Sidebar

Tidak Bisa Daftar Akun di KAI Access? Begini Solusinya

Masih banyak ditemui keluhan-keluhan teknis terkait penggunaan aplikasi KAI Access. Salah satu yang paling sering adalah tidak bisa daftar akun KAI Access.

SHARE :

Ditulis Oleh: Taufiqur Rohman

KAI Access merupakan aplikasi resmi yang dikeluarkan oleh PT Kereta Api Indonesia selaku pengelola jasa transportasi perkeretaapian di Indonesia. Tujuan dari pembuatan aplikasi KAI Access yaitu untuk memudahkan proses pemesanan tiket kereta api, sehingga calon penumpang tidak perlu lagi datang langsung ke stasiun.

KAI Access melayani pemesanan berbagai tiket kereta, mulai dari kereta antar kota (Intercity Train), kereta lokal (Local Train), bahkan hingga kereta bandara (Airport Train). Pre-order makanan sudah bisa dilakukan di KAI Access. Kelebihan lainnya, aplikasi ini juga melayani hal lain, seperti proses reschedule atau refund dengan persyaratan khusus.

Dalam perjalanannya, aplikasi KAI Access tidak selamanya mulus. Masih saja banyak ditemui keluhan-keluhan teknis terkait penggunaan aplikasi ini. Salah satu yang paling sering terjadi adalah tidak bisa daftar akun KAI Access, meskipun sudah mencantumkan identitas lengkap. Hal tersebut bisa terjadi karena beberapa alasan, berikut diantaranya.

1. Identitas Sudah Digunakan

Satu identitas hanya bisa digunakan untuk mendaftar satu akun saja di aplikasi KAI Access. Identitas ini mencakup, nomor identitas (KTP/SIM), alamat email, dan nomor telepon. Aplikasi akan mendeteksi secara otomatis jika dengan tidak bisa melanjutkan proses pendaftaran akun jika terdapat data identitas yang telah terdaftar sebelumnya.

Jika hal tersebut terjadi, anda bisa menggunakan identitas lain dengan alamat email atau nomor telepon alternatif. Jika sebelumnya mendaftar dengan identitas KTP, maka untuk yang kedua gunakan identitas pada SIM, kartu pelajar, atau Paspor.

2. Identitas Kurang Tepat

Identitas yang dimasukkan sebagai syarat pendaftaran akun di KAI Access haruslah tepat. Nomor identitas KTP haruslah berjumlah 16 digit, jika ada satu digit saja yang terlewat maka proses registrasi tidak akan bisa dilanjut. Oleh karena itu, isi semua identitas secara teliti dan benar. Kesalahan kecil dapat berakibat fatal, karena KAI Access tidak memiliki fitur edit Profil.

3. Tidak Mendapat Email Verifikasi

Sistem buatan manusia terkadang bisa saja melakukan kesalahan. Kadang saat proses registrasi akun, pendaftar tidak mendapatkan email verifikasi sehingga akun yang baru saja didaftarkan tidak bisa diaktifkan. Fatal memang, karena jika identitas sudah terinput dalam sistem KAI Access maka tidak bisa lagi digunakan untuk mendaftar kembali.

Solusi untuk permasalahan ini, anda harus meminta bantuan dari pihak KAI Access dengan menghubungi Customer Service melalui telepon di nomor 121 atau (021) 121, email cs@kai.id. Dapat juga melalui Direct Message Twitter resmi PT KAI di @kai121.

4. Email Salah

Setelah proses registrasi selesai, untuk mengaktifkan akun di KAI Access harus melalui link yang dikirimkan oleh pihak aplikasi melalui email. Bagaimana jika email yang didaftarkan salah? Sudah pasti link dalam email verifikasi tidak akan pernah sampai kepada anda, dan akun anda tidak akan bisa diaktifkan. Sekali lagi, harus teliti dalam mengisi identitas diri.

Masalah ini hanya dapat diselesaikan dengan meminta bantuan dari pihak ketiga, Customer Service KAI Access di nomor telepon (021) 121, email cs@kai.id, dan Direct Message Twitter di @kai121.

Pihak PT Kereta Api Indonesia memang sengaja tidak memberikan fitur edit profil pada aplikasi KAI Access. Pengguna hanya bisa mengganti alamat rumah saja di halaman Profil KAI Access. Edit Profil ditiadakan demi untuk menghindari penyalahgunaan data oleh pihak-pihak lain yang tidak bertanggungjawab. Demikian solusi untuk permasalahan tidak bisa mendaftar akun KAI Access.

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

5 Pantai Pasir Pink Paling Indah di Dunia, Salah Satunya Ada di Indonesia

Kampung Pecinan di Indonesia Ada di Setiap Kota, Kenapa Begitu?

Indonesia Resesi Ekonomi Bulan Depan, Bagaimana Nasib Pariwisata?

10 Destinasi Wisata Terpopuler di Dunia, Bali Peringkat Pertama Asia

5 Hotel Terbaik Dunia yang Ada di Indonesia, Langganan Artis Holywood

Amanwana Resort, Glamping Super Mewah di Pulau Terpencil Sumbawa

FALLBACK
The END