6 Aktifitas di Taman Nasional Baluran yang Bisa kamu Coba

Foto oleh Achmad Taufik

Siapa yang tak kenal dengan Taman Nasional Baluran yang terletak di Jawa Timur, tepatnya di Kabupaten Situbondo. Tempat yang disebut sebagai miniatur sabana Afrika ini sampai mendapat julukan ”Africa van Java”.

Banyak destinasi wisata yang dapat kamu temui saat berkunjung ke Taman Nasional Baluran. Tak hanya sekadar menikmati alam indah, namun kita juga dapat berinteraksi dengan hewan-hewan liar di Taman Nasional Baluran ini!

Berikut hal-hal menarik yang mungkin tak kamu tahu dapat dilakukan di Taman Nasional Baluran.

 

1. Wisata sejarah ke Goa Jepang

Jika kamu beranggapan Baluran sekadar tempat wisata alam itu salah besar,di Taman Nasional Baluran kamu juga dapat belajar sejarah. Salah satu wisata sejarah yang tak boleh kamu lewatkan adalah Goa Jepang. Goa yang luasnya sekitar 12 meter persegi ini merupakan tempat bertahan dan penyimpanan amunisi. Lokasi Goa Jepang berada tepat di pintu masuk Taman Nasional Baluran, mampir sejenak ke goa ini sebelum menjelajahi Baluran bukan ide buruk, cobalah.

 

2. Bersua satwa-satwa liar sepanjang rute dari pintu masuk TN Baluran

taman nasional baluran

Foto dari Jefry B

Petualangan dimulai dari resort Batangan yang merupakan gerbang petama TN Baluran. Dari Batangan, kita akan banyak disuguhi cantiknya panorama alam di rute kawasan hutan Evergreen – Savana Bekol – Pantai Bama dengan jarak sejauh 15km.

Di tengah jalan kita dapat menjumpai satwa liar seperti ayam hutan, tupai, aneka burung, monyet, banteng, merak dan kijang. Menikmati semua panorama tersebut sembari mengendarai motor kuno, berasa menjadi Che Guevara muda dalam film The Motorcycle Diaries.

 

3. Menikmati Padang Savana Bekol dengan cara yang berbeda

taman nasional baluran

Foto oleh Achmad Taufik

Bisa jadi ini lokasi destinasi pertama yang akan kamu kunjungi di Taman Nasional Baluran yaitu savana Bekol. Hamparan padang savana yang merupakan primadonanya TN Baluran ketika musim kemarau rumputnya menjadi kekuningan emas dan ketika musim rumput akan menjadi hijau. Selain itu di savana Bekol kita juga dapat menemukan segerombolan kawanan banteng, rusa, suara ayam hutan atau merak yang sedang narsis menunjukkan kecantikan ekornya.

Tentu saja di sini kamu pun bisa berfoto narsis seperti pada destinasi pada umumnya. Bahkan kamu bisa berfoto bagaikan pahlawan bertopeng di sini, berbagi makanan dengan monyet, memantau hewan dari menara pandang di Bekol dan bermalam di penginapan yang disediakan oleh pengelola Taman Nasional Baluran. 

 

4. Menikmati keindahan Pantai Bama

taman nasional baluran

Foto oleh Achmad Taufik

Sekitar 3 km dari Savana Bekol terdapat Pantai Bama, pantai cantik terletak di kawasan Taman Nasional Baluran. Pantai dengan hamparan pasir putih dan terumbu karang ini akan memberimu pengalaman menakjubkan jika ber-snorkeling ria di Pantai Bama. Pantai ini cukup sepi pengunjung jika bukan akhir pekan, sehingga serasa memiliki pantai pribadi.

 

5. Jangan lupa berkunjung ke dermaga mangrove Bama

Tak jauh dari Pantai Bama kira-kira 100 meter ke arah selatan, ada satu tempat yang tenang dan romantis, yaitu dermaga mangrove Bama. Dermaga kecil yang dikelilingi tanaman magrove ini merupakan salah satu destinasi wajib dikunjungi ketika ada di Pantai Bama.

Untuk menuju dermaga mangrove Bama kita harus melewati jalur setapak dan melewati rerimbunan pepohonan magrove dan kayu hutan yang kokoh menjulang ke atas langit.

Disana selain kita menikmati keindahan alamnya kita juga dapat menemukan berbagai hewan liar seperti biawak, monyet, dan burung bangau. Dan terakhir, yang paling menakjubkan adalah kamu akan menemukan mangrove terbesar Asia di sini!

 

6. Memancing di Pantai Kajang, keindahan tersembunyi di balik belantara Baluran

taman nasional baluran

Foto oleh Achmad Taufik

Bagi para pecinta mancing, Pantai Kajang tak asing lagi. Pantai ini memang menjadi spot favorit para pecinta mancing.

Untuk menuju Pantai Kajang, kita terlebih dahulu wajib meminta izin di Resort Bama kemudian dilanjut dengan berjalan kaki atau menggunakan sepeda motor. Usahakan minta tolong kepada petugas untuk menjadi guide selama perjalanan ke Pantai Kajang. Dalam perjalanan menuju pantai kamu akan merasakan sensai bertualang di alam bebas karena kita akan menembus belantara Hutan Baluran.

Di Pantai Kajang kita akan dimanjakan dengan hamparan pasir yang luas dan air laut yang jernih.untuk menuju ke pantai kajang

 

Tips ke Taman Nasional Baluran

taman nasional baluran

Foto oleh Achmad Taufik

Waktu yang paling tepat untuk berkunjung ke Taman Nasional Baluran adalah saat bulan Maret – Agustus. Di bulan- bulan tersebut kamu dapat melihat langsung kawanan rusa, jika beruntung kamu dapat melihat proses kawin mereka karena saat bulan-bulan tersebut adalah musim kawin rusa, dan monyet-monyet yang memancing kepiting menggunakan ekornya.

Untuk tiket masuk ke Taman Nasional Baluran per orang adalah Rp 7.500 dan untuk kendaraan roda dua Rp 5000/kendaraan, sementara kendaraan roda empat dipungut biaya Rp 15.000/unit.

Untuk informasi lebih jelas dapat menghubungi kantor Taman Nasional Baluran via telepon (0332)24119.

Dapatkan ulasan menarik tentang dan tulisan Lain dari Achmad Taufik

Tags: ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Iklan Anda Klik Untuk Daftar