Terowongan Kereta Api dengan Pemandangan Paling Indah di Pulau Jawa

Kereta keluar dari terowongan Saksaat. Foto / flickr

Saat Anda melakukan perjalanan menggunakan kereta api di Pulau Jawa ada beberapa terowongan yang akan Anda jumpai. Memang, Anda tak akan melihat penampakan luar terowongan kereta api tersebut. Namun, siapa sangka, dari luar, terowongan kereta api tersebut menampilkan pemandangan yang memukau mata.

Berikut beberapa terowongan kereta api dengan pemandangan indah yang akan Anda temui di sepanjang Pulau Jawa;

Terowongan Sasaksaat

terowongan kereta api dengan pemandangan indah

Terowongan Sasaksaat, salah satuterowongan kereta api dengan pemandangan indah. Foto / flickr

Salah satu terowongan kereta api dengan pemandangan yang indah adalah Terowongan Sasaksaat. Terowongan ini bisa Anda jumpa saat melakukan perjalanan dari Jakarta ke Bandung dan sebaliknya.

Baca juga: Jokowi resmikan KA Minangkabau Express, berikut jadwal dan tarifnya

Terowongan sepanjang 949 meter ini terletak di Desa Sumurbandung, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat dan termasuk dalam wilayah DAOP II Bandung.

terowongan kereta api dengan pemandangan indah

Kereta keluar dari terowongan Sasaksaat. Foto / flickr

Terowongan yang dibangun pada tahun 1902–1903 ini merupakan tulang punggung transportasi Jakarta – Bandung yang berada di daerah patahan.

Terowongan Kebasen

terowongan kereta api dengan pemandangan indah 1

Terowongan Kebasen menjadi salah satu terowongan legendaris.

Terowongan Kebasen terletak di Desa Notog, Kecamatan Patikraja, Kabupaten Banyumas. Anda akan melewati terowongan ini jika melakukan perjalanan dari Jakarta ke Surabaya. Terowongan ini memiliki panjang 79 meter dengan jalur yang melengkung, sehingga ujung terowongan tidak terlihat.

Terowongan Notog baru

terowongan kereta api dengan pemandangan indah 2

Terowongan Notog baru masih dalam pengerjaan. Foto /dok PT PP (persero) Tbk

Terowongan kereta api dengan pemandangan indah selanjutnya adalah Terowongan Notog baru. Terowongan ini terletak berdekatan dengan Terowongan Kebasen, tepatnya di Desa Notog, Kecamatan Patikraja, Banyumas. Terowongan ini menghubungkan antara Cilacap dan Purwokerto.

Menariknya, Terowongan Notog baru merupakan proyek terowongan double track pertama di Indonesia dengan panjang 471 meter yang menggunakan metode NATM (New Austrian Tunnel Method).

Terowongan Ijo

terowongan kereta api dengan pemandangan indah 3

Terowongan Ijo terletak sepanjang 590 m, Kebumen. Foto / lenterajogja.com

Setelah melewati Terowongan Kebasen dan Notog, Anda akan mendapati Terowongan Ijo dengan panjang 580 meter. Terowongan ini terletak di Desa Bumiagung, Kecamatan Rowokele, Kabupaten Kebumen di bawah wilayah Daerah Operasi V Purwokerto.

Terowongan Ijo dibangun pada tahun 1985-1986 menembus pegunungan kapur di daerah Gombong Selatan. Dari arah barat, terowongan ini akan Anda lalui sebelum tiba di Stasiun Gombong.

Baca juga: Seluk beluk kereta wisata mewah di Indonesia

Terowongan Mrawan

terowongan kereta api dengan pemandangan indah 5

Terowongan Mrawan (Foto/zudi)

Terowongan Mrawan ini sangat tak asing bagi pejalan yang kerap melakukan perjalanan Surabaya – Banyuwangi. Saat memasuki daerah Jember, Anda akan melewati terowngan bernama Terowongan Mrawan. Kereta yang melewati terowongan ini antara lain KA Sri Tanjung dan KA Mutiara Timur.

Terowongan Mrawan terletak di perbatasan Banyuwangi–Jember, tepatnya di Desa Sidomulyo, Kecamatan Silo, Kabupaten Jember, dengan panjang 620 meter. Pembangunan terowongan ini selesai pada tahun 1910, setelah kurang lebih 10 tahun masa pengerjaan.

Terowongan Karangkates atau Dwi Bhakti Karya

terowongan kereta api dengan pemandangan indah 6

Terowongan Bhakti Karya, terowongan kereta api dengan pemandangan indah yang akan Anda lewati saat naik kereta Malang-Blitar.

Terowongan Karangkates atau dikenal juga dengan Terowongan Dwi Bhakti Karya diresmikan pada 6 April 1968. Terowongan ini berada pada jalur lintasan Malang-Blitar, dan tak jauh dari Stasiun Sumberpucung.Terowongan ini memiliki panjang 550 meter.

Menariknya, terowongan ini merupakan terowongan kereta api pertama di Indonesia yang selesai pembangunannya setelah kemerdekaan Indonesia.

Dapatkan ulasan menarik tentang kereta api dan tulisan Lain dari Echi

Tags:

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar