Mencari hotel di pusat kota Semarang dengan budget yang sedikit miring bukanlah urusan sulit. Ada banyak hotel bintang dua dan tiga yang berdiri di area tengah kota. Salah satunya Hotel @HOM Semarang, hotel bintang tiga di area pusat kota yang sempat kami ulas dan berikut ulasannya. 

Ulasan singkat

Resepsionis @HOM Semarang

Resepsionis yang siap melayani setiap tamu di @HOM. Foto oleh Rizqi Y/Phinemo.com

@HOM Hotel by Horison Simpang Lima Semarang atau lebih sering disebut dengan Hotel @HOM Semarang merupakan salah satu hotel bintang tiga yang berada di kawasan tengah kota. Hotel ini memang lebih sering ramai di hari kerja sampai dengan hari Sabtu, sedangkan hari minggu justru biasanya lebih sepi. 

Sesaat memasuki lobi hotel memang terkesan biasa dan simpel. Kamu akan menemukan lukisan atau gambar destinasi wisata Kota Semarang terutama bangunan-bangunan tuanya, seperti Gereja Blenduk, Lawang Sewu, dan Tuu Muda. Ini karena sang empunya Hotel @HOM Semarang memang inign memperkenalkan pada tamu bahwa Semarang juga punya destinasi wisata yang wajib untuk dikunjungi saat berada di kota ini.

Di sisi kanan lobi ada sebuah resto yang dikelola vendor luar. Namun keberadaan resto ini memang cukup mendukung tampilan lobi Hotel @HOM Semarang. Sebab di bagian dinding resto ini terdapat berbagai hiasan berupa barang-barang antik jadul, seperti kipas angin jadul, mesin ketik, kamera jadul, setrika, dan banyak lagi. Unik dan fotogenik. 

 Hotel @HOM Semarang memiliki setidaknya empat jenis kamar yaitu penthouse, executive, superior, dan deluxe. Di setiap lantainya kamar dengan angka belakag 5 dan 6 merupakan kamar dengan fasilitas connecting room, jadi bisa disewa sekaligus saat Kamu berlibur bersama keluarga. sedangkan untuk kamar deluxe akan berakhiran nagka 2 dan 3. 

Fasilitas di kamar Hotel @HOM Semarang juga cukup lengkap, mulai dari TV, AC, telepon, shower, meja dan kursi, electric kettle, brankas, dan juga Wi-Fi. Untuk fasilitas hiardryer juga ada namun sesuai dengan permintaan saja, sedangkan untuk bathtub hanya ada di tipe kamar penthouse. 

Fasilitas lainyang disediakan Hotel @HOM Semarang di antaranya penjemputan di bandara, meeting room, resto, layanan laundry, spa dan juga pelayanan 24 jam. 

Lokasi

@HOM Semarang

Hotel @HOM tampak dari depan. Foto oleh Rizqi Y/Phinemo.com

Hotel @HOM berada di pusat Kota Semarang tepatnya di area Jalan Pandanaran. Beruntung karena jalan protokol ini masih dibuat dua jalur, yang artinya memang memudahkan dan tidak membuat ribet para tamu, dibanding dengan kondisi jalan yang searah. 

Hotel @HOM Semarang juga cukup mudah dijangkau dari bandara maupun stasiun. Jika Kamu datang dari Bandara Ahmad Yani cukup menempuh jarak sekitar 5,2 km dengan waktu tempuh 12 menit. Sedangkan kalau Kamu datang dari Stasiun Tawang maka Kamu hanya perlu menempuh jarak sekitar 3,9 km dengan lama perjalanan 10 menit. Namun sayangnya memang Jalan Pandanaran ini rawan macet karena merupakan jalan utama di tengah kota. 

Keuntungan lain berada di Jalan Pandanaran yang masih dua arah adalah dekat dengan berbagai destinasi wisata dan juga area perkantoran. 

Foto dari Phinemo.com

Ruang Kamar

Ruang kamar hotel @HOM Semarang

Ruang kamar hotel @HOm Semarang. Foto oleh Rizqi Y/Phinemo.com

Hotel @HOM Semarang memiliki empat jenis kamar untuk tamu yaitu penthouse, executive, superior, dan deluxe. Untuk kamar tipe paling mahal adalah penthouse, karena ruang kamar ini memiliki semacam living room sendiri namun terpisah dengan bagian kamar utama. Selain itu kamar ini juga dilengkapi dengan ukuran bed dan kamar mandi yang lebih besar dari jenis kamar lain. Kamar mandi di ruang ini juga punya fasilitas bathtub. 

Hampir semua kamar Hotel #HOM Semarang dibuat minimalis namun tetap nyaman. Tamu juga akan dimanjakan dengan berbagai fasilitas yang ada mulai dari TV, AC, telepon, shower, meja dan kursi, electric kettle, brankas, dan juga Wi-Fi.

Untuk kamar jenis deluxe, superior, dan executive sebetulnya tidak terlalu berbeda jauh, hanya terpaut pada satu atau dua fasilitas dan luas kamarnya saja. Namun secara desain hampir sama dengan kamar jenis penthouse. Rate harga untuk menginap di Hotel @HOM Semarang adalah berkisar Rp450.000 – Rp1.350.000.

Kalau kebetulan Kamu sedang berlibur dengan beberapa anggota keluarga, sebetulnya bisa memilih ruang kamar yang terkoneksi. Biasanya yang memiliki nomor angka belakang 5 dan 6 adalah ruang kamar yang terhubung. Namun ruang kamar ini juga bisa disewa terpisah, karena masing-masing kamar sudah dipasang pintu koneksi jadi akan lebih aman. 

View yang ditawarkan dari ketinggian kamar hotel adalah lanskap perkotaan Semarang dengan berbagai jenis bangunannya. Kamu juga bisa menikmati pemandangan jalanan kota Semarang, khususnya Jalan Pandanaran. 

Makanan

Menu makanan hotel @HOM Semarang

Menu makanan tradisional di resto Malabar @HOM. Foto oleh Rizqi Y/Phinemo.com

Sebagai hotel bintang tiga @HOM Semarang sudah bisa memproduksi makanan sendiri, artinya tidak menggunakan jasa katering. Hotel ini memiliki satu resto di lantai lobi, yaitu Resto Malabar. Resto ini menyediakan berbagai jenis makanan Indonesia seperti misalnya sego bancakan, iga bakar madu, dan juga berbagai jenis minuman dan dessert seperti apple sparkling juice dan ice cream spoon. 

Resto Malabar memang tidak terlalu luas dan hanya bisa memuat sekitar 80 orang, Namun pemasangan kaca di dinding-dindingnya bisa menambahkan kesan lebih luas di ruangnya. Selain itu di bagian resto ini juga terdapat berbagai potret destinasi wisata Kota Semarang. Cukup unik dan menarik, karena tak banyak hotel yang melakukan hal sama. 

Kelebihan

  • Berada di jalan protokol Kota Semarang
  • Akses mudah dan dekat dengan berbagai destinasi
  • Meeting room

Destinasi wisata terdekat

  • Wisata kuliner Semawis (+/- 8 menit)
  • Tugu Muda (+/-  4menit)
  • Lawang Sewu (+/- 4 menit) 
  • Toko Oen (+/- 5 menit)
  • Paragon Mall (+/- 5 menit)
  • Kawasan Kota Lama (+/- 8 menit)
  • Ciputra Mall (+/- 2 menit)
  • Simpang Lima (+/- 1 menit)

Hal yang Perlu Kamu Tahu Tentang Hotel

Alamat
Jl. Pandanaran No.119, Mugassari
Semarang Sel.atan, Kota Semarang, Jawa Tengah 50134
Telepon: (024) 86449000

Rentang Harga 
IDR 450.000 – IDR 1.350.000


Destinasi di Sekitar Hotel @HOM Semarang






kampung-laut-semarang

Kampung Laut

lunpia delight

Lunpia Delight

lumpia gang lombok




Hotel Lainnya