Tips Kerja di Luar Negeri Saat Anda Kehabisan Uang Ketika Traveling

Kehabisan uang saat traveling? Tak perlu bingung, kerja di luar negeri saja! Berikut lowongan kerja di luar negeri untuk backpacker.

Wike Sulistiarmi • April 25, 2016

 

kerja-di-luar-negeri

Backpacker bekerja sebagai petani. Sumber foto dari youtube.

Keluar dari pekerjaan dan memutuskan untuk keliling dunia sudah banyak dilakukan oleh para pecandu traveling. Tapi, bagaimana jika kondisi keuangan semakin menipis saat berada di negeri asing sedangkan kita butuh uang untuk terus bertahan hidup?

Jangan khawatir, kehabisan uang bukan akhir dari perjalanan panjang. Anda bisa kerja di luar negeri untuk mencukupi kebutuhan.

Berikut beberapa situs yang menyediakan pekerjaan bagi Anda:

1. Jobaroo

Jika Anda memutuskan untuk mengambil Working Holiday Visa di  Australia, Jobaroo akan membantu Anda untuk menemukan pekerjaan sesuai dengan keahlian. Situs ini menyediakan banyak pilihan pekerjaan untuk para backpacker.

Jika Anda tak ingin bekerja, Anda bisa memilih untuk mengikuti program volunteering. Memang tak bisa menghasilkan uang, tapi Anda bisa menghemat biaya hidup. Dan tentu berkesempatan memperoleh pengalaman yang tak terlupakan.

2. Backpackerjobboard

Jika Jobaroo dikhususkan untuk mereka pemegang Working Holiday Visa, maka situs yang satu ini diperuntukan untuk para backpacker.

Backpackerjobboard mengklaim menyediakan 1000 lowongan pekerjaan untuk para backpacker yang berada di Australia. Jika beruntung, Anda bisa menemukan pekerjaan yang bisa dikerjakan di luar Australia. Misalnya, menjadi seorang penulis artikel lepas.

Setiap hari mereka memposting info lowongan pekerjaan terbaru. Tipe pekerjaan yang diberikan pun bermacam. Ada yang menawarkan pekerjaan fulltime, part time, casual, dan  temporari. Deskripsi pekerjaan sudah dijabarkan dengan sangat jelas. Beberapa lowongan pekerjaan juga sudah menampilkan jumlah gaji yang akan diterima.

Jika Anda tertarik, Anda bisa langsung mendaftar pekerjaan secara online.

3. Backpackerboard

Jika Anda sedang terdampar di New Zealand dan kehabisan uang untuk pulang kembali ke Indonesia,  situs ini bisa jadi solusi. Anda bisa coba mencari pekerjaan part time di backpackerboard.co.nz.

Banyak tawaran pekerjaan part time untuk para backpacker. Mereka juga menyediakan pekerjaan dengan waktu yang singkat. Lowongan yang ditawarkan sangat sesuai untuk backpacker.

4. Gapwork

Berita tewasnya dua backpacker di Ekuador karena kehabisan uang sebulan yang lalu, tak semestinya terjadi. Jika memang membutuhkan uang dan sedang berada di luar negeri, lebih baik Anda mencari pekerjaan untuk bertahan hidup. Situs gapwork menyediakannya untuk Anda.

Situs ini menyediakan banyak lowongan pekerjaan untuk backpacker di berbagai negara. Dimanapun Anda berada tak perlu takut kekurangan uang. Anda bisa bekerja sesuai dengan minat dan skill Anda.

5. Workaway

Terkasang, tak melulu permasalahan tipisnya keuangan saat traveling harus diselesaikan dengan mencari pekerjaan. Menjadi volunteering untuk menghemat keuangan bisa menjadi solusi lainnya.

Situs workaway merupakan situs yang menyediakan pekerjaan sebagai volunteer bagi para traveler. Anda akan mempunyai host dan Anda bertugas membantu pekerjaan host Anda.

Namanya saja volunteer, jadi jangan mengharapkan upah untuk setiap pekerjaan Anda. Upah itu akan digantikan dengan pengalaman yang lebih berharga dari sekadar nilai beberapa lembaran kertas. Anda akan merasakan bagaimana hidup seperti warga lokal. Lagipula, jika pekerjaan Anda bagus dan sifat Anda menyenangkan, host tak akan segan memberi beberapa bonus semisal makan, minum bahkan mungkin berupa uang.

***

Favorit saya? Backpackerjobboard lebih fleksibel dan santai. Namun, mendaftarkan diri sebagai anggota workaway juga tak buruk. Anda akan mendapat banyak pengalaman berharga yang tak ternilai dengan uang. Pilihan ada di tangan Anda.