Tips Traveling Murah Untuk Para Backpakcer

Bila Anda ingin mendapatkan pengalaman backpacking yang murah namun tetap nyaman, ikuti tips berikut ini agar Anda bisa menghemat pengeluaran Anda.

Ghozali Qodratullah • May 31, 2016


tips traveling murah

Traveling ala backaper merupakan sebuah cara yang memang ramah dengan isi dompet. Foto dari sini

Tanggal muda maupun tanggal tua sekarang tidak begitu berpengaruh terhadap hasrat untuk bepergian. Karena untuk pergi tidaklah selalu dibutuhkan dana yang banyak, namun hanyalah diperlukan dana yang cukup. Dana yang cukup merupakan dana yang sesuai dengan gaya traveling kita dan tentu saja tidak boros dalam penggunaanya.

Traveling dengan memilih cara yang murah adalah pilihan, apalagi bagi beberapa kalangan, traveling murah bisa disenut sebagai  gaya hidup. Karena traveling tidak harus selalu pergi jauh, tidak harus tidur di hotel, tidak harus membawa oleh-oleh, atau tidak harus makan kuliner khas yang mahal. Seperti yang dilakukan oleh para backpacker.

Konsep dasar traveling ala backpacker sendiri menurut saya selalu memperhatikan beberapa hal ini:

Transportasi apapun yang penting sampai, tidur dimanapun yang penting bisa merem, minum apapun yang penting haus hilang, makan apapun yang penting kenyang, baju apapun yang penting sopan.

Untuk memenuhi 5 konsep tersebut Anda dapat mengikuti tips berikut ini:

1. Carilah Teman Saat Traveling

Pergi bersama teman merupakan cara yang termudah untuk membagi dana yang keluar selama melakukan perjalanan. Dana yang bisa dibagi dua adalah semisal sewa penginapan, sewa motor, atau makan siang dengan menu yang berbeda agar bisa saling cicip.

2. Hubungi Kenalan

Memiliki teman di berbagai kota merupakan salah satu anugrah bagi para backpacker. Hubungi mereka untuk sekedar mendapatkan jemputan dari stasiun atau mendapat tempat tinggal gratis selama sementara. Andaikan mereka belum bisa membantu dalam kegiatan traveling mereka, sempatkanlah untuk berkunjung ke rumahnya atau bertemu di kedai kopi, mungkin saja lain kali Anda akan diberi tumpangan.

3. Pilih Penginapan yang Murah

Bila Anda terpaksa menginap di penginapan, carilah yang murah dan aman, atau penginapan yang memang khusus untuk bakcpacker semisal satu kamar dengan 8 tempat tidur. Lupakan fasilitas pendukung seperti televisi atau kolam renang. Karena yang Anda perlukan hanyalah tidur dan mengisi ulang tenaga beragam perlatan elektronik Anda. Mungkin Anda bisa juga menjajal penginapan gratis untuk para backpacker di Kota Malang.

4. Pilih Waktu dan Tempat Makan yang Tepat

waktu makan penting dalam urusan dana makan selama traveling. Usahakan memundurkan jam sarapan guna mendekatkan dengan jam makan siang. Sehingga Anda bisa berhemat untuk dana makan hari tersebut.

Kurangi beli jajan, karena akumulasi dana untuk beli jajan bisa lebih mahal dari beli nasi rames satu piring. Tempat makan yang paling hemat adalah warung sederhana yang mudah kita temui di pinggir jalan. Makanan yang hangat dan aneka ragam lauk yang bisa kita ambil sendiri merupakan sebuah nikmat bagi seorang bakcpacker yang ingin menghemat pengeluaran perjalanannya.

5. Hindari Traveling di Akhir Pekan

Akhir pekan akan menaikkan harga tiket angkutan tertentu dan beberapa harga sewa kamar penginapan. Paling jelas saat weekend adalah jumlah pengunjung pada suatu lokasi akan membuat Anda merasa bahwa bukanlah Anda sendiri saja yang piknik pada hari tersebut.

6. Survey

Melakukan pencarian data sebelum menuju ke suatu lokasi amat penting untuk dapat mendapatkan rancangan kegiatan dan perkiraan dana yang dikeluarkan. Bisa juga Anda mencari sebuah lokasi yang memang disesuaikan dengan ketersediaan dana Anda untuk traveling pada saat itu.

7. Buatlah Rencana

Rencana merupakan hal yang penting dalam sebuah perjalanan. Jangan sampai Anda mengalami kehabisan dana saat berada di tengah-tengah traveling. Rencana akan memaksa Anda menuruti daftar kegiatan yang telah Anda susun. Rencana yang baik akan membuat pengeluaran dana Anda selama perjalanan tetap dalam kendali.

8. Catat Pengeluaran

Bawalah sebuah buku catatan kecil untuk mencata pengeluaran apa saja yang telah Anda keluarkan. Ini bertujuan untuk memberitahu kepada diri Anda sendiri apakah Anda boros atau terlalu berhemat.

9. Bawa Uang Receh

Recehan sangat berguna ketika Anda melakukan traveling, minimal untuk membayar toilet atau membantu kasir sebuah warung yang kehabisan recehan. Coba kumpulkan recehan yang ada di kamar Anda saat ini, hitunglah.

10. Bawa Minum dan Makanan Sendiri

Membawa minuman dan makanan sendiri selain lebih yakin akan kebersihannya, juga akan menghindarkan Anda dari mahalnya harga makanan dan minuman saat berada di lokasi wisata. Membawa botol minuman sendiri juga akan membuat Anda bisa mengisi ulang air minum selama perjalanan.

11. Pergi Sendiri, Kurangi Pakai Agen Wisata

Inilah kegunaan dari survei dan membuat rencana perjalanan, Anda akan merasa bisa dalam mengatur segala keperluan traveling Anda tanpa bantuan agen wisata. Agen wisata memang mengambil keutungan dari jasa yang ditawarkan karena mempermudah kita agar tidak merasa kerepotan dalam urusan traveling. Traveling tanpa agen wisata juga akan memberikan keleluasaan dalam hal waktu dan aktivitas yang sesuai dengan diri Anda.

12. Perjalanan Malam

Ini adalah salah satu cara untuk mengurangi dana sewa penginapan. Perjalanan malam akan membuat Anda menginap di dalam bus yang sedang berjalan. Oleh karena itu pastikan Anda merasa nyaman ketika tidur di dalam bus, sehingga ketika sampai di terminal kota tujuan Anda maka tidak ada lagi yang namanya mengantuk.

13. Belanja Sebagai Daftar Kegiatan terakhir

Belanja merupakan salah satu kegiatan yang akan menguras dana Anda saat traveling, namun ketika memang ada dana lebih dan dirasa cukup, maka belanja bisa menjadi sebuah kegiatan yang akan menutup perjalanan Anda dengan membawa kenangan. Jangan lupa untuk membeli oleh-oleh untuk mereka yang menanti kepulangan Anda.

 

Baca Juga:


Tinggalkan Komentar

Komentar