Benteng Fort Willem I

Benteng Fort Willem 1 di Ambarawa pernah digunakan sebagai lokasi syuting film Soekarno. Tempat ini cocok bagi pencinta sejarah dan pemburu foto.


Benteng Fort Willem I dikenal juga dengan nama Benteng Pendem Ambarawa. Lokasinya berdekatan dengan Museum Kereta Api Ambarawa, belakang RSUD Ambarawa. Benteng ini naik daun setelah digunakan sebagai lokasi syuting film ‘Soekarno’. Untuk mencapai tempat ini, ada 2 jalan masuk, pertama bisa lewat jalan alternatif dekat RSUD Ambarawa. Dan yang ke-dua melalui pintu masuk ke Lapas Ambarawa, bangunan benteng terletak di sebelah kirinya.

Pengunjung hanya dikenai biaya masuk Rp5.000,00 untuk parkir. Pengunjung disarankan tidak memasuki area lantai dua benteng Fort Willem I karena difungsikan sebagai asrama militer Batalyon Kavaleri Ambarawa serta area samping benteng yang dioperasikan sebagai Lapas aktif Kelas II Ambarawa.

Pengunjung bisa berkeliling menikmati suasana sekitar benteng, sambil berfoto-foto dengan latar benteng yang epic.

Benteng Fort Willem 1 memang unik. Benteng Willem 1 tidak digunakan sebagai benteng pertahanan, terlihat dari desain bangunan yang memiliki banyak jendela. Benteng Willem 1 memang dulunya difungsikan sebagai barak militer KNIL, yang terhubung ke Magelang, Jogja dan Semarang, melalui jalur kereta api.


Lihat Juga di Sekitar Benteng Fort Willem I






benowo

Curug Benowo

Curug 7 Bidadari

rawa pening

Rawa Pening





Rekomendasi Hotel di Semarang