7 Tempat Wisata di Jawa Tengah yang Wajib Kamu Kunjungi Saat Liburan

Jawa Tengah (Flickr/Riche Chik)

Jawa Tengah merupakan sebuah provinsi di Pulau Jawa yang awalnya didiami oleh Suku Jawa. Total Luas wilayah Jawa Tengah adalah 32.548 Km, atau sekitar 28,94% dari Pulau Jawa. Wilayahnya berbatasan dengan Laut Jawa di sebelah utara, Jawa Timur di sebelah Timur, Jawa Barat di sebelah barat, dan Samudera Hindia dan D.I.Yogyakarta di sebelah selatan.

Jawa Tengah sering disebut sebagai pusatnya budaya jawa karena memiliki tradisi-tradisi kuno yang masih dipertahankan hingga sekarang. Selain itu Jawa tengah juga memiliki bentang alam yang lengkap dan banyak peninggalan sejarah. Berikut telah dirangkum tujuh wisata wajib yang harus dikunjungi di Jawa Tengah.

1. Lawang Sewu

Lawang sewu dahulunya merupakan sebuah gedung Nederlands-Indische Spoorwerg Maatshappij (NIS) yang dibangung tahun 1904 pada masa penjajahan Belanda di Indonesia. Setelah kemerdekaan lawang sewu sempat dialihfungsikan menjadi kantor Djawatan Kereta Api Republik Indonesia (DKARI), Kodam Diponegoro, dan Kantor Wilayah Kementerian Perhubungan Jawa Tengah. Sekarang lawang sewu dijadikan destinasi wisata dan museum sejarah.

Julukan lawang sewu disematkan karena jumlah pintu dan jendela di bangunan ini sangat banyak, walaupun sebenarnya tidak sampai seribu. Terletak di Jalan Pemuda tepat di depan Tugu Muda Semarang, lawang sewu terkenal dengan keangkerannya. Banyak kejadian mistis tak masuk akal sering terjadi disini. Beberapa kali juga digunakan sebagai lokasi pengambilan gambar film horor Indonesia.

2. Masjid Agung Demak

Masjid Agung Demak merupakan masjid pertama di Kabupaten Demak, didirikan oleh Raden Patah bersama dengan walisongo. Lokasinya berada di depan alun-alun Kabupaten Demak. Masjid Agung Demak masih mempertahankan bentuk asli bangunannya hingga sekarang. Di belakang kompleks Masjid Agung Demak terdapat makam raja-raja yang pernah berkuasa di Kerajaan Demak. Samping kanan masjid terdapat museum yang menyimpan peninggalan-peninggalan sejarah Kerajaan Demak dan Walisongo. Bagian depan terdapat menara yang masih asli sejak awal pembangunannya yang dahulu digunakan sebagai tempat mengumandangkan adzan.

3. Karimun Jawa

Karimun Jawa merupakan gugusan pulau-pulau keci di Laut Jawa yang masuk dalam wilayah Kabupaten Jepara. Karimun Jawa memiliki berbagai destinasi wisata alam yang sangat memukai. Disini kamu bisa berenang dengan hiu, melihat sunrise/sunset, berjemur di pantai, dan diving/snorkeling. Air yang jernih dan kondisi alam yang masih terjaga membuat Karimun Jawa sebagai destinasi wajib di Jawa Tengah.

4. Candi Borobudur

Candi Borobudur adalah candi budha yang dibangun pada zaman Dinasti Syailendra. Hingga saat ini Candi Borobudur memegang posisi pertama sebagai candi Budha terbesar di dunia. Lokasinya berada di Kabupaten Magelang, Candi Borobudur selalu ramai oleh pengunjung dari dalam maupun mancanegara.

5. Dieng Plateu

Dieng Plateu terletak diantara Kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara. Dataran tinggi Doeng masuk dalam kawasan vulkanik aktif dengan candi-candi hindu kuno yang mengitarinya. Masyarakat dieng sangat memegang teguh tradisi luhur budayanya. Setiap awal Agustus dilaksakan sebuah event budaya Dieng Culture Festival dengan agenda utama adlaah prosesi ruwatan anak gimbal. Agustus menjadi saat paling tepat berkunjung ke dieng karena akan sangat ramai oleh berbagai pertunjukan budaya.

6. Karaton Kasunanan Surakarta Hadiningrat

Karaton Surakarta terletak di Kota Solo, dan menjadi satu-satunya kerajaan di Jawa Tengah yang masih bertahan hingga sekarang. Telah mengalami beberapa kali renovasi namun keaslian bangunan keraton masih tetap dipertahankan. Wisatawan yang berkunjung disini diwajibkan untuk menjaga tutur kata dan perilaku. Area kompleks Karaton Surakarta memiliki museum yang menyimpan benda-benda bersejarah milik keluarga kerajaan.

7. Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo merupakan kompleks candi hindu yang berlokasi di Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang. Seperti namanya ada sembilan buah candi yang terletak di ketinggian yang berbeda-beda. Candi Gedong I adalah candi yang paling rendah, sedangakan Candi Gedong IX adalah yang paling tinggi. Tak hanya candi, disini juga terdapat pemandian air panas. Bagi kamu yang malas berjalan kaki untuk menjelajahi kawasan Candi Gedong Songo kamu bisa menggunakan kuda yang disewakan di tempat ini.

Dapatkan ulasan menarik tentang jawa tengah dan tulisan Lain dari Taufiqur Rohman

Tags: ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar