana untuk mendaki ke Gunung Arjuno kini Kamu bisa mendaki via Kota Batu.

Melansir dairi TribunTravel, jalur pendakian baru ini menghabiskan anggaran hingga Rp 50 miliar. Jadi, Kamu pasti bakalan mendapati jalur pendakian yang nyaman dengan pemandangan yang keren.

Perbaikan di jalur pendakian Patakbanteng, Gunung Prau, Wonosobo

kumpulan foto milky way

Paduan cantik antara tenda dan cahaya malam Gunung Prau. Sumber foto

Gunung Prau memang tak bisa dipungkiri kecantikannya. Nah, ternyata Gunung Prau kini punya jalur baru loh.

Memang bukan jalur yang bener-bener baru sih. Tapi, jalur pendakian Gunung Prau ini sebenarnya adalah pembaruan jalur Patakbanteng. Pembukaan jalur baru Patakbanteng ini adalah langkah untuk memperbaiki jalur lama yang sudah mulai rusak.

Jadi, jika Kamu lewat jalur Petakbanteng nantinya akan ada sedikit perubahan jalur.

Jalur pendakian Merbabu via Grenden

jalur baru

Jalur pendakian Via Grenden. Sumber foto dari sini

Merbabu identik dengan jalur pendakian Selo, Cuntel, Suwanting, dan Wekas. Nah, kalau Kamu sudah bosan dengan jalur itu cobalah untuk mendaki Merbabu via Grenden.

Jalur ini adalah jalur pendakian yang dibuka oleh warga desa Grenden sendiri dan telah beroperasi dengan baik sejak tahun lalu. Di jalur ini Kamu akan menyaksikan pemandangan  hutan pinus, hutan lumut, hingga sabana yang indah. Lokasinya tidak jauh dari jalur wekas.

Gunung Sumbing via Cepit dan Banaran

sumbing

Sumbing. Foto oleh Fransisca Arnoldi

Pendakian Gunung Sumbing memang menarik untuk didaki. Kalau biasanya pendaki Sumbing hanya bisa mendaki via Garung, Kaliaglik, dan Bowongso kini Kamu bisa lewat jalur baru yaitu Cepit dan Banaran.

Jalur Banaran ini sendiri sudah diresmikan sejak Agustus 2016 yang lalu. Jika lewat jalur ini Kamu akan menghabiskan waktu sekitar 7 hingga 8 jam hingga sampai puncak kawah atau segara Banjaran. Dari sini Kamu bisa sampai puncak sejati 1 jam perjalanan. Lokasi jalur ini berada di Desa Banaran, Temanggung.

Untuk Jalur Cepit sendiri terletak di Desa Cepit, Parakan. Jalur ini lumayan sepi karena biasanya menjadi jalur yang dipakai masyarakat yang hendak berziarah. Pemandangan lewat jalur ini indah banget dan patut dicoba.

 

***

Meskipun jalur baru ini sudah dikatakan aman dan tak terlalu menyulitkan pendaki, namun Kamu harus tetap waspada dan mempersiapkan segalanya sebelum mendaki gunung. Mulai dari logistik, jaket, tenda, obat atau p3k dan persiapan lainnya.

Baca juga:

Dapatkan ulasan menarik tentang dan tulisan Lain dari Wike Sulistiarmi

Tags: , , , , ,

Paket Produk Penawaran