Muslim Summer Trip, Jelajah Wisata Halal di Hong Kong

Bagi seorang muslim, kendala utama saat berwisata mengunjungi negara yang mayoritas penduduknya non-muslim adalah sulitnya mencari makanan halal dan fasilitas ibadah pendukung lainnya. Seiring dengan meningkatnya jumlah wisatawan muslim dari berbagai penjuru dunia, kini banyak negara yang terus berbenah dan mengembangkan potensi wisata halal, tak terkecuali Hong Kong.

Hong Kong sekilas tampak seperti destinasi yang tidak umum untuk wisata halal. Namun beberapa tahun ini Hong Kong serius dalam membangun pariwisata halal, sejumlah fasilitas pendukung untuk ibadah dan restoran halal telah dibuka di lokasi-lokasi wisata strategis. Saat ini Hong Kong telah menjelma menjadi destinasi wisata yang ramah muslim, beberapa lokasi wisata andalan Hong Kong telah didukung oleh fasilitas-fasilitas untuk muslim.

Menyambut musim panas di Hong Kong yang juga bertepatan dengan hari libur sekolah di Indonesia akan sangat menarik rasanya jika melakukan Muslim Summer Trip ke Hong Kong. Anda bisa memulai trip dari titik Tsim Sha Tsui (TST), sebuah kawasan yang secara administratif masuk dalam distrik Yau Tsim Mong. TST letaknya sangat strategis, berada dekat dengan Victoria Harbour sehingga akses menuju ke beberapa lokasi wisata akan sangat mudah.

Berikut disajikan secara urut panduan lengkap dan rute Muslim Summer Trip di Hong Kong yang bisa dikunjungi.

1. Hong Kong Disneyland

Ant-man and The Wasp: Nano Battle! merupakan wahana baru di Hong Kong Disneyland dan menjadi satu-satunya wahana bermain bertema Maevel di dunia. Wahana ini mengajak pengunjung untuk menyusut menjadi seukuran nano dan bertarung melawan robot-robot jahat yang berusaha mencuri data SHIELD (HKTB).

Hong Kong Disneyland merupakan sebuah taman bermain terbesar yang berlokasi di tanah reklamasi Teluk Penny yaitu Lantau Island, Hong Kong. Hong Kong Disneyland dibuka pertama kali tahun 2005 dengan gaya bangunan yang memasukkan unsur nilai dan budaya asli Tiongkok. Dari semua Disneyland yang ada di seluruh dunia, Hong Kong Disneyland menjadi yang paling dekat lokasinya dengan Indonesia.

Beberapa wahana yang hanya dapat ditemukan di Hong Kong Disneyland diantaranya Toy Story Land, Mystic Point, Grizzly Gulch, dan Frozen Area. Terdapat satu wahana baru bertema marvel yaitu Ant-man and The Wasp: Nano Battle yang baru dibuka pada akhir Maret 2019 lalu. Wahana ini mengajak pengunjung untuk menyusut dan bertarung melawan robot-robot jahat yang berukuran nano, ini menjadi wahana bertema Marvel pertama di dunia. Kedepannya pihak Hong Kong Disneyland dan Marvel Studios akan membuka taman bermain Marvel Area pada tahun 2023.

Baru-baru ini, Hong Kong Disneyland merilis atraksi terbarunya, yaitu Ant-Man and The Wasp: Nano Battle!, sebuah atraksi interaktif yang menampilkan karakter Ant-Man dan The Wasp untuk para pengunjung Hong Kong Disneyland saat ini. Dalam atraksi tersebut, Hong Kong Disneyland menawarkan jalan cerita menarik tentang Ant-Man and The Wasp yang didukung dengan visual menakjubkan dengan dekorasi dan juga ambience yang memukai.

Menuju Hong Kong Disneyland dapat ditempuh dengan jalur air menggunakan kapal wisata Star Ferry dari TST menuju Lantau Island. Star Ferry menuju Hong Kong Disneyland dijadwalkan berangkat setiap pukul 11.00 a.m.

Hong Kong Disneyland memiliki dua restoran halal yaitu Tahitian Terrace dan Explorer’s Club Restaurant. Kedua restoran ini menyajikan menu-menu yang bisa diterima oleh lidah orang Indonesia seperti nasi goreng, sup kwetiau laksa, ayam tandoori, dan kari daging domba. Terdapat sebuah musholla kecil yang dilengkapi dengan penunjuk kiblat, tempat wudhu, sajadah, dan mukena di City Hall Disneyland area Main Street, USA. Selain disitu, tempat beribadah juga bisa ditemukan di dekat Explorer’s Club Restaurant, namun disini sajadah dan mukena harus membawa sendiri karena tidak disediakan.

2. Ocean Park

Atraksi mamalia laut menjadi salah satu favorit bagi pengunjung. Berbagai mamalia laut mulai dari lumba-lumba, anjing laut, hingga singa laut unjuk kebolehan untuk menghibur pengunjung yang datang (HKTB).

Ocean Park merupakan sebuah taman bermain air yang meliputi Marine Mammal Park, Oceanarium, Animal Theme Park, dan taman hiburan yang terletak di Hong Kong Island. Dibuka sejak tahun 1977, Ocean Park menjadi taman bermain terbesar kedua setelah Hong Kong Disneyland. Secara umum wahana bermain di Ocean Park terbagi menjadi dua yaitu The Waterfront dan The Summit, dengan delapan sub zona atraksi yaitu Amazing Asian Animals, Aqua City, Whiskers Harbour, Marine World, Polar Adventure, Adventure Land, Thrill Mountain and the Rainforest. Satu wahana baru di Ocean Park adalah VR Coaster, sensasi wahana roller coaster dengan efek virtual reality yang sangat mengagumkan.

Menuju Ocean Park dari titik TST dapat ditempuh dengan kapal wisata Star Ferry menuju Distrik Central di Hong Kong Island. Jalur Star Ferry menuju Distrik Central dari TST sudah mulai beroperasi dari pukul 6.30 a.m. Setidaknya terdapat empat kali jadwal keberangkatan Star Ferry baik dari TST ke Distrik Central atau sebaliknya.

Terdapat satu restoran yang menyajikan menu halal di Ocean Park yaitu Dive Into a Float yang berada di dekat Marine Mammal Park. Restoran ini menyajikan olahan makanan India seperti ayam tandoori dan bola daging sapi dengan siraman saus tomat. Untuk keperluan ibadah, Ocean Park menyediakan satu tempat khusus untuk sholat lengkap dengan sajadah dan mukena.

3. Halal Food Tour di Wan Chai

Wisata kuliner halal di Wan Chai, Hong Kong. Terdapat tiga restoran halal di Wan Chai yaitu Chrisly Inn Cafe, Islamic Centre Canteen, dan Wai Kee Duck Rice yang menyajikan menu-menu khas Hong Kong versi halal (HKTB).

Setelah lelah di Ocean Park, masih di pulau yang sama selanjutnya bisa menuju Wan Chai untuk wisata kuliner halal. Ocean Park dan Wan Chai berjarak 7,1 km dan dapat ditempuh dengan kendaraan darat selama 14 menit. Wan Chai memiliki tiga retoran halal yang sudah terkenal yaitu Chrisly Inn Cafe, Islamic Centre Canteen, dan Wai Kee Duck Rice.

Chrisly Inn Café merupakan sebuah café yang menyajikan berbgai macam roti dan kopi yang terlah bersertifikasi halal. Chrisly Inn Café beralamat di Nice Garden, 513-519 Queen’s Rd W, Kennedy Town, Hong Kong.

Islamic Centre Canteen merupakan sebuah restoran yang menjajakan berbagai kuliner khas HongKong versi halal dengan menu andalan Halal Dim Sum. Lokasinya berada di lantai lima Masjid Omar and Osman Ramju Sadick Islamic Centre, Oi Kwan Rd, Wan Chai. Karena berada satu lokasidengan masjid, sewaktu kesini bisa sekalian menunaikan ibadah sholat.

Wai Kee Duck merupakan restoran yang menjual berbagai makanan khas Tiongkok berbahan dasar bebek, itik, atau ayam. Lokasinya berada di 23 Bowrington Rd, Bowrington, Hong Kong.

4. Avenue of Stars

Avenue of Stars adalah galeri di sepanjang Victoria Harbour yang berisi sejarah tentang perfilman Hong Kong dan cetakan tangan tokoh-tokoh yang dianggap berjasa dalam industri film Hong Kong. Beberapa artis papan atas Hong Kong seperti Bruce Lee, Stephen Chow, Jackie Chan, dan Jet Li tercatat telah meninggalkan jejaknya di Avenue of Stars (HKTB).

Mirip dengan Walk of Fame di Hollywood, Avenue of Stars merupakan galeri di sepanjang jalanan Victoria Harbour yang berisi cetakan tangan dan patung tokoh-tokoh yang berjasa dalam perfilman Hong Kong. Aktor-aktor kenamaan dunia seperti Jackie Chan, Jet Li, dan Stephen Chow juga telah memberikan jejaknya di Avenue of Stars. Dari lokasi Avenue of Stars akan tampak pemandangan Victoria Harbour yang indah dengan Star Ferry yang berlalu-lalang keluar masuk dermaga. Dari pusat TST, Avenue of Stars hanya berjarak 950 meter saja. Dengan taksi hanya dibutuhkan waktu +/- lima menit untuk menjangkaunya. Avenue of Stars tak banyak memiliki fasilitas muslim, masjid terdekat berada di Kowloon City. Namun disaat lapar dan buru-buru untuk menunaikan ibadah bisa menuju ke Sky100 dengan waktu tempuh 10 menit.

5. Sky 100

Terletak di lantai 100, nikmati keindahan Hong Kong dari ketinggian dengan Sky100. Sky100 sangat cocok untuk menjadi destinasi wisatawan muslim karena memiliki fasilitas restoran halal dan ruang ibadah yang lengkap (HKTB).

Sky100 terletak di lantai 100 gedung International Commerce Center (ICC) disebalah barat Kowloon, Hong Kong. Sky100 menawarkan sensasi pemandangan 360 derajat Hong Kong yang indah dengan latar Victoria Harbour, Semenanjung Kowloon, dan Tai Mo Shan. Sky100 terletak tepat dua lantai dibawah Ritz Calton Hong Kong.

Akses menuju Sky100 dapat ditempuh dengan jalur darat dari TST selama 10 menit perjalanan dengan taksi, atau 10 menit dari Avenue of Stars. Terdapat satu ruangan khusus yang dilengkapi dengan sajadah dan mukena untuk keperluan ibadah wisatawan muslim. Sky100 bekerja sama dengan Ritz Calton menyediakan bebagai menu makanan halal di outlet F&B (Food and Beverage) dan Cafe100 yang berada 18 lantai diatasnya.

6. Fabric Street dan Toy Street di Sham Shui Po

Belanja oleh-oleh di Sham Shui Po. Fabric Street mejual berbagai jenis kain khas Hong Kong yang sangat cocok untuk menjadi bahan pakaian seragam untuk keluarga. Toy Street menjajakan berbagai jenis mainan murah yang akan disukai anak-anak (HKTB).

Setelah puas mengunjungi lokasi-lokasi wisata ternama di Hong Kong, selanjutnya adalah berbelanja untuk oleh-oleh. Lokasi yang cocok untuk berbelanja bagi muslim adalah Sham Shui Po, surganya elektronik, kain, dan mainan Hong Kong. Sham Shui Po populer sebagai lokasi belanja dikalangan wisatawan muslim. Anda bisa membeli kain yang dijual secara grosir di jalanan Sham Shui Po yang cocok dijadikan pakaian seragam.

Dari destinasi terakhir yaitu Sky100, Sham Shui Po berjarak 5,8 km dengan estimasi tempuh selama 15 menit dengan taksi. Sham Shui Po memiliki kawasan muslim bernama KhatmeNubuwwat Council Limited yang berlokasi di 320-322 Tung Chau Street 1/F, 2/F, Sham Shui Po, Kowloon, Hong Kong. Disini wisatawan muslim bisa beribadah sekaligus mengisi perut dengan kuliner halal.

Selain referensi dari destinasi halal di Hong Kong tersebut, Anda dapat juga memiliki Singapore Airlines Deal untuk referensi perencanaan berlibur Anda ke Hong Kong berikutnya! Segera temukan informasi nya dan pesan sekarang!

Dapatkan ulasan menarik tentang Hong Kong dan tulisan Lain dari Tim Phinemo

Tags: , ,

Paket Produk Penawaran

Iklankan Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar