23 Rekomendasi Tempat Wisata di Malang

Pantai Teluk Asmoro Malang. Foto oleh @septariahidayat

Malang – satu kota yang bisa memberimu pengalaman luar biasa untuk menghabiskan waktu liburan. Ada banyak tempat wisata di Malang yang bisa Kamu coba, mulai dari wisata religi, wisata alam, wisata sejarah, dan banyak lagi lainnya. Makanya, nggak heran kalau banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang rela jauh-jauh ke Malang karena ingn menikmati sajian wisatanya yang beragam ini.

Penasaran seperti apa kecantikan destinasi wisata yang ada di Malang? Yuk, kita kupas satu-satu di sini.

Pesona wisata alam Malang dari air terjun, pantai hingga gunung

#1 Mata air Sumber Sirah

tempat wisata di malang

Mata air Sumber Sirah yang cantik dengan tumbuhan ganggangnya. Foto oleh @sultan_arizandy

Tempat wisata Mata air Sumber Sirah cocok untuk Kamu yang hobi berenang atau snorkeling. Sebab salah satu yang menjadi keunikan mata air ini adalah kecantikan tumbuhan ganggang hijau yang fotogenik, cocok untuk area hunting foto underwater. Airnya yang jernih dan alami juga nyaman untuk berenang ketimbang kolam buatan yang mengandung banyak kaporit.

Lokasi : Jalan Sunan Gunung Jati, RT.05 / RW.02, Putukrejo, Gondanglegi, Putukrejo, Malang, Jawa Timur 65174

#2 Coban Nirwana atau Coban Mbok Karimah

tempat wisata di malang

Coban Nirwana yang masih sepi. Foto oleh @irwansyah_hukama

Coban Nirwana memang masih terbilang baru dan masih sepi dari kunjungan wisatawan. Makanya tempat wisata di Malang ini cocok untuk yang ingin menikmati alam tanpa harus beradu dengan keramaian. Airnya yang masih bersih dan udaranya yang sejuk membuat Coban Nirwana ini pas untuk menghabiskan waktu liburmu saat di Malang.

Lokasi : Gedangan, Malang, Jawa Timur 65178

#3 Coban Sumber pitu

Dinamakan Coban Sumber Pitu karena di air terjun ini ada setidaknya tujuh air terjun dalam satu kawasan tebing. Di Malang ada dua Coban Sumber Pitu, yang satu berlokasi di Duwet Krajan dan lainnya di Pujon Malang.

Coban Sumber Pitu Pujon Malang memiliki air terjun yang cukup tinggi.

tempat wisata di malang

Sumber Pitu Pujon Malang. Foto oleh @giovanisantoso

Lokasi : Desa Pujon Kidul, Pujon, Pandesari, Malang, Jawa Timur 65391

Coban Sumber Pitu yang ada di Duwet juga tak kalah cantik. Airnya jernih dan alirannya pun cukup deras. Asyik untuk berendam dan berenang.

tempat wisata di malang

Sumber Pitu Duwet Krajan. Foto oleh @ichalldunkz

Lokasi : Duwet Krajan, Tumpang, Malang, Jawa Timur 65156

#4 Coban Rondo

tempat wisata di malang

Air terjun Coban Rondo. Foto oleh @verracokka

Salah satu wisata alam air terjun yang sangat terkenal di Malang. Air terjun setinggi 84 meter dan berada di ketinggian 1.135 MDPL ini berasal dari sumber mata air Cemoro Dudo yang terletak di lereng Gunung Kawi. Baik saat musim hujan atau kemarau debit airnya cenderung tinggi.

tempat wisata di malang

Taman labirin Coban Rondo. Foto oleh @jejakbayuubay

Selain bisa menikmati keindahan air terjun, di Coban Rondo Kamu juga bisa mampir ke Taman Labirin. Tak hanya cocok untuk anak-anak muda, destinasi wisata Malang ini juga cocok untuk yang sudah berkeluarga.

Lokasi : Jl. Coban Rondo, Pandesari, Pujon, Malang, Jawa Timur 65391

#5 Pantai Teluk Asmoro

tempat wisata di malang

Pantai Teluk Asmoro Malang. Foto oleh @septariahidayat

Wisata Malang yang satu ini terletak di kawasan pantai selatan Malang. Masih alami, sepi dan jarang didatangi wisatawan. Panorama yang menghiasi pantai ini adalah gugusan pulau kecil di sekitar bibir pantainya. Airnya yang jernih membuat terumbu karang dan ikan-ikan kecil tampak terlihat jelas tanpa harus snorkeling.

Lokasi : Tambakrejo, Sumbermanjing, Malang, Jawa Timur

#6 Pantai Ngliyep

tempat wisata di malang

Pantai Ngliyep di Malang. Foto oleh @joedimara_

Pantai Ngliyep jadi salah satu tujuan destinasi wisata favorit di Malang Selatan. Karena selain pantainya yang cantik dengan pasir putih, tebing dan juga hutan hamparan hutan tropisnya di sini juga ada petilasan yang bisa dikunjungi wisatawan. Di sebuah pulau kecil bernama Gunung Kombang ini wisatawan dapat sekaligus berwisata alam dan religi.

Lokasi : Desa Kedungsalam, Donomulyo, Malang, Jawa Timur 65167

#7 Pantai Selok

tempat wisata di malang

Pantai Selok Malang. Foto oleh @hildarahmadia

Pantai Selok bisa dibilang sebagai satu destinasi wisata tersembunyi yang ada di Malang. Pantai Selok memiliki pasir putih, ombak besar dan bebatuan besar di sekitar garis pantainya. Spot bebatuan inilah yang sering dijadikan sebagai lokasi hunting foto.

Pantai ini cocok untuk Kamu yang hobi camping. Karena permukaan pasir yang landai dan adanya pepohonan di sekitar kawasan pantai.

Lokasi : Sumberbening, Bantur, Malang, Jawa Timur 65179

#8 Pantai Gatra

tempat wisata di malang

Pantai Gatra di Malang. Foto oleh @upayhf

Pantai Gatra ini cukup unik karena hanya pengunjung yang peduli pada lingkungan saja yang boleh masuk. Pantai ini memang dipergunakan sebagai area konservasi, jadi setiap pengunjung yang masuk akan diberikan edukasi terlebih dahulu saat berada pintu masuk. Bahkan barang bawaan juga akan didata sebelum dan sesudah mengunjungi pantai.

Jadi jangan heran kalau di pantai ini Kamu akan mendapati kawasan yang bebas sampah.

Lokasi : Sendang Biru, Sitiarjo, Malang, Jawa Timur

#9 Pantai Balekambang

tempat wisata di malang

Pantaia Balekambang, bisa flying fox di sini. Foto oleh @hetisundari

Banyak yang bilang kalau Pantai Balekambang di Malang ini mirip dengan Pantai Kuta di Bali. Sebetulnya yang membuat mirip adalah keberadaan pura di tengah lautnya. Satu hal yang membuat destinasi Malang ini spesial adalah, adanya wahana flying fox yang membentang di sepanjang garis pantainya.

Yakin tak ingin mencoba sensasi flying fox di atas pantai?

Lokasi : Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, Jawa Timur

#10 Gunung Bromo

tempat wisata di malang

Pesona Gunung Bromo. Foto oleh @camerapendaki

Persembahan terindah alam Malang untuk Indonesia, Gunung Bromo. Hampir semua wisatawan yang datang ke Malang selalu menyiapkan waktu khusus untuk berkunjung ke Gunung Bromo ini. Wisata alam dengan lanskap pegunungan ini sukses menjadi salah satu daya tarik tersendiri untuk para wisatawan asing yang datang ke Malang.

tempat wisata di malang

Wisata jeep di Gunung Bromo. Foto oleh @bromo72adventure

Aktifitas seru yang bisa Kamu coba adalah tour keliling padang pasir dengan menggunakan mobil jeep. Jarang-jarang kan bisa naik jeep di padang pasir kayak gini?

tempat wisata di malang

Naik kuda di Bromo. Foto oleh @queentaan

Makin seru juga saat mengelilini kawasan Bromo dengan menaiki kuda seperti ini. Sensasinya beda, lebih menantang dan lebih menegangkan, terutama kalau Kamu tak bisa naik kuda sendiri. Yang jelas Kamu akan mendapatkan pengalaman traveling yang unik saat berlibur ke Gunung Bromo, Malang.

Lokasi : Gunung Bromo ini masuk ke dalam 4 wilayah yaitu Kabupaten, yaitu Kapupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang.

Wisata museum yang unik dan fotogenik

#11 Museum Angkut

tempat wisata di malang

Museum angkut Malang yang fotogenik. Foto oleh @cakegita

Di museum ini, Kamu akan menemukan berbagai jenis mobil yang biasa digunakan dalam film-film. Selain itu ada juga alat transportasi lain dari jaman dulu, misalnya becak, sepeda ontel hingga kapal-kapal yang memiliki nilai filosofis tinggi.

Lokasi : No. 2, Kota Wisata, Jalan Terusan Sultan Agung, Ngaglik, Kecamatan Batu, Jawa Timur 65314

#12 Museum Satwa

tempat wisata di malang

Wisata di Museum Satwa. Foto oleh @florenciatriana

Museum satwa ini cocok untuk dijadikan destinasi wisata saat Kamu berlibur bersama keluarga di Malang. Apalagi kalau mengajak anak atau keponakan, bisa berlibur sambil belajar berbagai jenis hewan di sini. Ada juga fosil dinosaurus raksasa yang menarik perhatian wisatawan.

Lokasi : Eco Green Park, Jalan Raya Oro-Oro Ombo No.9, Batu, Temas, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65316

#13 D’topeng Kingdom Museum

d'topeng kingdom museum

Wisata malang – D’topeng Kingdom Museum. Foto oleh @amaliakiki14

Di museum ini, wisatawan bisa belajar tentang sejarah topeng malangan dan juga berfoto menggunakan beberapa sampel topeng yang disediakan pengelola. D’topeng Kingdom Museum sendiri masih berada dalam satu kawasan dengan Museum Angkut.

Lokasi : No. 2, Kota Wisata, Jalan Terusan Sultan Agung, Ngaglik, Kecamatan Batu, Jawa Timur 65314

Wisata keluarga yang juga tak kalah seru di Malang

#14 Jatim Park 1

tempat wisata di malang

Wisata keluarga di Malang, Jatim Park 1. Foto oleh @monikinom

Jatim Park 1 bisa jadi destinasi pilihan saat berlibur bersama keluarga di Malang. Di sini wisatawan bisa mengajak anak-anak bermain sambil belajar. Ada beberapa wahana yang bisa dicoba misalnya science experiment, Taman Mini yang berisi informasi dari provinsi-provinsi Indonesia, aquarium ikan, roller coaster, dan juga rumah hantu.

Lokasi : Jl. Kartika No. 2, Sisir, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65315

#15 Jatim Park 2

tempat wisata di malang

Jatim Park 2 Malang. Foto oleh @rahma_sitirahmawati

Jatim Park 2 Malang ini terdiri dari Batu Secret Zoo, Museum Hewan, Water Park, dan tempat bermain seperti di Dufan. Banyak yang mengatakan bahwa wahana paling bagus adalah Batu Secret Zoo, karena di sini terdapat banyak binatang lucu yang tak ada di kebun binatang lain. Ada juga water park yang bisa digunakna untuk semua umur, liburan bareng keluarga jadi tambah seru.

Lokasi :  Jalan Raya Oro-Oro Ombo No.9, Temas, Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65315

#16 Kusuma Agrowisata

tempat wisata di malang

Berwisata di Kusuma Agrowisata Malang. Foto oleh @kusumaagro

Malang terkenal dengan apelnya, jadi kalau ke Malang wajib buat mampir ke Kusuma Agrowisata. Karena di sini Kamu bisa ikut memetik buah apel, jambu, buah naga dan beberapa buah lain. Meski jumlah buah yang boleh dipetik dibatasi, tapi tak masalah karena Kamu bisa menikmati apel segar langsung dari pohonnya. Kusuma Agrowisata ini juga cocok untuk wisata edukasi anak

Lokasi : Kawasan Wisata Kusuma Agro, Jalan Abdul Gani Atas, Ngaglik, Batu Sub-District, Batu City, East Java 65311

#17 Alun-alun Kota Batu

tempat wisata di malang

Alun-alun Batu Malang malam hari. Foto oleh @g_neshaputra

Tak hanya Kota Malang yang ternyata punya alun-alun cantik, tapi juga Kota Batu. Alun-alun Kota Batu ini sudah cukup lama dijadikan pilihan destinasi wisata, khususnya untuk yang berlibur ke Malang bersama keluarga. Di alun-alun Kota Batu ini terdapat berbagai wahana permainan yang bisa dinikmati dan juga pusat informasi dengan bentuk unik buah stroberi.

Lokasi : Jl. Agus Salim, Sisir, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65314

Wisata kuliner legenda di Malang

#18 Kuliner Malam Pos Ketan Legenda 1967

tempat wisata di malang

Kuliner wisata Malang, Pos Ketan Legenda. Foto oleh iniwisata

Pasti sudah bisa menebak bukan, kalau di tempat ini menjual berbagai macam olahan dari ketan. Pos ketan Legenda ini memang sudah sangat terkenal di Malang. Di sini ketan (terutama ketan hitam) disajikan dengan toping bervariasi, ada yang dari bubuk kacang, ayam suwir, hingga susu keju dan cokelat susu.

Lokasi : Kawasan Jl. Agus Salim, Sisir, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65314

#19 Putu Lanang Celaket

tempat wisata di Malang

Pilihan kuliner malam di Malang. Sumber foto

Putu Lanang celaket ini menjual berbagai jajanan tradisional seperti lupis, putu dan cenil. Tempat ini bahkan sudah berdiri sejak tahun 1935, dan menjadi salah satu lokasi wisata kuliner Malang yang tak pernah sepi dari wisatawan.

Lokasi : Jl. Jaksa Agung Suprapto, Gang Buntu RT 03 Malang

#20 Soto Geprak Mbah Djo

tempat wisata di malang

Soto Geprak Mbah Djo yang fenomenal. Sumber foto

Dinamakan soto geprak karena dulunya si pemilik warung ini selalu menggeprak daging sampai empuk sebelum disajikan bersama soto. Warung Soto geprak Mbah Djo ini sudah berdiri di Malang sejak tahun 1935, dan sampai sekarang bahkan selalu ramai dikunjungi wisatawan lokal dan mancanegara.

Lokasi : Jl. Letjen S.Parman No. 77 – 79 Malang

#21 Sate Landak dan Biawak Bu Ria

tempat wisata di malang

Kuliner sate landak di warung Bu Ria. Sumber foto

Merasa aneh karena landak dan biawak diolah menjadi makanan? Tak perlu heran, sebab rasa daging kedua hewan ini hampir mirip dengan daging ayam. Itulah alasan kenapa jika Kamu sedang berada di Malang wajib untuk mencicipi kuliner sate landak dan biawak di warung Bu Ria ini. Biar nggak penasaran!

Lokasi : Jalan Raya Bugis 47 Saptorenggo – Pakis – Malang

#22 Toko Oen

tempat wisata di malang

Varian es krim dari Toko Oen Malang. Foto oleh @toko_oen_malang

Ternyata tak hanya di Semarang, di Malang juga ada Toko Oen. Toko yang memiliki menu es krim otentik dari masa kolonial ini selalu sukses jadi primadona kuliner di kota Malang. Bahkan banyak yang bilang, belum ke Malang kalau pulang tanpa mencicipi es krim dari Toko Oen ini.

Lokasi : Jl. Jenderal Basuki Rahmat No.5, Kauman, Klojen, Kota Malang, Jawa Timur 65119

#23 Pecel Kawi Asli 1975

tempat wisata di malang

Wisata kuliner yang tak boleh dilewatkan kalau lagi di Malang. Sumber foto

Pecel Kawi ini menyajikan pecel dengan cita rasa gurih, manis dan asin. Pecel Kawi Asli 1975 ini selalu ramai dikunjungi wisatawan karena punya cita rasa yang khas dan unik.

Lokasi : Jl. Kawi Atas No. 43 B, Bareng, Klojen, Kota Malang, Jawa Timur 65116

***

Gimana, sudah berencana liburan ke Malang dalam waktu dekat? Jangan lupa untuk mampir ke destinasi di atas. Yang jelas, masih ada banyak lagi destinasi Malang yang bisa Kamu eksplor. Tapi beberapa rekomendasi di atas rasanya sudah cukup memuaskan untukmu yang berencana ke kota ini.

Dapatkan ulasan menarik tentang Wisata Malang dan tulisan Lain dari Rizqi Y

Tags: , , , , , , , ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar