Masjid Tiban Malang, Kupas Tuntas Bangunan yang Konon Dibangun Jin

Masjid Tiban Malang yang dipercaya dibangun oleh jin (Instagram/@ratihsukmaresi).

Masjid Tiban berlokasi di Jalan K.H. Wahid Hasyim Gang Anggur Nomor 10 RT. 07 RW. 06, Desa Sananrejo, Kecamatan Turen, Malang. Masjid dengan arsitektur khas Timur Tengah tersebut tampak mencolok di tengah padatnya pemukiman penduduk. Masjid Tiban saat ini digunakan sebagai tempat beribdah dan pendidikan dari Pondok Pesantren Salafiyah Bihaaru Bahri’asali Fadlaailir Rahmah.

Menurut cerita yang beredar dari mulut ke mulut, Masjid Tiban dibangun oleh pasukan jin. Bahkan dikatakan jika penduduk tak pernah tahu kapan pastinya masjid ini dibangun karena tiba-tiba sudah jadi. Bangunan Masjid Tiban yang sangat besar, megah, mewah, dengan menara-menara kubah berwarna-warni bergaya Timur Tengah dianggap mustahil dibangun oleh manusia biasa.

Fakta Sebenarnya

(Instagram/@gotojatim)

Fakta sebenarnya dari Masjid Tiban ternyata bukanlah buatan dari pasukan jin sakti, melainkan tenaga manusia. Hal ini dibenarkan oleh beberapa beberapa penduduk yang mengaku melihat berbagai bahan bangunan dipasok ke area Masjid Tiban. Memang pembangunannya dilakukan tidak secara runtut, baik dari depan ke belakang atau dari bawah ke atas.

Kiai Ahmad Bahru Mafdlaludin Shaleh Al-Mafbub Rahmat Alam selaku pengasuh pondok kabarnya melakukan Sholat Istikharah terlebih dahulu untuk mendapatkan petunjuk terkait pembangunan Masjid Tiban. Pembangunan Masjid Tiban selalu menunggu petunjuk dari Istikharoh mulai dari ukuran kamar, ornamen, warna cat, dan hiasan yang digunakan.

Setiap kamar dipercaya memiliki khasiatnya sendiri-sendiri. Manfaat itu juga menunjukkan keikhlasan orang-orang yang membangun. Semakin ikhlas semakin memberi manfaat kepada orang lain. Pembangunan Masjid Tiban dibiayai oleh dana pribadi jamaah. Ada yang memberikan sumbangan materi, namun ada juga yang memberikan sumbangan tenaga.

Pembangunan Masjid Tiban tidak dilakukan secara tiba-tiba, butuh waktu hingga ratusan tahung untuk bisa berdiri semegah sekarang. Menurut catatan yang ada, Masjid Tiban dibangun pada 1978, beberapa lorong dan kamar telah dibuat sebelumnya. Setelah setengah jadi, barulah Masjid Tiban dibuka untuk umum.

Destinasi Wisata Religi

(Instagram/@citranuraenif)

Kabar terkait Masjid Tiban Malang yang dibangun oleh pasukan jin tersebar luas hingga ke luar Pulau Jawa. Banyak yang penasaran sehingga menyerbu Masjid Tiban. Saat musim liburan dan perayaan hari-hari besar Islam, Masjid Tiban akan sangat ramai dipadati oleh pengunjung dari seantero negeri. Sebagian besar pengunjung yang datang bertujuan untuk melakukan wisata religi dan mengagumi arsitektur megah luar biasa dari Masjid Tiban.

Dapatkan ulasan menarik tentang malang dan tulisan Lain dari Taufiqur Rohman

Tags: , ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Iklan Anda Klik Untuk Daftar