Sidebar

4 Masjid Paling Suci di Dunia Bagi Umat Islam, Sudah Ada Sejak Era Nabi!

Bagi umat muslim, terdapat beberapa bangunan masjid paling suci di dunia diantara masjid-masjid lainnya. Hal ini karena erat dengan sejarah Islam.

SHARE :

Ditulis Oleh: Taufiqur Rohman

Sejarah panjang perjalanan Agama Islam tidak bisa lepas dari keberadaan Masjid. Dikenal sejak lebih dari seribu tahun lalu, bangunan masjid tidak hanya digunakan untuk peribadatan saja, namun juga pusat kajian ilmu-ilmu agama dan pengetahuan. Beberapa masjid di dunia begitu indah dan lekat dengan sejarah, sehingga sangat layak untuk dikunjungi.

Bagi umat muslim, terdapat beberapa bangunan masjid paling suci di dunia diantara masjid-masjid lainnya. Hal ini dikarenakan, masjid tersebut berkaitan erat dengan sejarah perkembangan Agama Islam di masa Nabi Muhammad SAW. Berikut ini adalah diantaranya.

1. Masjidil Haram

(metrojambi.com)

Masjidil Haram berada di urutan pertama sebagai masjid paling suci bagi umat Islam. Bagaimana tidak, di dalam masjid ini terdapat Ka’bah yang menjadi kiblat umat Islam saat melakukan ibadah Sholat. Selain menjadi paling suci, Masjidil Haram juga merupakan masjid paling besar di dunia yang dapat menampung hingga empat juta orang.

Setiap tahunnya, Masjidil Haram dikunjungi oleh jutaan umat Islam dari seluruh penjuru dunia yang akan menunaikan ibadah haji atau umroh. Ka’bah sebagai pusat dan inti dari Masjidil Haram dibangun jauh sebelum Nabi Muhammad SAW lahir, oleh Nabi Ibrahim AS dan putranya, Nabi Ismail AS. Bahkan sebelum Islam, Ka’bah telah menjadi tujuan wisata religi.

2. Masjid Nabawi

(kompas.com)

Masjid Nabawi merupakan masjid ketiga yang dibangun dalam sejarah peradaban Islam. Masjid ini dibangun langsung oleh Nabi Muhammad SAW di tahun pertama hijrah ke Madinah. Saat ini Masjid Nabawi menjadi salah satu masjid paling besar di dunia yang dapat menampung hingga satu juta jamaah. Semakin megah dengan adanya 10 menara setinggi 105 meter.

Masjid Nabawi dianggap suci karena di dalamnya terdapat makam dari Nabi Muhammad SAW. Tidak hanya itu, di masjid ini juga bersemayam makam dua sahabat nabi yang memiliki peran besar dalam sejarah Islam serta termasuk dalam Khulafaur Rasyidin, yaitu Abdullah bin Abu Quhafah atau Abu Bakar Ash-Shiddiq dan Umar bin Khattab.

3. Masjidil Aqsa

(tirto.id)

Masjidil Aqsa berada di Yerussalem, masuk dalam wilayah Palestina dan menjadi sengketa dengan Israel. Masjidil Aqsa adalah masjid suci, yang juga beridiri di tanah suci bagi tiga agama, yaitu Yahudi, Kristen, dan Islam. Jauh sebelum Ka’bah, Masjidil Aqsa merupakan kiblat pertama umat Islam saat melakukan ibadah sholat. Tak mengherankan, jika masjid ini dijuluki sebagai “Masjid Dua Kiblat”.

Tidak hanya itu, Masjidil Aqsa juga menjadi bagian penting dalam sebuah peristiwa besar yang dialami Nabi Muhammad SAW, Isra Mi’raj. Dalam peristiwa tersebut, sang nabi melakukan perjalanan dari Masjidil Haram di Makkah ke Masjidil Aqsa di Yerussalem dalam satu malam menggunakan kendaraan Buraq, kemudian naik ke langit untuk menerima perintah Allah SWT terkait Sholat lima waktu.

4. Masjid Quba

(pinterest)

Bukan Masjidil Haram, masjid pertama di dunia adalah Masjid Quba. Dibangun oleh Nabi Muhammad pada tahun 1 Hijriyah atau 622 Masehi. Seperti namanya, masjid ini berlokasi di Quba yaitu sekitar 5 km sebelah tenggara Kota Madinah. Meskipun dikenal sebagai masjid tertua di dunia, namun Masjid Quba tidaklah sebesar dan semegah Masjidil Haram atau Masjid Nabawi. Kapasitas Masjid Quba hanya mampu menampung hingga 20.000 jamaah saja.

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

Ledakan Nuklir Chernobyl, Tempat Berbahaya yang Jadi Destinasi Wisata

7 Destinasi Wisata Alam Aneh dan Ajaib yang Ada di Dunia Nyata

Masjid Nasir Al-Mulk, Warna-Warni Elok Masjid Kuno di Daratan Persia

Penemu Benua Australia Adalah Pelaut Makassar Saat Pelayaran Marege

Kota Ray di Iran, Kampung Halaman Para Imuwan Muslim Dunia

Sejarah Peradaban Islam di Cordoba Spanyol, Islam Berjaya di Eropa

FALLBACK
The END