7 Destinasi Wisata Malang Terpopuler yang Wajib Dikunjungi

Destinasi wisata populer di Malng yang wajib dikunjungi (Instagram/@yosieiscan)

Malang, sebuah wilayah di sebelah timur Gunung Kawi yang menjadi kota terbesar kedua di Jawa Timur. Malang memiliki suhu udara yang sejuk karena berada di dataran tinggi dengan luas mencapai 145,28 km2. Bersama dengan Kabupaten Batu dan Kabupaten Malang, Kota Malang merupakan bagian dari kesatuan wilayah yang dikenal dengan nama Malang Raya.

Perkembangan pariwisata di Kota Malang cukup besar. Pada tahun 2016 tercatat wistawan domestik yang berkunjung berjumlah 3.987.074 orang, sedangkan jumlah wisatawan mancanegara mencapai 9.535 orang. Jumlah kunjungan tahun 2016 melonjak cukup signifikan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Tingginya kunjungan wisatawan ke Kota Malang bukan tanpa alasan, terdapat lebih dari 50 destinasi wisata yang lengkap dengan fasilitas penunjang lainnya.

Berikut telah dirangkum tujuh destinasi wisata Malang terpopuler yang wajib masuk dalam daftar kunjungan jika pergi ke Jawa Timur.

1. Goa Pinus

(Instagram/@ndari_wulan)

Belakangan ini wanawisata atau wisata hutan sedang naik daun dan menjadi tren tersendiri di kalangan generasi muda. Goa Pinus menjadi salah satu destinasi wanawisata yang bisa dikunjungi karena memiliki panorama alam hutan pinus yang sangat indah dan tiada duanya. Dahulu Goa Pinus hanyalah sebuah bekas area pertambangan pasir, namun atas kerja keras Dinas Pariwisata setempat kini telah berubah menjadi destinasi wisata alam yang selalu diserbu wisatawan. Fasilitas yang disediakan di Goa Pinus meliputi tempat ibadah, toilet, dan camping ground. Lokasinya berada di Gunungsari, Bumiaji, Kabupaten Batu. Sekali masuk wisatawan dikenai tarif Rp. 5000,-.

2. Kampung Jodipan

(Instagram/@yuli_ayalisse)

Kampung Jodipan dulunya merupakan kompleks pemukiman kumuh, berkat pengelolaan yang baik kini telah beru bah menjadi perkampungan indah, bersih, dan instgramable. Kampung Jodipan berada di tepi aliran Sungai Brantas. Salah satu spot terbaik untuk berswafoto di Kampung Jodipan adalah Jembatan Embong Brantas yang berjarak 500 meter dari Stasiun Malang Kota Baru.

3. Pantai Balekambang

(Instagram/@angga_taputra)

Sepintas Pantai Balekambang hampir mirip dengan salah satu pantai di Tanah Lot, Bali karena terdapat satu pulau karang dengan sebuah pura berdiri di bagian atasnya. Bukan sekedar hiasan, pura tersebut merupakan tempat ibadah bagi umat Hindu yang masih digunakan hingga sekarang. Hal yang membedakan dengan Pantai di Tanah Lot, Bali adalah ombaknya yang cukup besar karena berbatasan langsung dengan Samudera. Pantai Balekambang sangat bersih dan masih terjaga keasliannya sehingga sangat cocok untuk menjadi tujuan liburan bersama keluarga.

4. Jawa Timur Park

(Instagram/@yosieiscan)

Tak hanya wisata alam, Malang juga memiliki taman bermain yang dijamin akan membuat anda dan keluarga merasa senang. Jawa Timur Park merupakan taman bermain dengan berbagai wahana dan atraksi seru yang digadang-gadang sebagai taman bermain terbaik di Indonesia karena telah berstandar Internasional. Jawa Timur Park menempati lahan yang sangat luas hingga harus dibagi ke dalam dua bagian yaitu Jawa Timur Park I dan Jawa Timur Park II.

5. Museum Angkut

(Instagram/@amazingmalang)

Malang memiliki destinasi wisata yang sangat lengkap, dari mulai wisata alam, taman hiburan, bahkan hingga wisata sejarah seperti Museum Angkut. Dengan luas mencapai 3,8 hektare, Museum Angkut memiliki koleksi yang sangat lengkap meliputi semua jenis transportasi dari berbagai era dan berbagai negara. Total koleksi yang terdapat di Museum Angkut mencapai 300 buah, dan telah dikukuhkan sebagai museum terbesar di Asia Tenggara. Lokasinya berada di Jalan Terusan Sultan Agung Nomor 2, Kecamatan Batu, Kabupaten Batu. Harga tiket masuk yang dikenakan pada hari biasa Rp. 60.000,- sedangkan untuk akhir pekan yaitu Rp. 80.000,-.

6. Air terjun Coban Putri

(Instagram/@explore_batu)

Air Terjun Coban Putri terletak di Desa Tlekung dengan kondisi alam yang masih asri dan terjaga kelestariannya. Terdapat berbagai wahana yang bisa digunakan sebagai spot berfoto, diantaranya adalah tangan tuhan dan ayunan raksasa. Biaya tiket masuk untuk mengunjungi Air Terjun Coban Putri cukup terjangkau yaitu Rp. 8.000,-.

7. Gunung Semeru

(Instagram/@menggunung.id)

Gunung Semeru yang memiliki ketinggian 3.676 mdpl sudah sangat terkenal di kalangan para pendaki karena dianggap sebagai gunung tertinggi di Pulau Jawa. Gunung Semeru kian terkenal setelah menjadi latar pada sebuah film berjudul 5 cm beberapa tahun lalu. Terdapat satu danau di ketinggian 2.400 mdpl yang sangat indah dan menjadi tempat singgah para pendaki sebelum menuju puncak Mahameru.

Bagi anda yang berniat berkunjung ke Malang namun masih terkendala terkait transportasi dan akomodasi kini tak perlu lagi khawatir. Phinemo Marketplace menawarkan paket perjalanan wisata berkeliling Batu-Malang dengan harga spesial. Tunggu apalagi cek sekarang di link berikut >> Paket Wisata Malang.

Dapatkan ulasan menarik tentang malang dan tulisan Lain dari Taufiqur Rohman

Tags: , ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar