Hotel Pesonna Semarang

Hotel Pesonna Semarang, berkonsep halal dan mengutamakan kenyamanan. Cocok untuk tamu yang menginginkan hotel dengan kebersihan yang terjamin!


Sejak MUI mengeluarkan standarisasi kehalalan untuk pariwisata mulai muncul banyak hotel dengan konsep halal, Konsep ini sebetulnya tak hanya menyasar untuk yang muslim, karena konsep halal pada dasarnya menyingkirkan segala sesuatu yang memang tak baik untuk manusia maupun untuk lingkungan. Itulah kenapa konsep halal juga ditujukan untuk yang non muslim. 

Di Semarang sendiri sudah ada beberapa hotel dengan konsep halal, salah satu di antaranya adalah Hotel Pesonna. 

Ulasan singkat

hotel pesonna semarang

Petugas resepsionis yang ramah dan sopan. Foto oleh Rizqi Y/Phinemo.com

Hotel Pesonna merupakan hotel bintang tiga yang dikelola oleh PT. Pegadaian (Persero) di bawah anak perusahaan PT. Pesonna Indonesia Jaya. Di Indonesia setidaknya sudah ada sembilan properti Hotel Pesonna, salah satunya yang ada di Semarang. “Pesonna” sendiri memiliki makna, yaitu Pegadaian Selalu Optimalkan Nilai-Nilai Aset. Itulah kenapa nama Hotel Pesonna memiliki huruf “N” dobel. 

Mengusung konsep halal dan lifestyle, hotel Pesonna tumbuh menjadi salah satu hotel favorit bagi para tamunya. Konsep halal sendiri mengacu pada penghilangan hal-hal yang tidak baik untuk manusia dan juga lingkungan, jadi sebetulnya fasilitas hotel halal tetap bisa dinikmati siapapun, dan tak terbatas pada yang muslim saja. 

Hotel Pesonna banyak menggunakan warna hijau dan putih di berbagai sudut hotelnya. Ini juga tak lepas dari pengaruh PT. Pegadaian yang juga memiliki warna khas hijau. Bahkan di setiap Hotel Pesonna selalu terdapat satu outlet pegadaian. 

hotel pesonna semarang

Area lobi dengan hiasan lukisan destinasi wisata. Foto oleh Rizqi Y/Phinemo.com

Dilihat sekilas dari area Jalan Depok Kembangsari, Hotel Pesonna tampak begitu megah. Di bagian depan terdapat area meeting room dan juga ballroom. Saat memasuki area lobi utama tamu akan disambut dengan petugas yang ramah dan juga berbagai lukisan destinasi wisata Semarang. Seperti misalnya lukisan Gereja Blenduk, Lawang Sewu, dan Masjid Agung Jawa Tengah. Tak hanya itu, tepat di sebelah area lobi juga terdapat resto yang memasang gambar Candi Gedong Songo dengan ukuran besar.

Meski termasuk dalam hotel bintang tiga, namun fasilitas di Hotel Pesonna cukup lengkap. Mulai dari fasilitas MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition), kolam renang, sky lounge, resto, airport shuttle, dan banyak lagi lainnya. Dan karena Hotel Pesonna mengusung konsep halal, di sini tamu hotel tidak akan menemukan fasilitas hotel bar atau makanan dan minuman beralkohol. 

Lokasi 

hotel pesonna semarang

Tampak megah dan mewah. Foto oleh Rizqi Y/Phinemo.com

Hotel Pesonna terletak di kawasan yang strategis. Dekat dengan pusat kota, pusat perbelanjaan, destinasi wisata, perkantoran dan juga gedung-gedung pemerintahan. Berada di Jalan Depok no 33 Kembangsari Semarang, hotel ini mudah dijangkau baik dari bandara Ahmad Yani ataupun Stasiun Tawang. 

Jika tamu hotel datang dari bandara maka perlu menempuh jarak sekitar 6,5 km dengan waktu tempuh sekitar 19 menit bergantung pada kondisi keramaian jalanan. Sedangkan kalau datang dari Stasiun Tawang perlu menempuh jarak sejauh 2,5 km dengan waktu tempuh berkisar 13 menit.

Hotel Pesonna juga berada di area yang strategis jika dilihat dari lokasi destinasi wisata. Beberapa di antara destinasi yang dekat dengan Hotel Pesonna adalah Paragon Mall (wisata belanja), Lawang sewu, Museum Mandala Bhakti dan Tugu Muda (Wisata Sejarah), Jalan Pandanaran (wisata oleh-oleh), Semawis dan Toko Oen (wisata kuliner), Kawasan Kota Lama (wisata sejarah dan hunting foto). 

Foto dari phinemo.com

Ruang kamar

hotel pesonna semarang

Ruang kamar yang bersih dan nyaman. Foto oleh Rizqi Y/Phinemo.com

Hotel Pesonna memiliki 152 kamar yang terbagi dalam dua tipe, yaitu suite dan deluxe. Jumlah kamar tipe suite bahkan hanya ada 2 kamar saja, sedangkan 150 kamar sisanya adalah tipe deluxe. Sama seperti area hotel di bagian luar, di area kamar hotel pun warna yang ditonjolkan adalah warna hijau. Dipadukan dengan warna-warna soft lain seperti krem dan putih. 

Salah satu perbedaan Hotel Pesonna dan hotel lainnya adalah adanya fasilitas tambahan berupa kran air khusus untuk wudhu, Al-Quran, alat sholat dan juga arah kiblat. Ini tak lepas dari konsep yang dibawanya, yaitu konsep halal hotel. Kamarnya pun terasa nyaman, wangi dan bersih. Itulah kenapa banyak juga tamu hotel yang merasa nyaman menginap di hotel ini. Karena meskipun berkonsep halal, tapi hotel Pesonna tak hanya diperuntukkan bagi tamu yang muslim saja. 

hotel pesonna semarang

Tempat santai sambil nonton tv di kamar. Foto oleh Rizqi Y/Phinemo.com

Fasilitas yang ada di setiap kamar misalnya AC, televisi layar datar, teko elektronik, minibar, save deposit box, amenities kamar mandi, hairdryer, akses internet dan air panas 24 jam. Fasilitas living room hanya ada di kamar tipe Suite.

View yang disajikan dari dalam hotel saat malam hari adalah cantiknya kerlap-kerlip lampu kendaraan dan bangunan di perkotaan Semarang. Memang akan lebih cantik saat malam hari, karena saat siang hari hanya terlihat deretan bangunan pencakar langit dan kawasan perumahan warga Semarang. 

Untuk bisa menginap di Hotel Pesonna, tamu hotel perlu merogoh kocek mulai dari Rp475.000. Namun bisa dibilang harga tersebut sepadan dengan fasailitas yang bisa dinikmati para tamu. 

Fasilitas

Resto

hotel pesonna semarang

Gambar Candi Gedong Songo ukuran besar di ruang resto. Foto oleh Rizqi Y/Phinemo.com

Hotel Pesonna memiliki fasilitas resto yang menyediakan berbagai jenis masakan. Mulai dari masakan khas nusantara, masakan Chinese, Western dan banyak lagi. Setiap bulannya juga akan ada menu promo yang diangkat, seperti misalnya saat kami datang ke Hotel Pesonna menu yang sedang dipopulerkan adalah Pesonna Merah Putih Smoothie. Menu ini terbuat dari strawberry smoothie yang diberi topping es krim vanila. 

Berbagai menu andalan lain yang bisa dipesan tamu di antaranya menu masakan nusantara seperti nasiu goreng dan mie goreng khas Pesonna. Atau ada juga menu oriental seperti yang chow style fried rice, hongkong seafood fried rice, salted fish fried rice, dan banyak lagi. 

Kolam renang

hotel pesonna semarang

Area santai di kolam renang. Foto oleh Hotel Pesonna

Kolam renang Hotel Pesonna berada di lantai dasar dekat dengan area resto. Kolam renang ini cukup luas dan bersih. Selain itu ada juga area untuk bersantai di sekitar kolam renang. 

Kolam renang di Hotel Pesonna hanya diperuntukkan bagi para tamu hotel saja. Jadi memang tidak dibuka untuk umum seperti di beberapa hotel lain. 

Meeting room

hotel pesonna semarang

Ballroom yang luas untuk menampung banyak tamu. Foto oleh Hotel Pesonna

Semarang merupakan kota yang berkembang pesat dengan bisnisnya. Jadi selain menjual kamar untuk disewakan, kebanyakan hotel juga bermain dengan fasilitas MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition). Tak beda jauh dengan Hotel Pesonna yang juga memiliki beberapa meeting room serta ballroom untuk memenuhi kebutuhan masyarakat bisnis di Semarang. 

Sky lounge

hotel pesonna semarang

Sky lounge untuk santai menikmati malam di Semarang. Foto oleh Hotel Pesonna

Sky lounge menjadi salah satu fasilitas yang asyik di Hotel Pesonna, terutama saat malam hari. Ruangan semi outdoor ini didesain untuk para tamu yang ingin menikmati malam di rooftop hotel sambil meamdangi kerlap-kerlip lampu perkotaan Semarang dari ketinggian. Bisa juga sambil ngobrol santai dengan rekan kerja, sanak saudara dan keluarga. 

Sky lounge ini cocok juga untuk acara ulang tahun dan pesta kecil-kecilan. 

Kelebihan

  • Hotel bersih, nyaman dan terjamin kehalalaannya terutama untuk tamu muslim
  • Lokasi strategis dan dekat dengan berbagai destinasi wisata
  • Ada kolam renang dan sky lounge

Destinasi wisata terdekat

  • Paragon Mall (+/- 3 menit)
  • Lawang Sewu (+/- 6 menit)
  • Tugu Muda (+/- 6 menit)
  • Museum Mandala Bhakti (+/- 6 menit)
  • Pusat oleh-oleh Pandanaran (+/- 6 menit)
  • Simpang Lima (+/- 8 menit)
  • Toko Oen (+/- 7menit)
  • Semawis (+/- 9 menit)

Informasi lebih lanjut hubungi

Hotel Pesonna

Jl. Depok, No. 33, Kembangsari, Semarang Tengah

Kota Semarang, Jawa Tengah 50133 

Telepon: (024) 86570840

Destinasi di Sekitar Hotel Pesonna Semarang






eling bening

Eling Bening

toko oen

Toko Oen

pondok kopi sidomukti