Barang-barang yang Harus Kamu Bawa Biar Travelingmu Irit!

Jangan lupakan barang ini jika ingin irit!

Wike Sulistiarmi • November 23, 2016


Traveling memang banyak menghabiskan uang, karena setiap kaki melangkah tentu membuatuhkan biaya, baik biaya menginap, biaya makan, atau biaya transportasi.

Jika tidak ingin menghabiskan uang untuk hal-hal yang sebenarnya bisa diakali, sebenarnya kamu bisa membawa barang-barang ini ketika traveling untuk menekan biaya travelingmu.

Kotak makan ukuran kecil

Mengapa saya merekomendasikan untuk membawa kotak makan ketika taveling? Well, alasannya simpel yaitu untuk membungkus makanan atau snack yang tak bisa kamu habiskan ketika makan di restoran. Kamu bisa menyimpan sisa makananmu di kotak makan.

Jika dipikir-pikir memang agak norak sih. Tapi, selama saya membawa kotak makan saat traveling, saya bisa memakan lagi beberapa sisa snack atau makanan yang tidak sanggup saya habiskan ketika makan di restoran. Makanan ini cukup membantu saya ketika berada di dalam bus atau kereta. *Bawa makanan yang digoreng saja, karena makanan berkuah cepet basi.

Bawa botol air minum dari rumah!

Botol air minum sangat penting ketika berada di perjalanan. Tahu mengapa sangat penting? Karena dengan membawa botol air minum berpotensi untuk tidak membeli air minum di tempat wisata yang identik dengan harga yang sangat mahal.

Di beberapa tempat di Indonesia saat ini sudah banyak tempat pengisian air minum gratis (walau cuma ada di tempat ibadah, si!). Kamu bisa mengisi air di sana dan irit beberapa rupiah untuk hal minum. *BTW, di luar negeri banyak pengisian air minum gratis, kamu bisa akali dengan bawa botol air untuk isi ulang air.

Mempersiapkan P3K, termasuk plester

Sakit memang bukanlah hal yang diinginkan oleh traveler yang sedang traveling. Tapi, alangkah baiknya untuk mempersiapkan hal-hal yang (mungkin) bisa menangani gejala sakit ketika traveling.

Sebelum memutuskan untuk traveling, cek kondisi lingkungan di tempat tujuanmu dan cek kesehatanmu. Bawalah obat yang sekiranya sering kamu gunakan saat mengalami gejala-gejala sakit. Kamu tentu bisa menekan pengeluaran untuk membeli obat ketika traveling.

Plester berguna untuk luka luar yang tidak terduga, misalnya luka kaki karena tergesek sepatu atau luka tangan karena terkena goresan benda tajam, kamu nggak perlu mengeluarkan uang untuk membeli plester.

Membawa buku bacaan yang menurut kamu asik untuk jadi teman perjalanan

Buku bacaan mulai dari novel atau apapun yang (mungkin) kamu suka adalah jembatan yang bisa membuatmu merasa nyaman selama berada pada saat-saat membosankan, misalnya saat menunggu pesawat (atau menunggu jodoh datang).

Kamu akan terpaku dengan bacaan yang asik tanpa perlu beli cemilan atau jajan untuk membuat mood mu up lagi. Well, buku cukup bikin kamu irit selama traveling.

***

Persiapan ini bisa menjadi solusi yang jitu dan ampuh untuk kamu yang sedang ingin irit selama berada di perjalanan. BTW, Jangan lupa juga untuk membawa alat mandi agar bisa menekan pengeluaran ya!


Tinggalkan Komentar

Komentar