5 Kota Wisata di Indonesia yang Dapat Dijangkau dengan Kereta Api

Kota wisata yang dapat diakses dengan kereta api (kumparan.com).

Kereta api telah menjelma menjadi primadona perjalanan darat karena bebas dari macet, tepat waktu, dan harganya terjangkau. Dari tahun ke tahun PT. Kereta Api Indonesia telah berupaya untuk mempebaiki segala aspek untuk mejadikan kereta api lebih baik. Upaya tersebut pun dinilai telah berhasil karena kini kereta api telah jauh banyak berubah dari sebelumnya. Mulai dari pengelolaan stasiun yang semakin baik, pelayanan yang ramah, keberangkatan yang tepat waktu, hingga pengelolaan penumpang yang semakin tertib dan disiplin.

Terdapat beberapa kota wisata di Indonesia dengan ratusan destinasi wisata seru yang dapat dijangkau menggunakan kereta api. Beberapa kota wisata tersebut dapat dijadikan sebagai destinasi tujuan untuk liburan akhir tahun mendatang.

1. Bandung

Bandung merupakan ibukota Provinsi Jawa Barat yang terletak di atas ketinggian sekitar 700 mdpl. Secara geografis, Kota Bandung berbentuk cekungan dan dikelilingi oleh barisan pegunungan di Jawa Barat sehingga menjadikannya sebagai wilayah yang sejuk.

Grafika Cikole (Travelingyuk.com)

Dalam hal pariwisata, Bandung memiliki begitu banyak destinasi wisata alam yang sangat indah. Bandung bagian utara memiliki Gunung Tangkuban Perahu, hutan pinus, kebun teh, dan sumber air panas alami di Ciater. Sedangkan di bagian selatan terdapat Gunung Malabar, kawasan wisata Ciwidey, dan Kawah Putih.

Jika perjalanan menuju ke wilayah barat terdapat Lembang dengan wilayah perkebunan asri, hutan pinus PAL 16, dan Orchid Forest. Wilayah timur Bandung terdapat destinasi wisata seperti Curug Cinulang, Situ Cisanti, Bukit Teletubbies Cicalengka, dan masih banyak lagi.

(blog.airpaz.com)

Akses menggunakan kereta api dapat turun di Stasiun Bandung yang terhubung dengan kereta-kereta dari Jakarta, Surabaya, Semarang, Yogyakarta, dan Solo. Beberapa kereta yang melintas Stasiun Bandung diantaranya Turangga, Argo Wilis, Argo Parahyangan, Lodaya, Ciremai, Mutiara Selatan, Malabar, Harina, dan Serayu.

2. Jakarta

Jakarta merupakan megapolitan yang hingga kini masih berstatus sebagai ibukota negara dimana pusat pemerintahan dan perekonomian berada. Sebagai ibukota negara, Jakarta menjadi kota paling populer di Indonesia setelah Bali. Tak mengherankan jika Jakarta menjadi tujuan masyarakat untuk bekerja, sekolah, atau berwisata.

Kepulauan Seribu (kumparan.com)

Bagian utara wilayah Jakarta terdapat kawasan Pantai Ancol yang memiliki wahana wisata petualangan dan edukasi seperti Dunia Fantasi, Seaworld, dan Atlantis. Menyebrang ke utara terdapat gugusan Kepulauan Seribu yang indah. Di pusat kota banyak ditemui destinasi wisata seperti museum.

Kota Tua (hipwee.com)

Menuju Jakarta menggunakan kereta api dapat turun di Stasiun Gambir atau Stasiun Pasar Senen. Beberapa kereta yang melintasi Jakarta diantaranya Argo Dwipangga, Argo Jati, Argo Lawu, Argo Muria, Argo Parahyangan, Argo Sindoro, Brantas, dan masih banyak lagi.

3. Yogyakarta-Solo

Yogyakarta dan Solo dikenal sebagai salah satu destinasi wisata yang cukup populer di Indonesia. Yogyakarta dan Solo menawarkan berbagai atraksi wisata seperti wisata alam, wisata sejarah, wisata kuliner, hingga wisata olahraga. Pemerintah daerah setempat melalui Dinas Pariwisata memberi perhatian lebih untuk pengembangan pariwisata Jogja agar turut mendongkrak perekonomian masyarakat lokal.

Candi Prambanan (itfss.umy.ac.id)
Taman Sari (travel.tribunews.com)

Beberapa destinasi wisata paling terkenal di Yogyakarta diantaranya adalah Jalan Malioboro dan Pasar Beringharjo sebagai destinasi wisata belanja, Pantai Ngalmbor dan Pantai Indrayanti sebagai destinasi wisata alam, Taman Sari dan Keraton Ngayogyakarta hadiningrat sebagai destinasi wisata budaya, serta Candi Prambanan sebagai destinasi wisata sejarah.

Sedangkan destinasi wisata paling terkenal di Solo diantaranya adalah Keraton Surakarta Hadiningrat, Taman Sriwedari Colomandu, Taman Balekambang, Ngarsopuro Night Market, Kampung Batik Kauman, dan Agrowisata Sondokoro.

Taman Sriwedari (nativeindonesia.com)
Keraton Surakarta Hadiningrat (joss.co.id)

Akses menggunakan kereta api menuju Yogyakarta dapat turun di Stasiun Tugu Yogykarta, sedangkan menuju Solo dapat turun di Stasiusn Balapan. Antara Yogyakarta dan Solo juga dapat ditempuh dengan kereta lokal Prambanan Ekspress yang sangat terjangkau.

4. Banyuwangi

Banyuwangi terletak di ujung timur di Pulau Jawa yang memiliki keindahan alam yang sangat indah. Beberapa destinasi wisata di Banyuwangi yang paling populer diantaranya Pantai Plengkung, Pantai Pulau Merah, Pantai Wedi Ireng, Pantai Teluk Ijo, Taman Nasional Meru Betiri, dan Taman Nasional Baluran.

Hutan Djawatan (akurat.co)
Kawah Ijen (genpi.co)

Menuju Banyuwangi menggunakan kereta api dapat turun di Stasiun Banyuwangi Baru yang berada tak jauh dari Pelabuhan Ketapang. Beberapa kereta pai yang menuju Banyuwangi diantaranya Mutiara Siang, Mutiara Malam, Sri Tanjung, dan Tawang Alun.

5. Malang

Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kota Wisata Batu merupakan tiga kota bertetangga yang memiliki begitu banyak destinasi wisata seperti diantaranya Jatim Park 1-3, Batu Night Spektakuler, Pujon, pemandian air panas Cangar, wisata air Sengkaling, Masjid Tiban, Kampung Jodipan, dan masih banyak lagi.

Kampung Warna-Warni Jodipan (dakatour.com)
Masjid Tiban (makassar.terkini.id)

Tak jauh dari Kota Malang terdapat destinasi yang tak kalah indahnya yaitu Pantai Balekambang, Pantai Tiga Warna, Pantai Goa Cina, dan Pantai Batu Bengkung. Dari Malang dapat juga berkunjung ke Gunung Bromo yang berada di wilayah Probolonggo dan Pasuruan.

Pulau Balekambang (dejournal.id)

Menuju Malang menggunakan kereta api dapat turun di Stasiun Malang Kotabaru. Beberapa kereta yang menuju Malang diantaranya Bima, Gajayana, Malioboro Ekspress, Mutiara Selatan, Malabar, Matarmaja, Jayabaya, Majapahit, dan Tawang Alun.

Ingin mengadakan perjalanan wisata tapi malas repot ngurus ini itu? Tak perlu khawatir, Phinemo Marketplace hadir menyelasaikan permasalahan anda. Ratusan paket wisata dalam dan luar negeri dari tour opertaor terpercaya di Indonesia telah terdaftar di halaman Phinemo Marketplace. Tunggu apalagi, cek selengkapnya di >> Paket Wisata Phinemo Marketplace.

Dapatkan ulasan menarik tentang kota wisata dan tulisan Lain dari Taufiqur Rohman

Tags: , , , , , ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar