Sempat Dilarang Dipelihara, Kini Anjing Jadi Primadona di Kebun Binatang Korea Utara

Unik yah! Kalau di kebun binatang Indonesia, gajah atau pinguin jadi primadonanya.

Echi • August 31, 2016

Berbincang tentang Korea Utara, hal apa sih yang melintas dibenakmu? Kalau saya, langsung teringat seramnya Kim Jong Un dan senjata nuklir Korea Utara.

Sikap tertutup Korea Utara dari dunia luar menciptakan image negara yang misterius dan mengerikan.  Tak salah bila banyak orang bertanya-tanya seperti apakah kehidupan mereka di sana? Apakah mereka hidup normal selayaknya kita?


Baca juga:


Kalau kamu berpikir masyarakat di sana misterius, kamu salah. Mereka hidup bahagia dan tidak sedikitpun memperlihatkan gurat kesedihan. Bahkan baru-baru ini, warga Korea Utara mempunyai tempat wisata ‘baru’, yaitu Pyongyang Central Zoo. Sebenarnya, Pyongyang Central Zoo bukanlah kebun binatang yang benar-benar baru. Hanya saja, Pyongyang Central Zoo baru saja selesai direnovasi.

Uniknya, anjing jadi primadona di kebun binatang Pyongyang Central Zoo

kebun binatang korea utara

foto berasal dari sini

Menurut saya hal ini sungguh unik. Jika di Indonesia, orang-orang lebih tertarik melihat gajah, pinguin, jerapah, beruang, atau harimau, warga Korea Utara justru sangat antusias dengan anjing-anjing lucu, seperti anjing schnauzers, German shepherds, Shih Tzus dan Saint Bernards

Ternyata, warga Korea Utara sempat dilarang memelihara anjing

kebun binatang korea utara

Foto berasal dari sini

Warga Korea Utara lebih mengenal anjing untuk dikonsumsi, bukan dipelihara. Ternyata, hal itu dipengaruhi sejarah panjang. Puluhan tahun silam, pemerintah Korea Utara pernah mengeluarkan larangan pemeliharaan anjing. Lalu, pada 1989, larangan tersebut dihapuskan oleh Kim Jong Il.

Nah, tahun 2011, anjing dilarang dipelihara lagi. Larangan memelihara anjing berkaitan dengan permasalahan kesehatan. Namun, semenjak Korea Utara dipimpin oleh Kim Jong Un, warga diperbolehkan memelihara anjing lagi. Hanya saja, anjing-anjing modern yang diimport dari Eropa yang boleh dipelihara.


Baca juga:


Sama seperti kita, warga Korea Utara juga suka foto-foto menaiki unta saat liburan di kebun binatang

kebun binatang korea utara

foto berasal dari CNN.com

Meski anjing jadi pusat perhatian, atraksi menaiki unta juga jadi favorit warga Korea Utara. Mereka pun terlihat berfoto bersama unta.

Lihatlah, mereka begitu bahagia bisa bertemu dan ‘bercengkerama’ dengan Kuda Nil

kebun binatang

Foto berasal dari sini

Begitulah potret kebahagiaan segerombolan remaja Korea Utara yang menyaksikan kuda nil. Bahagia yang sederhana bukan?

Tidak lupa, mereka pun memotret sang raja hutan melalui kamera ponsel

kebun binatang korea utara

Foto berasal dari CNN.com

Sayangnya, mereka tidak bisa bebas mengunggah hasil foto di semua media sosial. Karena beberapa bulan lalu, pemerintah Korea Utara memblokir beberapa situs ternama yaitu Facebook, Youtube, dan Twitter. Uniknya, warga Korut masih bisa bermain instagram.

Tua ataupun muda terlihat sangat antusias melihat miniatur Dinosaurus

kebun binatang korea utara

Foto berasal dari sini

Natural History Museum yang menjadi bagian Pyongyang Central Zoo menampilkan miniatur dinosaurus dan hewan-hewan purba lainnya. Jika melihat foto tersebut, mereka terlihat antusias dengan hal ini.

***