Tugu Muda

Tugu Muda yang menggambarkan semangat pemuda-pemuda di Semarang yang ingin mempertahankan kemerdekaan Indonesia dan Semarang.


tugu muda

Tugu Muda Semarang. Sumber foto.

Ulasan singkat

Kalau di Jakarta ada Monumen Nasional atau Monas, maka di Semarang ada sebuah tugu yang bernama Tugu Muda. Tugu Muda merupakan sebuah monumen yang mempunyai bentuk seperti lilin dan merupakan monumen yang bersejarah, karena dibangunnya tugu muda untuk mengenang Pertempuran Lima Hari di Semarang melawan penjajah Jepang. Monumen ini menggambarkan semangat para pemuda-pemuda Semarang yang dengan berani dan gigih melawan pasukan tentara Jepang yang menjajah Indonesia untuk mengamankan Kota Semarang.

Kini, di Tugu Muda Kamu bisa melakukan berbagai aktifitas yang menyenangkan. Mulai dari berfoto-foto, bersantai, bahkan kalau Kamu mempunyai kekasih, Kamu bisa mengajaknya ke sini pada malam hari karena sudah mempunyai hiasan berupa lampu-lampu yang asyik untuk dilihat.

Monumen ini berada di tengah persimpangan yang melingkar antara Jalan Pandanaran, Jalan Mgr Sugiopranoto, Jalan Imam Bonjol, Jalan Pemuda, dan Jalan Dr. Sutomo. Tidak perlu bingung, Tugu Muda akan sangat mudah untuk ditemukan. Karena berada di tengah-tengah persimpangan, bagi Kamu yang ingin menuju tepat di bawah Tugu Muda, Kamu harus menyeberang jalan raya terlebih dahulu. Jika Kamu sudah berada di tengah Tugu Muda, Kamu bisa berfoto dengan bebas. Di sekitar Tugu Muda Kamu juga dapat melihat berbagai macam bangunan peninggalan Belanda, misalnya Lawang Sewu dan Gedung Pandanaran yang bisa Kamu jadikan sebagai latar untuk berfoto.

Fasilitas

Kamu tidak perlu khawatir, meski berada di tengah persimpangan jalan, Tugu Muda sudah dilengkapi beberapa fsilitas yang penting.

  • Area parkir kendaraan yang luas dan aman
  • Kamar mandi / toilet
  • Tempat istirahat

Untuk fasilitas parkir, Kamu akan diarahkan ke sebuah gedung yang mempunyai halaman yang luas yang bisa Kamu jadikan sebagai tempat parkir. Di sekitar halaman parkir tersebut juga terdapat berbagai macam warung yang menjual makanan dan minuman dengan harga yang murah. Jadi jika Kamu sudah merasa lelah berkeliling Tugu Muda, Kamu bisa mampir ke warung-warung tersebut untuk mengistirahatkan badan.

Lokasi: Tugu Muda berada di persimpangan Jalan Pandanaran, Jalan Mgr Sugiopranoto, Jalan Imam Bonjol, Jalan Pemuda, dan Jalan Dr. Sutomo.


Lihat Juga di Sekitar Tugu Muda






kebun durian watu simbar
rawa pening

Rawa Pening

goa kreo

Goa Kreo





Rekomendasi Hotel di Semarang