Tips Hemat Budget Untuk Cowok yang Suka Liburan Sendiri

Traveling merupakan kebutuhan setiap orang apalagi bagi seorang cowok yang pada dasarnya memiliki adrenalin yang lebih tinggi dari cewek. Dengan traveling, kamu bisa menyegarkan kembali pikiran dan tubuhmu.

Saat kebutuhan traveling harus segera dilaksanakan karena kamu sudah terlalu penat dengan pekerjaan dan aktivitasmu, namun tidak ada orang lain yang dapat menemanimu atau budget yang kamu miliki tidak banyak, kamu bisa memberanikan diri mencoba liburan sendiri.

Dalam artikel ini kami akan memberikan beberapa solusi yang dapat kamu lakukan saat liburan sendiri dengan budget minimum:

bahan traveler cowok

Kamu cowok yang hobi bertualang? Jago-jagolah mengatur keuangan.

1. Cara paling mudah, tentukan lokasi liburan di mana kamu mempunyai sanak saudara ataupun teman daripada harus menginap di hotel atau guest house 

Traveling ke luar kota dan mencari suasana baru sangat menyenangkan, tapi akan lebih menyenangkan jika kamu bisa menginap di rumah saudara atau teman yang ada di kota tersebut. Karena kamu bisa menghemat budget sekitar 100 ribu rupiah per hari untuk menyewa penginapan dan uang itu dapat digunakan untuk keperluan lain yang lebih penting.  

2. Naik transportasi umum lebih hemat daripada naik kendaraan pribadi

Menggunakan kendaraan pribadi, setidaknya hanya memerlukan budget ratusan ribu untuk mengisi bensin. Menggunakan transportasi umumpun harus Kamu perhatikan, transportasi apa yang digunakan.

Sesekali, cobalah rasakan sensasi naik kereta api kelas ekonomi alih-alih pesawat. Lagi pula kereta api sekarang sudah sangat nyaman. Kamu bisa mendapat banyak pengalaman berkesan selama perjalanan.

3. Bawalah bekal makanan daripada harus membeli makan

Traveling seringkali membuat perut lapar, tapi tahan hasratmu dulu. Wisata kuliner boleh-boleh saja, asal jangan berlebihan. Pilih jenis makanan yang benar-benar khas.

Kamu bisa menyiasatinya dengan membawa bekal makan untuk berjaga jaga apabila kamu merasa lapar dalam perjalanan. Bekal makan yang dimaksud bukan hanya makanan saja, jangan lupa untuk membawa botol minum juga. Sehingga setidaknya kamu dapat menghemat sekitar puluhan ribu untuk mengisi perut laparmu.

Hendak ke lokasi wisata? Bawalah bekal dari rumah yang kamu tinggali atau kamu bisa memasak sendiri di sana atau kamu bisa juga membeli makan di tempat makan dekat penginapanmu. Sebisa mungkin jangan membeli makanan dan minuman di lokasi wisata yang harganya lebih mahal dari harga yang seharusnya.

4.  Daripada ke restoran untuk mencoba makanan khas, lebih baik coba street food

Kebanyakaan cowok seringkali cuek untuk masalah harga makanan dan langsung memesan begitu saja tanpa tanya terlebih dahulu harga makanan tersebut. Sebagai wisatawan bisa saja kamu diberi harga lebih mahal dari harga biasanya. Dengan mengetahui harganya, kamu tidak perlu mengeluarkan uang lebih mengingat budget kamu yang minim. Dengan catatan hindari makanan di restoran, makan makanan khas di kawasan street food akan lebih berkesan.

5. Sesekali, selain wisata belanja dan ke wahana wisata, pergilah ke lokasi wisata alam

Destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi yaitu wisata alam karena wisata alam di Indonesia yang memiliki pemandangan yang luar biasa indah dan masih terjaga kebersihannya.

Tiket masuk atau karcis masuk tempat wisata alam juga jauh lebih murah dari bayar parkir mall atau tiket masuk taman rekreasi ternama.

Dengan memilih wisata alam, maksimal kamu hanya mengeluarkan uang sekira puluhan hingga ratusan ribu rupiah saja, namun jika ke wahana wisata atau wisata belanja, minimal 500 ribu Kamu keluarkan.

6. Jika kamu tidak memiliki sanak saudara di kota lain, coba menginaplah di rumah warga 

Saat liburan sendirian, kamu perlu terbuka terhadap orang lain meskipun mungkin sifat aslimu adalah orang yang tertutup. Menjadi sok kenal kepada orang lain tak ada salahnya demi bisa mendapatkan mendapatkan tempat menginap.

Caranya, ajaklah setiap orang yang kamu temui saat traveling, ceritakanlah perjalananmu dengan baik sehingga mereka merasa dirimu sopan dan tidak berbahaya. Kemudian tak usah malu untuk menanyakan apakah dapat menginap di rumahnya. 

7. Belilah oleh-oleh di pasar tradisional daripada di lokasi wisata

Sekalipun kamu seorang traveler cowok, hasrat untuk membeli oleh-oleh tentu tetap ada, bukan? Supaya budget tidak membengkak untuk membeli oleh-oleh, buatlah prioritas siapa saja yang kamu beri oleh-oleh. Tidak harus membeli oleh-oleh yang mahal, belilah sesuai dengan budget yang kamu miliki.

Suvenir kecil yang merupakan ciri khas daerah tersebut akan berkesan bagi orang yang menerimanya dan niat tulusmu untuk memberi orang lain sudah bisa membuat orang lain merasa senang.

 

8. Bawalah obat-obat pribadi dari rumah

Jika ternyata kamu traveler cowok yang memiliki penyakit yang bisa tiba-tiba kambuh, bawalah obat pribadimu dari rumah sehingga saat kamu membutuhkannya tidak perlu beli lagi. Selain menghemat, kamu tidak perlu khawatir saat jalan jalan sendiri.

Dapatkan ulasan menarik tentang dan tulisan Lain dari Meilia Surya W

Tags: , , , ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar