Ini Dia, Penampilan Orang Kaya di Korea Utara

Dibalik kehidupan Korea Utara yang kelam dan berbalut kemisikinan, ternyata beginilah gaya hidup kaum elit Korea Utara

Echi • November 28, 2016

Di bawah kepemimpinan Kim Jong Un, Korea Utara menjadi negara yang terisolir dari pengaruh dunia internasional. Bukan hanya terkungkung dari dunia luar dan kemiskinan, kepemimpinan Kim Jong Un yang diktaktor, kata media-media di luar sana, menciptakan kehidupan yang suram.

Namun, siapa sangka, alih-alih terkurung dalam kelamnya kehidupan, ternyata kaum kelas atas Korea Utara ini terlihat bebas menikmati hidup. Dilansir dari Dailymail, berikut beberapa hal yang dilakukan kaum elit Korea Utara:

Jika dilihat dari penampilanya, seperti inilah gaya berpakaian kaum elit di Korea Utara

Kaum elit atau Donju memiliki perancang baju sendiri. Khusus kaum elit wanita, mereka suka mengenakan berbagai akseoris di tubuhnya.

Salah satu hiburan ‘Donju’, sebutan untuk orang kaya Korea Utara, adalah menjajal mengendarai pesawat empat kursi keliling Pyongyang

Orang-orang kaya Korea Utara ini pun menghabiskan uangnya untuk mengambil kursus mengendarai kuda

Sepuluh persen dari total populasi Korea Utara adalah pengusaha. Para pengusaha Korea Utara ini menyukai kegiatan berkuda. Maka, mereka pun rela mengeluarkan banyak uang untuk kursus berkuda.

 

Ternyata, hanya sekitar 10 – 15 persen penduduk Korea Utara yang memiliki smartphone sendiri

Meski Korea Utara berada di antara negara-negara modern penguasa barang perdagangan elektronik Asia seperti Jepang dan China, namun tidak semua barang impor bebas keluar masuk Korea Utara.

Bukan kamera mirrorless, ‘Donju’ lebih memilih menggunakan kamera poket digital

Alih-alih mendatangkan barang mewah dari negara barat, Korea Utara lebih memilih mengimpor barang dari China.

Mobil Audi A6 menjadi kendaraan mewah warga lokal

Ketika orang elit mengendarai Audi A6, sepeda menjadi kendaraan umum yang paling banyak digunakan warga ‘jelata’

korea-utara

Warga lokal tengah menyeberangi jalur rel kereta api. Sumber foto

Meski sekarang kaum elit sudah cukup mudah ditemui, namun masih banyak warga Korea Utara yang tinggal di daerah tertinggal. Mereka biasanya menggunakan sepeda sebagai transportasi utama.

Warga Korea Utara yang tinggal di area terpelosok kerap menjadi objek berita media cetak maupun televisi, namun mereka tak memiliki kedua hal itu

TV flat menjadi salah satu barang mewah di Korea Utara. Memiliki TV flat termasuk golongan kelas menengah ke atas di sana.

Warga lokal yang memelihara anjing impor termasuk ke dalam golongan kelas elit

Memang dahulu warga setempat dilarang memelihara anjing, kini memelihara anjing, khususnya anjing impor, dianggap sebagai bentuk status sosial.

 

***