Taman Nasional Lorentz, Serpihan Surga di Timur Indonesia

Taman Nasional Lorentz, serpihan surga dari timur Indonesia (Instagram/@tim_vdwerf).

Taman Nasional Lorentz merupakan sebuah kawasan lindung terbesar di Asia Tenggara dengan luas wilayah mencapai 2,4 juta Ha. Taman Nasional Lorentz berlokasi di Provinsi Papua dan telah ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1999. Hingga saat ini, Taman Nasional Lorentz belum sepenuhnya berhasil dipetakan karena terdapat beberapa titik yang belum terjamah manusia.

Nama Lorentz pada Taman Nasional Lorentz diambil dari nama seorang penjelajah asal Belanda, Hendrikus Albertus Lorentz. Lorentz pertama kali menjelajah di kawasan taman nasional ini pada tahun 1909. Taman Nasional Lorentz menjadi satu dari tiga kawasan lindung di dunia yang memiliki gletser abadi di daerah tropis.

(Instagram/@indonesianwonders)

Puncak Tertinggi di Indonesia

Taman Nasional Lorentz merupakan perwakilan dari ekosistem terlengkap untuk keanekaragaman hayati di Asia Pasifik. Terdapat satu titik tertinggi di Indonesia dengan gletser abadi yang berada di kawasan Taman Nasional Lorentz. Titik tersebut adalah Puncak Jaya (5030 mdpl) yang masuk dalam rangkaian Pegunungan Jayawijaya.

Wilayah Taman Nasional Lorentz dikenal memiliki ekosistem paling beragam di dunia. Dalam bentangan spektrum ekologis terdapat ekosistem vegetasialpin, sub-alpin, montana, sub-montana, dataran rendah, dan lahan basah. Tercatat terdapat lebih dari 34 ekosistem yang meliputi hutan rawa, hutan tepi sungai, hutan sagu, hutan gambut, pantai pasir karang, hutan hujan lahan datar/lereng, hutan kerangas, dan padang rumput.

(Instagram/@ramadhopradapta)

Habitat Satwa Langka

Kawasan Taman Nasional Lorentz menjadi habitat bagi beragam satwa endemik yang terdiri atas 630 jenis burung dan 123 jenis mamalia. Beberapa spesies burung paling terkenal di Taman Nasional Lorentz adalah kasuari, cendrawasih, dan puyuh salju. Sedangkan spesies mamalia diantaranya kuskus, kanguru pohon, kanguru tanah, dan babi rusa.

(intronesia.com)

Ingin mengadakan perjalanan wisata tapi malas repot ngurus ini itu? Tak perlu khawatir, Phinemo Marketplace hadir menyelasaikan permasalahan anda. Ratusan paket wisata dalam dan luar negeri dari tour opertaor terpercaya di Indonesia telah terdaftar di halaman Phinemo Marketplace. Tunggu apalagi, cek selengkapnya di >> Paket Wisata Phinemo Marketplace.

Dapatkan ulasan menarik tentang papua dan tulisan Lain dari Taufiqur Rohman

Tags: ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar