11 Kerja Part Time Ini Bisa Jadi Pilihan Untuk Nambah Modal Traveling

Echi • September 12, 2016

Kita pasti setuju jika kendala terbesar saat traveling adalah permasalahan keuangan. Apalagi untuk kita mahasiswa yang hidup di perantauan, hidup jauh dari orang tua.

libur panjang bromo

Foto oleh Erin Ariane

Memang benar, menabung adalah tips jitu buat bisa jalan-jalan. Permasalahannya butuh berapa puluh purnama supaya tabungan kita cukup? Sedangkan uang tabungan kita saja hanya berasal dari sisa uang jajan setiap bulan.

Kita membutuhkan penghasilan tambahan di luar uang jajan, dengan cara bekerja part time. Nggak usah khawatir nggak ada lowongan pekerjaan. Karena kita bisa menciptakan pekerjaan itu sendiri. Cobalah tips cari uang untuk traveling berikut ini:

1. Kalian Bisa Jualan Produk di Layanan Online

Foto diambil dari sini

Foto diambil dari sini

Tren gaya hidup masyarakat sekarang cenderung ke arah online digital. Semua orang menjual barang dagangannya di media online. Kalian bisa mengikutinya.

Jualan online nggak harus mempunyai modal besar lho. Kalian cukup modal smartphone dan internet. Bagaimana caranya? jadilah drop shipper. Kalian cukup mencari toko online yang siap menerima drop shipper. Satu barang yang terjual bisa mendapat keuntungan mulai 10 ribu rupiah. Biasanya, toko-toko konveksi dan sepatu sangat welcome dengan para drop shipper. 

Drop shipper adalah penjual yang tak harus mempunyai stok barang

2. Bisa Memotret? Jual Foto Saja

cari uang

Kalau bisa manfaatkan skill yang kalian miliki untuk cari uang. Jika kalian suka fotografi, kalian bisa jualan foto di website penyedia jasa jual beli fotografi.

Kalau nggak, jadi selebgram saja. Branding instagrammu sebaik mungkin. Tentukan tema yang unik. Sebagai langkah awal, beli followers. Tapi, harus diimbangi dengan hasil jepretan yang instagrammable ya.

Sudah banyak orang yang menghasilkan uang dari instagram. Kalian bisa mencontoh mereka.

3. Jago design ? Bikin Kaos kelas atau komunitas, boleh juga tuh

cari uang

Buat kalian yang sangat jago desain t-shirt, jualan t-shirt lumayan menjanjikan lho. Satu t-shirt saja bisa untung hingga 20-30 ribu rupiah bahkan lebih.

Bagaimana cara mendapatkan konsumen? Sasaran awal, coba tawarkan hasil desain kalian pada komunitas di kampus atau jurusan atau anak-anak SMA. Selain menawarkan desain secara offline, mulailah membangun branding t-shirt di online.

4. Kamu ahli statistika? Bisa buka Jasa Pengolahan Data

cari uang

Cari uang dari membuka jasa pengolahan data statiska. Biasanya nih, keahlian anak statistika sangat dibutuhkan pada masa-masa skripsi. Manfaatkan keahlian itu untuk mendapatkan uang tambahan. Tarif jasa penghitungan statiskan bermacam-macam. Bulan Maret lalu saya harus merogoh uang sebesar 150.000 rupiah untuk satu kali pengolahan data.

Tentukan target pasar. Jangan promosi pada mereka mahasiswa semester awal. Promosi jasa penghitungan statitiskan pada mahsiswa semester atas. Yang perlu diperhatikan, jurusan mereka. Jangan promosi terima jasa statistika pada mereka mahasiswa jurusan matematika. Itu sama saja menegakkan benang basah.

5. Sangat suka kopi? Coba jadi barista di cafe dekat kampus

cari uang

Foto berasal dari sini

Kalian yang suka kopi bisa melawar menjadi barista di cafe dekat kampus. Tawarkan keahlian kalian ini pada warung kopi yang baru saja buka. Penghasilan barista perbulan tergantung warung kopi tersebut. Kisaran 1 juta perbulan bisa lah.

Bila kalian mempunyai banyak modal, bukalah warung kopi. Mendirikan warung kopi itu nggak mudah. Butuh konsistensi yang tinggi, modal yang besar, sewa ruko yang mahal, dan passion pada bidang itu. Bila kalian masih setengah-setengah dan belum mantap, mungkin bisa mencoba menjadi barista terlebih dahulu atau membuka stand kopi di acara car free day.

6. Bisa membuat kerajinan tangan? Jualan suvenir kado ultah dan wisudaan saja!

cari uang

Pernah lihat para mahasiswa jual boneka wisuda? Ide yang menarik. Kalau kalian mampu membuatnya, buatlah variasi kado wisuda. Jangan hanya boneka. Carilah ide menarik lainnya.

Kalian juga bisa mengembangkan ide ini menjadi usaha pembuatan kado untuk selingkuhan atau untuk mantan terindah. Misalnya, pembuatan boneka bertuliskan “RIP MANTAN”.

Keuntungan: sekitar 2o-30 ribu per boneka

7. Ada yang jurusannya kependidikan? Jadi guru les saja

cari uang

Foto berasal dari sini

Buat para calon guru, pekerjaan ini paling mudah dilakukan. Jadi guru les itu memang mudah. Hanya saja, kalian harus pandai menentukan tarif. Jangan mau bila dibayar rendah. Jual mahal. Itu salah satu kunci sukses menjadi guru les agar berpenghasilan tinggi.

Penghasilan: minimal 50 ribu per berangkat

8. Suka nulis? Kamu cocok jadi kontributor tulisan di Phinemo deh

cari uang

Phinemo menerima kontributor penulis lho. Kalian bisa mengirimkan tulisan perjalanan kalian di phinemo.com.

Nggak semua artikel yang kalian kirim akan diterbitkan. Tim Phinemo akan menentukan mana artikel yang layak terbit mana yang tidak. Dan kalian akan memperoleh kompensasi untuk setiap artikel yang terpilih.

Penghasilan : 50 – 150 ribu per artikel

9. Nggak punya keahlian? Buka jasa loak kertas saja

cari uang

foto berasal dari sini

Banyak sekali ide usaha untuk menghasilkan uang tambahan. Bila kalian nggak cocok dengan beberapa ide usaha sebelumnya, kalian bisa mencoba terima jasa jual beli atau loak kertas bekas skripsi.

Setiap tahun, pasti ada saja mahasiswa yang skripsi. Daripada kertas bekas skripsi nganggur, kalian bisa membeli kertas dan menjualnya kembali. Mungkin usaha sampingan ini kurang keren, tapi apalah artinya keren, yang penting halal.

Keuntungan : 500 rupiah per kilo

10. Suka Masak? Bisa jualan tahu bulat

cari uang

Foto berasal dari sini

Mumpung masih hits, manfaatkan keahlian memasakmu untuk jualan tahu bulat. Bila kalian membutuhkan modal, bisa meminjam di Pegadaian. Syaratnya nggak ribet, hanya membutuhkan KTP saja.

Pegadean menerima barang apapun yang bernilai tinggi. Misalnya, lepotop, kamera, TV, emas, dan lain-lain. Bunga yang diberikan Pegadaian pun tergolong ringan.

Keuntungan : kisaran 1000 rupiah per bungkus

11. Daftar jadi anggota MLM

cari uang

Foto berasal dari sini

Ingin mempunyai banyak uang hanya dengan kerja di kost-kostan? Daftar jadi anggota MLM saja. Cukup dengan modal uang pendaftaran sebesar 49.900 rupiah kalian bisa mendapatkan mobil honda CRV, kapal pesiar, dan pesawat tempur.

Hati-hatilah dalam memilih MLM. Nggak semua MLM itu money game. Nggak semuanya penipuan. Yang pasti, bila memutskan menjadi anggota MLM, kalian harus mempunyai bermodal “berani malu”.

Penghasilan: Tak terhingga, biasanya penghasilan berasal dari level keanggotaan

12. Pandai Bahasa Asing? Jadi Translator saja

Cari uang

Foto berasal dari sini

Translator merupakan pekerjaan sampingan yang memberikan penghasilan cukup besar. Menerjemahkan 1 lembar artikel Inggris – Indonesia paling murah 20 ribuan. Bila kalian menerjemahkan 50 halaman, dalam satu kali pekerjaan bisa mendapatkan uang sebesar 1 juta rupiah!

Selain itu, manfaatkan keahlian bahasa asing kalian untuk mengajar bahasa asing secara privat. Apalagi bisa mengajar TOEFL. Bayaran yang akan kalian dapatkan jauh lebih besar dari translator.

Penghasilan:

Guru privat bahasa asing: mulai 100 ribu rupiah / pertemuan

Guru TOEFL  : mulai 100 ribu rupiah / pertemuan

 

***
Penghasilan yang didapatkan setiap orang akan berbeda-beda. Menyesuaikan skill, UMR daerah, dan faktor-faktor lainnya.

 

Baca Juga:


Promoted Video : Phinemo Class #2



Tinggalkan Komentar



Artikel Terkait



Penawaran Terbaru