9 Tempat Kuliner Jogja yang Pasti Membuat Ketagihan

Ayamnya bikin keringetan. Sumber foto

Masakan khas Jogja terkenal dengan cita rasa manisnya. Gudeg, bakpia, dan yangko adalah sederet kuliner manis yang tak boleh ketinggalan saat berburu kuliner di Jogja. Tapi jika dipikir-pikir bosan juga kalau setiap hari harus menyantap kuliner manis saat berada di Jogja. Iya, tidak?

Agar perjalananmu di Jogja berwarna, kami memberikan rekomendasi kuliner Jogja bercita rasa pedas, unik dan tidak pelit bumbu. Berikut ini daftarnya:

Untuk Kamu yang ingin merasakan ‘kuliner asli Jogja’ bercita rasa pedas, Kamu bisa menikmatinya di warung Gudeg Mercon Bu Tinah

kuliner jogja

Mbak Tinah dan menu gudeg merconnya. Foto oleh om_pipin

Gudeg adalah kuliner yang tak boleh dilewatkan saat berada di Jogja. Jika bosan dengan cita rasa manisnya, di Warung Gudeg Mercon Bu Tinah Kamu akan merasakan gudeg yang berbeda karena gudeg di sini sudah dimodifikasi dengan tumpukan cabai yang tidak pelit. Rasanya jangan ditanya, pedas sekali tentunya.

Karena cita rasa yang unik ini, banyak wisatawan rela antre untuk mencicipi gudeg ini. Harga per porsi sekitar Rp 15 ribu hingga Rp 25 ribu tergantung lauk yang dipilih. Lauknya sendiri beragam seperti sate, ceker, telur, gorengan, ayam kampung, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Ingat, jika ingin makan di sini harus sabar karena biasanya antreannya sangat panjang.

Alamat:  Jl. Asem Gede, Kranggan, Yogyakarta. Buka pukul 8 malam dan tutup pukul 3 dini hari.

Jika malas antre di Warung Gudeg Mercon Bu Tinah, Kamu bisa datang ke Gudeg Yu Yam yang sering jadi tempat makan para artis Ibukota

kuliner jogja

Gugeg Yu Yam. Sumber foto

Selain Bu Tinah, Yu Yam juga memiliki gudeg bercita rasa pedas. Warung ini bahkan menjadi tempat makan para artis Ibukota.

Gudeg Yu Yam ini bisa dibilang jadi pelopor gudeg rasa pedas. Bukan hanya gudeg mercon, di sini juga terdapat menu mercon lainnya seperti mercon tempe, mercon daun pepaya, mercon usus, dan mercon kikil.

Uniknya, gudeg di sini diberi bumbu kacang di atasnya sehingga terasa unik di lidah.

Alamat: Jalan Magelang km 5 dan buka mulai pukul 12 siang hingga 4 pagi. 

Sarapan nikmat dengan Sop Merah 

kuliner jogja

Sop merah siap menggoyang lidah. Foto oleh dwiarifwicaksono

Sop Merah ini sudah ada sejak tahun 1993 dan menjadi menu yang cukup banyak diminati wisatawan saat berada di Jogja.

Sop ini disebut Sop Merah karena kuahnya yang berwarna merah dan rasanya yang pedas.

Sop Merah ini berisi ayam, irisan wortel, kubis, daun bawang dan bawang goreng yang menggoda.

Pengunjung bisa memilih bagian ayam yang diinginkan seperti sayap, ceker, ati ampela, dada atau paha.

Untuk urusan harga, dibanderol mulai dari Rp 7 ribu hingga Rp 35 ribu tergantung isiannya. 

Alamat: Jln. Kolonel Sugiono 74, Yogyakarta, Indonesia buka mulai dari pukul 10 siang hingga 10 malam.

Ke Jogja tidak lengkap jika belum ke angkringan. Coba mampir ke Angkring Jentik dan pesan ayam setan-nya yang super pedas

kuliner jogja

Ayamnya siap membuatmu keringetan. Sumber foto

Jogja terkenal tempat nongkrongnya yang sering disebut angkringan. Angkringan yang cukup unik di Jogja adalah Angkring Jentik. Di sini menunya beragam mulai dari ikan bakar hingga Ayam Setan. Ayam Setan ini biasanya disantap bersama nasi yang dimodifikasi dengan warna unik mirip pelangi.

Selain nasi pelangi di Angkring Jentik juga terdapat nasi merah, nasi kuning, dan nasi hijau. Harga makanan di sini beragam mulai dari Rp 3 ribu hingga Rp 25 ribu.

Alamat: Jalan Selokan Mataram, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Buka mulai dari pukul 10 pagi hingga 11 malam.

Yang tidak boleh ketinggalan saat ke Jogja adalah mencicipi Entok Slenget Kang Tanir yang membuat keringat mengucur deras

kuliner jogja

Bisa nambah nasi sepuasnya plus timun dan kubis potong. Foto oleh triewidi03

Olahan Entok memang bukan kuliner khas Jogja namun di Jogja ada sebuah warung yang tak pernah sepi dari wisatawan yaitu Warung Entok Slenget Kang Tanir. Alasannya karena warung ini benar-benar membuatmu merasakan level kepedasan yang tak biasa.

Di warung Slenget Kang Tanir ini Kamu bisa merasakan hidangan entok yang dipotong kecil-kecil dan di tongseng atau disemur dengan potongan cabai dan merica. Harga yang dipatok mulai dari Rp 15 ribu dengan menu tambahan potongan mentimun dan ekstra nasi yang bebas diambil oleh pengunjung.

Alamat:  Jalan Turi Pakem, Donokerto, Kabupaten Sleman. Letaknya di sebelah timur jembatan Sempor. Buka pukul 4 sore hingga 9 malam.

Perpaduan Sop dan Gulai Ayam yang membuat pengunjung ketagihan

wisata kuliner

Ini kuliner anak kekinian Jogja. Foto oleh riranaila

Saat ini kuliner Sogul atau perpaduan Sop dan Gulai Ayam menjadi tren bagi pecinta kuliner di Jogja. Kuliner ini cukup diminati karena cita rasanya yang unik dan super pedas.

Sogul ini terdiri dua menu yang unik yaitu balungan dengan kuah cokelat kemerahan dan balungan dengan kuah sop. Pengunjung bisa pesan ekstra cabai jika ingin merasakan tingkat kepedasan yang hakiki. Harga Sogul ini beragam mulai dari Rp 11 ribu per porsi. Di sini juga ada sop jagung isi daging yang bakal bikin susah move on.

Alamat: Jl. C Simanjuntak, Terban, Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rasakan ledakan mercon di mulut dengan Oseng Mercon Bu Narti

kuliner jogja

Daging dan cabainya menyatu dengan minyak yang kaya akan rempah-rempah. Foto oleh voilajogja

Cabai lebih dominan dalam piring Oseng Mercon Bu Narti. Ia tak malu-malu meracik cabai dalam oseng merconnya yang terdiri dari kikil, gajih, kulit, dan tulang mudanya. Minyak, cabai, dan rempah-rempah yang Bu Narti racik dijamin bikin pengunjung ingin menambah nasi.

Selain oseng mercon, Bu Narti juga punya menu penyet yang juga memiliki level kepedasan yang tak biasa. Pokoknya dijamin keringatan.

Untuk menikmati hidangan pedas Bu Narti, pengunjung hanya membayar menu per porsi sekitar Rp 15 ribu. Murah dan dijamin pedasnya nabok.

kuliner jogja

Oseng Mercon Bu Narti versi kemasan. Foto oleh claramaharlika

Ohya, Oseng Mercon Bu Narti ini juga bisa menjadi buah tangan kepada keluarga karena sudah ada versi kemasan kaleng.

Alamat: Jalan KH ahmad Dahlan, Gang Purwodiningratan. Buka mulai tengah malam hingga pukul 5 sore hingga 11 malam.

Ingin merasakan penyetan khas Jogja? Coba mampir ke Penyetan Mas Kobis

kuliner jogja

Sambalnya tidak pelit. Sumber foto

Sebenarnya ada banyak warung penyet di Jogja. Tapi di Penyetan Mas Kobis ini Kamu bisa puas merasakan penyetan dengan tingkat kepedasan yang tidak biasa alias pedas banget.

Seperti penyetan lainnya, di sini pengunjung bisa memesan menu lele, ayam, tempe, telur, terong dan menu lainnya dengan pilihan pedas mulai dari level anak manja hingga level super pedas. Uniknya lagi, pengunjung juga bisa memesan kubis goreng yang telah dibumbui sebagai pelengkapnya. 

Untuk menikmati menu masakan di Penyeran Mas Kobis ini sesuai kantong mahasiswa karena berada di kawasan Kampus UNY.

Ingin menikmati mie ayam unik, sehat dan pedas? Di Jogja ada

kuliner jogja

Menggoda! Foto oleh miyada.deresan

Miyada atau banyak orang menyebutnya Mie Ayam Pedas adalah warung mie ayam kekinian di Jogja.

Di sini, mie Ayam disajikan dengan olahan mie produksi rumahan yang berwarna warni dari bahan sayuran dan buah berbagai rasa mulai dari Mie Naga, Mie Cokelat, Mie Wortel, dan Mie Hijau.

Soal rasa pedasnya, di warung ini pengunjung bisa request sesuai selera. Untuk topingnya pengunjung bisa pesan sesuai selera mulai dari ceker, telur rebus, hingga pangsit. Harga dipatok mulai dari Rp 8 ribu saja.

Alamat: Jalan Gambiran, Depok, Sleman.

Dapatkan ulasan menarik tentang dan tulisan Lain dari Wike Sulistiarmi

Tags: , , ,

Paket Produk Penawaran