Pagoda Avalokitesvara Watugong

Pagoda Avalokitesvara Watugong Semarang tergolong unik. Semua elemen bangunannya didatangkan langsung dari Tiongkok.


pagoda-avalokitesvara

Pagoda Avalokitesvara Watugong. Foto oleh Maynard/Kontributor Phinemo.com

Memiliki tinggi 45 meter, Pagoda Avalokitesvara resmi mendapat gelar pagoda tertinggi di Indonesia oleh Museum Rekor Indonesia pada tahun 2006.

Pagoda ini terdiri dari 7 tingkat, di mana tiap tingkatnya terdapat patung Kwan Im Pho Sat yang menghadap 4 penjuru yang dimaknakan Kwan Im menyebarkan welas asih ke semua penjuru.

Pagoda Avalokitesvara Watugong Semarang tergolong unik. Semua elemen bangunannya seperti genteng, aksesori, relief tangga, kolam teratai, lampu dan air mancur naga, hingga patung burung Hong dan Kilin khusus didatangkan dari  Tiongkok.

Di sini pengunjung bisa jalan berkeliling untuk melihat-lihat, berfoto dengan latar megahnya pagoda, atau melakukan ritual Tjiam Shi (ritual untuk mengetahui nasib manusia). Pengunjung bisa minta tolong pada petugas pagoda untuk membacakan nasib ramalan Tjiam Shi.

Pagoda Avalokitesvara terletak di kompleks Vihara Buddhagaya. Selain Pagoda Avalokitesvara, di vihara ini terdapat beberapa bangunan lain, seperti Vihara Dhammasala, Monumen Watugong, Patung Kwan Im, patung Buddha di bawah pohon Bodhi (ditanam tahun 1955), patung Buddha tidur, serta kolam teratai. 

Vihara Buddhagaya cukup mudah diakses. Terletak di tepi jalan raya, Jalan Perintis Kemerdekaan, Watugong, Semarang atau tepat di depan Markas Kodam IV Diponegoro. Dengan berkendara sekitar 40 menit, pagoda ini dapat dicapai, baik dengan kendaraan pribadi maupun bus Trans Semarang/Jateng.

Vihara Buddhagaya dibuka untuk umum pada pukul 07.00 – 21.00 WIB dengan harga tiket masuk seikhlasnya pengunjung. 


Lihat Juga di Sekitar Pagoda Avalokitesvara Watugong






candi gedong songo

Tugu Muda





Rekomendasi Hotel di Semarang