Cara Menuju dan Waktu Terbaik ke Taman Nasional Baluran Jawa Timur

Foto oleh Shabara Wicaksono

baluran jawa timur

Foto oleh Febian Nurrahman

Kamu sedang merencanakan ke Taman Nasional Baluran tahun ini? Sudah tahu waktu terbaik dan bagaimana mengakses ‘Afrikanya pulau Jawa’ ini? Kamu perlu menyimak beberapa hal ini agar rencanamu untuk mengunjungi Baluran bisa menyenangkan.

Apa yang bisa Kamu nikmati di Taman Nasional Baluran?

Perlu Kamu tahu, Taman Nasional Baluran memiliki beberapa spot yang bisa Kamu nikmati. Salah satunya adalah Goa Jepang, lalu Kamu juga bisa bersua dengan satwa-satwa liar sepanjang rute dari pintu masuk TN Baluran, lalu menikmati Padang Savana Bekol , melihat keindahan Pantai Bama,  menghabiskan waktu ke dermaga mangrove Bama, dan juga Pantai Kajang.

Waktu terbaik mengunjungi Taman Nasional Baluran

Sebenarnya, tiap musim menawarkan panorama dan sensai yang berbeda. Pemandanga sabana terbaik tersaji di musim kemarau, sedangkan bunga-bunga terlihat dalam wujud tercantiknya di musim hujan. Walau siklus musim hujan kini sulit diprediksi, secara umum, musim hujan di Baluran berlangsung dari November hingga April, sementara musim kemarau dari Mei hingga Oktober.

Cara menuju Taman Nasional Baluran

baluran

Foto oleh Shabara Wicaksono

1. Dari Jakarta

Naik Bus:

Dari Jakarta atau Jabodetabek Kamu bisa menggunakan Bus Jurusan Jakarta-Banyuwangi via Situbondo. Tapi kebanyakan Bus Jurusan Jakarta-Banyuwangi lewat Jember. Jika seperti ini, Kamu akan di turunkan di Terminal Probolinggo. Dari teminal, Kamu bisa naik Bus Banyuwangi via Situbondo dan turun di pintu masuk Taman Nasional Baluran.

Jika Kamu tidak ingin naik Bus dua kali, Kamu bisa menaiki Bus jurusan Jakarta-Denpasar. Biasanya, armada ini akan menggunakan jalur Situbondo. Kamu bisa langsung turun di Pintu masuk TN Baluran.

Naik Kereta:

Dari Jakarta, Kamu bisa memilih jurusan Surabaya Gubeng, dari sini Kamu bisa naik Kereta lagi ke jurusan Banyuwangi dengan menggunakan Sri Tanjung, Probowangi, atau Mutiara Timur. Dari Banyuwangi, Kamu bisa naik Bus Banyuwangi via Situbondo. Jangan salah pilih Bus, karena ada juga Banyuwangi via Jember.

Naik Pesawat:

Dari Bandara Juanda, Kamu bisa menggunakan Bus Damri jurusan Juanda-Bunguarasih. Dari terminal Bunguarsih, Kamu naik Bus Banyuwangi via Situbondo dan turun di pintu masuk TN Baluran.

2. Dari Bandung

Naik Bus:

Dari Bandung, Kamu bisa memilih Bus Kramat Djati atau Pahala Kencana dengan jurusan Banyuwangi via Situbondo atau ikut jurusan Denpasar. Lalu Kamu bisa turun langsung ke pintu masuk TN Baluran.

Naik Kereta:

Dari Bandung, Kamu bisa memilih jurusan Surabaya Gubeng, dari sini Kamu bisa naik Kereta lagi ke jurusan Banyuwangi dengan menggunakan Sri Tanjung, Probowangi, atau Mutiara Timur. Dari Banyuwangi, Kamu bisa naik Bus Banyuwangi via Situbondo. Jangan salah pilih Bus, karena ada juga Banyuwangi via Jember.

Naik Pesawat:

Dari Bandara Juanda, Kamu bisa menggunakan Bus Damri jurusan Juanda-Bunguarasih. Dari terminal Bunguarsih, Kamu naik Bus Banyuwangi via Situbondo dan turun di pintu masuk TN Baluran.

3. Dari Jogja

Naik Bus:

Dari Jogja, coba Kamu naik Bus Mila Sejahtera atau AKAS dengan jurusan Banyuwangi atau Probolinggo. Bila turun di Probolinggo, Kamu bisa naik bus Banyuwangi via Situbondo, Jika dari Banyuwangi, Kamu bisa memilih Bus Surabaya via Situbondo. Dari kedua pilihan ini, perjalanan lebih cepat ditempuh dengan jurusan Jogja-Banyuwangi.

Naik Kereta:

Kamu bisa menggunakan kereta Sri Tanjung Jogja-Banyuwangi. Sama halnya dengan menaiki Bus, Kamu hanya perlu menggunakan Bus Surabaya via Situbondo setelah sampai di terminal dan berhenti di pintu masuk TN Baluran.

4. Dari Semarang

Jika ingin cepat samapi, Kamu bisa menggunakan Bus Semarang-Denpasar yang akan melewati pintu masuk TN Baluran. Namun tiket bus lebih mahal. Jika ingin lebih murah, Kamu bisa memilih menggunakan Bus jurusan Surabaya dari Terminal Terboyo, Semarang. Namun, jika ingin menghemat biaya, Kamu bisa menaiki Bus Semarang-Surabaya, setelah sampai di terminal, Kamu bisa menggunakan Bus Banyuwangi via Situbondo dengan Bus Mila Sejahtera atau AKAS. Lalu, turunlah di pintu masuk TN Baluran.

5. Dari Surabaya

Kamu bisa menaiki Bus AKAS atau Mila Sejahtera dari Surabaya dengan jurusan Banyuwangi tapi via Situbondo. Jangan pilih bus Surabaya-Banyuwangi via Jember, Bus ini biasanya tidak melewati TN Baluran.

6. Dari Solo

Dari Terminal Tirtonadi, Kamu bisa memilih Bus Jogja-Banyuwangi, bus ini biasanya ada di jam 2 siang-8 malam. Lalu Kamu bisa turun ke terminal Probolinggo, lalu naik Bus Jurusan Banyuwangi yang melewati Situbondo. Nanti, Kamu bisa turun di pintu masuk TN Baluran.

7. Dari Malang

Dari Terminal Arjosari, Malang, Kamu bisa menggunakan Bus Harapan Baru jurusan Banyuwangi. Bus ini biasanya akan menurunkan penumpangnya di Terminal Probolinggo, karena bus ini melewati Jember.

Jadi, setelah sampai di Terminal Probolinggo, Kamu bisa melanjutkan perjalanan menggunakan naik bus Banyuwangi yang melewati Situbondo dan turunlah di pintu masuk TN Baluran.

Tiket masuk Taman Nasional Baluran

Harga untuk weekday (Senin-Sabtu)

Wisatawan Domestik: Rp. 5.000
Wisatawan Asing: Rp. 150.000
Kendaraan Roda 2: Rp. 5.000
Kendaraan Roda 4: Rp. 10.000

Harga untuk Weekend (Minggu)

Wisatawan Domestik: Rp. 7.500
Wisatawan Asing: Rp. 225.000
Kendaraan Roda 2: Rp. 7.500
Kendaraan Roda 4: Rp. 15.000

Pelayanan tiket dilayani mulai pukul 8 pagi. Rekomendasi terbaik untuk menikmati Baluran adalah dengan menggunakan kendaraan pribadi. Jika memeng tidak ada kendaraan pribadi, Kamu bisa menggunakan jasa ojek dengan harga Rp 50 ribu. Atau jika ingin menyewa motor, harga dibanderol Rp 100 ribu sehari.

Di Taman Nasional Baluran ada penginapan sederhana dengan harga kira-kira Rp 250 ribu/malamnya dan mereka juga menyediakan makanan yang bisa dipesan sebelum kedatangan.

Dapatkan ulasan menarik tentang dan tulisan Lain dari Wike Sulistiarmi

Tags: , , , ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar