7 Resto Murah di Solo yang Cocok untuk Buka Bersama Bareng Sahabat

Resto murah di Solo yang sangat cocok untuk buka bersama bareng keluarga dan sahabat (Instagram/@omahlondo_angkringan).

Solo selain terkenal sebagai pusatnya budaya Jawa Tengah juga terkenal dengan ragam kulinernya yang khas dan sangat menggugah selera. Solo memiliki kuliner yang sudah terkenal hingga ke seluruh penjuru tanah air seperti soto daging, srabi notosunan, gudeg, tengkleng, dan sate buntel.

Bagi kamu yang sedang berwisata di Solo momen bulan Ramadhan seperti ini akan terasa lebih seru jika bisa berbuka bersama sahabat tercinta sambil menikmati kuliner khas Solo. Berikut disajikan tujuh resto yang menyajikan kuliner khas Solo dengan harga murah.

1. Nasi Liwet Bu Wongso Lemu

(Instagram/@jogjabikinlaper)

Nasi liwet merupakan salat satu kuliner khas Solo berupa nasi yang disajikan dengan telur rebus, suwiran ayam, sayur labu siam, dan areh (santan kental). Nasi yang digunakan untuk nasi liwet dimasak dengan menggunakan santan kelapa sehingga terasa lebih gurih.

Jika kamu tertarik dan ingin mencicipi nasi liwet khas Solo datang saja ke Warung Nasi Liwet Bu Wongso Lemu di Jalan Teuku Umar, Keprabon Kulon, Kota Solo. Warung yang berdiri sejak 1950 ini sangat cocok untuk buka puasa bersama karena dibuka hingga malam hari.

2. Galabo

(Instagram/@aninditadk)

Galabo merupakan pusat kuliner dan jajanan khas Kota Solo yang sangat murah meriah. Galabo berlokasi di kawasan Gladag, Jalan Mayor Sunaryo, tepat di depan pusat grosir Solo. Menjelang waktu berbuka, Galabo akan sangat ramai dikunjungi oleh pengunjung dari Solo dan sekitarnya.

Sajian kuliner yang dijual di Galabo sangat bervariatif mulai dari soto gerabah, sate kere, bebek, nasi liwet, hingga wedang ronde. Karena banyaknya menu yang dijual setiap pengunjung yang datang akan dibuat bingung dan kesulitan memesan makanan.

3. Rumah Makan Timlo Solo

(Instagram/@save.our.tummy)

Sop timlo merupakan menu andalan dari Rumah Makan Timlo di Solo. Saat bulan Ramadhan seperti sekarang ini banyak yang datang ke rumah makan ini untuk buka bersama dengan sahabat atau keluarga. Tempat yang luas dan varian menu yang beragam menjadi alasan pengunjung tertarik untuk datang.

Selain sop timlo, Rumah Makan Timlo juga menyajikan menu khas Solo lainnya seperti soto daging, tengkleng, dan nasi liwet. Berlokasi di Jalan Urip Sumoharjo No.94, Kota Solo.

4. Sate Buntel Tambak Segaran

(Instagram/@siviana_maria)

Sate buntel merupakan kuliner berupa sate dari daging kambing cincang yang dibungkus lemak. Saat dibakar lemak akan meleleh dan mengeluarkan aroma wangi yang sangat menggoda dan nikmat. Sate buntel memiliki cita rasa yang khas dan tekstur yang empuk sehingga membuat buka puasamu terasa istimewa.

Jika tertarik untuk menjajal nikmatnya sate buntel khas Solo bisa datang ke Warung Sate Buntel Tambak Segaran di Jalan Tambaksegaran 39 (Jalan Sultan Syahrir 149), Kota Solo. Warung ini juga menjual menu olahan kambing selain sate buntel seperti gulai kambing.

5. Sate Kambing Mbok Galak

(Instagram/@catharina.rika)

Berbuka dengan menyantap olahan menu kambing seperti sate memang sangat nikmat. Di Kota Solo terdapat satu warung yang sangat terkenal dengan olahan masakan sate dagingnya yaitu Warung Sate Kambing Mbok Galak. Bahkan saking terkenalnya Presiden Soeharto dan Presiden Jokowi pernah berkunjung kesini untuk bersantap bersama keluarganya.

Warung Sate Kambing Mbok Galak juga terkenal dengan menu olahan daging kambing lainnya seperti sate buntel, tengkleng, dan tongseng. Warung ini terletak di Jalan Ki Mangun Sarkoro 112, Kota Solo.

6. Omah Londo Angkringan

(Instagram/@omahlondo_angkringan)

Jika bosan dengan menu-menu yang ada di Kota Solo tidak ada salahnya jika mencoba menu ala angkringan di Omah Londo Angkringan. Omah Londo terletak di Jalan K.H. Agus Salim No.2A, Kota Solo. Berbagai menu khas angkringan dijual disini seperti nasi kucing dengan isian empal serundeng, belut, teri, dan ampela ati. Sebagai pendamping ada juga berbagai gorengan dan jenis sate-satean. Yang unik dari angkringan ini adalah suasana dan penggunaan piring atau gelas yang terbuat dari seng mirip dengan zaman Belanda dulu.

7. Rumah Makan Adem Ayem

(Instagram/@feifei_ilir)

Rumah Makan Adem Ayem merupakan resto yang menjual berbagai kuliner khas Solo yang sangat nikmat. Andalan rumah makan ini adalah gudegnya yang sangat nikmat. Banyak pilihan gudeg yang bisa dicicipi. Rumah Makan Adem Ayem cukup luas dan bersih sehingga cocok untuk buka bersama ramai-ramai dengan keluarga besar.

Rumah Makan Adem Ayem berlokasi di Jalan Slamet Riyadi 342, Kota Solo. Setiap hari menjelang buka puasa rumah makan ini selalui ramai dipadati oleh pengunjung.

Dapatkan ulasan menarik tentang solo dan tulisan Lain dari Taufiqur Rohman

Tags: , ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar