Sidebar

Rekomendasi Tempat Wisata di Solo untuk Liburan Sehari Semalam

Buat Kamu yang berencana untuk traveling ke Solo selama seharian, berikut ini tempat wisata di Solo yang bisa Kamu kunjungi.

SHARE :

Ditulis Oleh: Wike Sulistiarmi

Berencana untuk traveling di Kota Solo selama seharian penuh tapi masih bingung pergi ke mana saja? Jangan khawatir karena kami memiliki rekomendasi tempat wisata di Solo yang hits, kekinian, tapi juga kental akan budaya Solo termasuk ke mana Kamu harus kulineran selama seharian. Berikut ini panduan traveling di Solo seharian.

Baca juga: 5 Tempat Wisata Solo Terbaru untuk Liburan di Akhir Pekan

Datang ke Solo saat pagi biar bisa puas berkeliling seharian

Datanglah ke Solo pagi hari, setidaknya pukul 08.00 WIB agar Kamu bisa puas berkeliling. Cari tiket perjalanan pagi dari kotamu jauh-jauh hari karena biasanya tiket kereta, bus, atau pesawat pagi cenderung lebih cepat habisnya.

Bawa barang bawaan sedikit saja, cukup satu tas ransel kecil karena Kamu hanya akan traveling di Solo selama sehari. Daripada banyak bawa barang tapi tidak terpakai, alangkah baiknya bawa barang seperlunya saja.

Sampai ke Solo, sarapanlah ke Selat Mbak Lies

Salah satu menu di Mbak Lies. Foto oleh Phinemo/Anna

Setelah sampai di Solo baik dari bandara, stasiun, atau terminal, lebih baik langsung datang ke Warung Selat Legendaris di Solo, Selat Mbak Lies yang sudah buka sejak 08.00 – 18.00 WIB. Di sini Kamu wajib coba selat yang paling legendaris se-Solo.

Harganya murah meriah. Semua menu makanan dihargai mulai dari Rp12.000 hingga Rp21.000 sedangkan untuk minuman mulai kisaran Rp5.000 hingga Rp15.000.

Lokasinya ada di Jalan Veteran, Gang II No. 42, Serengan, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Baca juga: Mencicipi Lezatnya Selat Solo Mbak Lies yang Melegenda

Perjalanan selanjutnya ke Kraton Surakarta Hadiningrat

Tempat wisata di Solo selanjutnya adalah Kraton Surakarta Hadiningrat. Di sini Kamu bisa melihat budaya adat Jawa yang masih kental di Keraton. Di sini juga terdapat beberapa barang-barang kraton yang dipajang di museum.

Tiket masuknya pun sangat terjangkau. Kamu cukup bayar Rp15.000 saja.

Saatnya check-in hotel!

Sudah tengah hari, saatnya untuk check-in hotel. Kamu bisa memilih hotel mana saja karena ada banyak pilihan hotel yang bisa Kamu pilih mulai dari homestay hingga yang berbintang.

Kalau Kamu tipe yang irit, bisa langsung ke Hotel Keprabon yang punya nuansa khas Jawa dengan harga per kamar di bawah Rp100 ribu. Sedangkan buat kamu yang mencari kenyaman, Hotel Alila Solo siap jadi pelepas lelahmu.

Makan siang dulu ke Sate Pak Manto

Seporsi Rica-rica Kambing pak manto. Foto oleh Wike Sulistiarmi

Usai check-in di hotel, segarkan diri terlebih dahulu sebelum melanjutkan perjalanan karena perjalananmu masih panjang.

Sebelum melakukan perjalanaan, makan siang dulu di Kedai Sate Pak Manto yang terkenal mantap. Di sini bukan hanya terdapat sate kambing, tapi adapula sate buntel khas Solo, tengkleng dan olahan kambing lainnya.

Harganya cukup mahal tapi porsinya monster yakni sekitar Rp40 ribuan.

Masih kuat? Yuk lanjut ke Pabrik Gula Colomadu

Cantik banget kan? Foto oleh Paundria/Phinemo

Perjalanan dilanjutkan ke Pabrik Gula Colomadu yang instagenik. Masuk ke destinasi ini gratis. Kamu bisa puas berfoto dengan bekas pabrik gula paling terkenal di Solo ini. Jangan lupa baca soal sejarahnya karena di dalamnya ada banyak sekali cerita menarik untuk ditelisik.

Kulineran ke Pasar Malam Ngarsopuro untuk menutup hari

Puas  berfoto-foto dan mengeksplor Museum Pabrik Gula Colomadu, langsung mampir ke Pasar Malam Ngarsopurno. Di sini Kamu bisa kulineran puas dengan harga Rp5.000 ribuan. Pilihannya pun beragam. Ini adalah pasar malam yang selalu ramai saat weekend.

Saat datang ke pasar malam ini, jangan lewatkan untuk mencicipi kelezatan sate kere yang tak ada duanya. Di mana lagi menemukan kuliner autentik ini selain di Solo?

Esok harinya, Candi Cetho – Perkebunan Teh Kemuning  jadi destinasi yang wajib dikunjungi

Destinasi terakhir kita selanjutnya adalah Candi Cetho, Karanganyar. Lokasinya cukup jauh dari pusat kota Solo. Butuh waktu sekitar 1-2 jam perjalanan. Maka, baiknya kamu bangun lebih pagi dari biasanya.

Pastikan semua barangmu sudah terkemas supaya bisa sekalian check-out. Saran kami, jika barang bawaan terlalu berlebih, titipkan saja ke petugas hotel. Bawa barang berharga dan yang paling penting saja.

Untuk menuju lokasi, Kamu bisa sewa motor atau mobil. Kami tak merekomendasikan untuk naik kendaraan umum karena kamu bakal membutuhkan waktu yang lebih lama.  Sewa motor di Solo seharian dihargai Rp70 ribuan. Atau sewa mobil seharian beserta driver dan juga BBM seharga Rp650.000.

Setelah sampai di Candi Cetho, nikmati keindahan candi khas Bali yang memesona. Paling pas saat senja karena pemandangan candi nampak memukau.

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

Jadwal Pembukaan Pendakian Gunung di Indonesia di Masa New Normal

Bolu Batik Kukus, Oleh-oleh Baru dari Kota Batik Pekalongan

Bolu Batik Kukus, Kuliner Unik yang Bermotif dan Khas Indonesia

Setop Penyebaran Virus Corona dengan Basmi Kelelawar, Benarkah?

7 Hotel Terbaik di Semarang untuk Akomodasi Liburan atau Staycation

Jejak Kehidupan Purba di Indonesia, Dari Dinosaurus Hingga Manusia Gua

FALLBACK
The END