Video Oleh Phinemo

Cara Mengatasi Rasa Takut Saat Solo Traveling

Echi • July 29, 2016

Terimakasih @daina_abdul di instagram yang sudah join di #ASKPHINEMO. Pertanyaan dari Daina adalah;

Setiap orang memiliki cara tersendiri untuk mengatasi rasa takut. Karena ketika kamu solo traveling, insting dan kemampuan pertahanan diri kamu secara otomatis muncul tanpa kamu rencanakan sebelumnya.

Tapi, ada baiknya bila kamu sudah menyiapkan dan mengatasi rasa takutmu sebelum traveling. Rasa takut yang muncul saat perjalanan seorang diri itu bermacam-macam. Ada yang takut dengan tindakan kriminalitas, takut tersesat, takut kehabisan uang, dan ada juga yang takut ketemu mantan preman.

Tindak kejahatan ada di mana-mana, selalu waspada terhadap sekitar

Traveling seorang diri memang lebih rawan tindak kejahatan. Kekhawatiran pada hal buruk yang akan menimpa seperti kecopetan, perampokan, atau pelecehan seksual kerap menghantui. Bahkan, pada titik ketakutan yang berlebihan, kamu akan mengurungkan niat jalan-jalan sendirian.

Bawalah pepper spray  bukan kispray

solo traveling

Pastikan pepper spray ada di kantongmu. Foto berasal dari sini

Bawalah pepper spray atau pisau lipat untuk melindungi diri. Letakan alat-alat tersebut pada tempat yang mudah dijangkau, seperti di kantong celana, untuk mempermudah penggunaannya. Semprotkan tepat di muka penjahat, jangat semprotkan pepper spray di badanmu, ingat ya itu pepper spray bukan kispray. *Duh ketahuan nih, suka pakai kispray buat parfuman*

Jangan mengenakan perhiasan berlebihan kecuali kamu anak juragan emas

solo traveling

Foto berasal dari sini

Pemakaian perhiasan berlebih akan memancing para pelaku kriminal. Hindari pemakaian perhiasan dan aksesoris berharga lainnya. Tapi, kalau kamu berniat buat jalan-jalan sambil menerima jasa gadai emas, ya nggak papa juga sih. Duh, ini kenapa jadi ngaco begini. Maap, sudah siang, saya mulai lapar.

Bahaya selalu mengintai, jaga selalu barang bawaanmu

solo traveling

Foto berasal dari sini

Jangan sampai lengah ketika kamu jalan-jalan. Pastikan tas yang kamu bawa selalu kamu letakkan tepat di depanmu. Jangan memakai tas dengan posisi samping. Jaga selalu barang bawaanmu ( dan juga pacarmu), jangan sampai dicuri orang. *eaaak.. ada yang baper nih, hahhahahhak*

Jangan gampang percaya dengan orang yang baru dikenal, percayalah hanya pada Tuhan yang Maha Esa

solo traveling

Solo traveling akan mengenalkanmu dengan banyak orang baru. Foto berasal dari sini

Orang yang kelihatannya menawarkan kebaikan saat bertemu di perjalanan belum tentu dia orang baik. Pergunakan instingmu ketika menjumpai orang baru. Apakah dia patut dicurigai atau memang benar-benar orang baik. Jangan sampai kasus terbunuhnya dua traveler cewek asal Argentina menimpamu.

BacaGirls, Hati-hatilah Saat Traveling, Jangan Asal Menerima Bantuan Orang Asing

Intinya, kalau kamu gampang percaya, kamu bakal mudah dibohongi. *Dari pada kamu sakit hati terus-terusan, mending putusin aja. Banyak cowok yang lebih baik dari dia kok. Percayalah hanya pada Tuhan Yang Maha Esa Insya Alloh selamat dunia dan akhirat.

Kalau tiba-tiba kamu sakit di tengah perjalanan, kamu tahu harus berbuat apa dan pergi kemana

Tentu saja, kita nggak ingin sakit saat di perjalanan. Tapi, ketika tiba-tiba kamu sakit di tengah jalan, kamu tahu apa yang akan dilakukan.

Selalu bawa P3K

solo traveling

Foto berasal dari sini

Bawalah kotak P3K atau obat-obatan yang kamu butuhkan. Khusus buat kamu yang memiliki penyakit tertentu, pastikan kamu membawa obatnya. *Tapi, kalau kamu yang sedang sakit hati, obatnya cuma satu, carilah pengganti.

Cari tahu lokasi rumah sakit, klinik, *atau rumah mantan terdekat

solo traveling

Foto berasal dari sini

Sebelum berangkat, persiapkan itinerary perjalanan dengan baik. Kumpulkan informasi sebanyak-banyak tentang kota yang akan kamu kunjungi termasuk mencantumkan daftar rumah sakit, klinik, atau puskesmas. Jangan lupa catat nomor teleponnya. Jadi, ketika kamu sakit di tengah jalan, kamu tahu kemana harus pergi atau minta tolong. Kalaupun kamu harus minta tolong sama mantan, ya nggak papa.

Baca36 Trik Ini Harus Diketahui Cewek yang Hobi Traveling Sendirian

Gimana kalau kehabisan uang atau kecopetan di tengah jalan?

solo traveling

Foto berasal dari sini

Uang memang menjadi permasalahan krusial saat solo traveling. Kamu harus pintar mengaturnya. Jangan simpan uangmu pada satu tempat saja. Karena ketika kamu menyimpan uang hanya di dompet, lalu tiba-tiba kecopetan, semua uang dan kartu atm akan hilang.

Jadi, bawalah uang secukupnya. Simpan uang pada beberapa tempat yang berbeda seperti di kantong jaket, di dalam wadah lipstik, atau di dalam kaos kaki.

Akan lebih baik jika kamu memiliki (minimal) dua kartu atm atau pun kartu kredit. Simpan di tempat yang berbeda. Ketika salah satu kartu atm hilang, kamu masih punya cadangannya.

Laporkan tindak kriminal yang kamu temui di jalan ke kantor polisi terdekat. Kamu juga boleh kok melaporkan segala kesulitan yang kamu temui di perjalanan pada pak polisi. Termasuk keluhan jalan-jalan sendirian karena nggak punya pacar.

Jomblo bertahun-tahun aja kuat, masak iya solo traveling nggak sanggup?

solo traveling

Foto berasal dari sini

Pertama kali solo traveling, kemungkinan besar kamu akan merasa canggung untuk mengunjungi destinasi wisata sendirian atau makan sendiri. Namanya juga solo traveling, semua hal kamu lakukan seorang diri.

Kalau kamu masih takut makan atau jalan-jalan sendirian, sebaiknya kamu latihan dulu deh. Coba kamu makan di restoran yang belum pernah kamu kunjungi sendirian, nonton bioskop sendiri, dan datang ke tempat wisata lokal sekitar tempat tinggal seorang diri. Menjadi jomblo bertahun-tahun aja kuat mental dan perasaan, masak traveling sendirian sekali doang nggak sanggup??

BacaAlasan Mengapa Jogja Merupakan Kota Paling Tepat Untuk Solo Traveling Pertama Kali

 

 





YANG MENARIK LAINNYA


TINGGALKAN KOMENTAR