Sidebar

Belalang Goreng Jogja, Kuliner Ekstrim di Pesisir Selatan Jawa

Belalang goreng merupakan sajian kuliner ekstrem yang khas dari pesisir pantai selatan Jawa, tepatnya di Gunungkidul, Yogyakarta.

SHARE :

Ditulis Oleh: Taufiqur Rohman

Belalang goreng merupakan sajian kuliner ekstrem yang khas dari pesisir pantai selatan Jawa, tepatnya di Gunungkidul, Yogyakarta. Bagi yang sering berkunjung ke pantai-pantai indah di Gunungkidul pasti sudah tak asing lagi dengan kuliner ekstrim ini, pasalnya belalang goreng banyak dijajakan di sepanjang jalan menuju obyek wisata pantai.

Masyarakat Gunungkidul telah lama mengenal kuliner ini, mereka terbiasa menyantap belalang goreng sebagai lauk. Tak semua jenis belalang bisa diolah, hanya jenis belalang kayu yang berwarna kuning kecoklatan saja yang bisa digunakan. Jenis belalang kayu dapat ditemukan di pohon-pohon jati dan semak belukar yang banyak tumbuh di kawasan pesisir Gunungkidul.

Belalang Kayu (Instagram/@irwandjakaria)

Sebagian besar yang pernah mencicipi belalang goreng khas Jogja ini mengaku bahwa rasanya mirip dengan rasa udang. Pengolahan kuliner ini cukup sederhana. Bumbu yang digunakan hanya bawang putih, ketumbar, dan garam. Untuk rasa pedas manis bisa ditambah dengan kecap dan cabai. Sebelum digoreng, belalang haris dibersihkan dan dihilangkan dahulu kotorannya.

Walaupun belalang goreng Jogja ini termasuk kuliner ekstrem dan tidak biasa, namun konsumsi belalang goreng ini diperbolehkan dalam agama Islam alias halal. Hal ini disampaikan oleh Rasulullah SAW dalam HR. Ahmad 2:97 dan Ibnu Majah Nomor 3314, serta dishahihkan oleh Syaikh Al Albani.

أُحِلَّتْ لَنَا مَيْتَتَانِ وَدَمَانِ فَأَمَّا الْمَيْتَتَانِ فَالْحُوتُ وَالْجَرَادُ وَأَمَّا الدَّمَانِ فَالْكَبِدُ وَالطِّحَالُ

Artinya: “Kami dihalalkan dua bangkai dan darah. Adapun dua bangkai tersebut adalah ikan dan belalang. Sedangkan dua darah tersebut adalah hati dan limpa.

Dari segi nutrisi, belalang mengandung protein yang sangat tinggi. Kandungan proteinnya ini dianggap tak kalah dengan protein dalam daging sapi. Mungkin suatu saat ketika keberadaan sumber protein mulai langka, belalang bisa menjadi alternatif pangan yang sesuai. Biasanya belalang goreng dijual dalam kemasan toples kecil dengan kisaran harga mulai dari IDR 30.000,-. Tertarik untuk mencoba? Datang langsung, cek penawaran menarik paket wisata ke Yogyakarta di Phinemo Marketplace.

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

Adhisthana Hotel Jogja, Hotel Unik dan Murah di Jantung Kota

7 Tempat Wisata Indonesia dalam Serial Twogether yang Tayang di Netflix

La Casa Hotel Jogja, Tujuan Staycation Keluarga yang Mewah dan Murah

Nira Camper Village, Hotel Unik Berbentuk Balon Transparan di Jogja

Pondok Merapi Selo, Hotel dengan Pemandangan Teras Gunung Merapi

Lokal Hotel & Restaurant, Akomodasi Instagenic untuk Staycation di Jogja

FALLBACK
The END