5 Taman Nasional Terindah di Indonesia yang Harus Kamu Kunjungi

Taman Nasional Baluran, salah satu taman nasional terindah di Indonesia (Instagram/@banyuwangi.id)

Indonesia sebagai negara tropis memiliki jumlah taman nasional yang cukup banyak di dunia, tercatat lebih dari 50 taman nasional tersebar dari Sabang hingga Merauke. Taman nasional didefinisikan sebagai kawasan pelestarian alam yang keberadaannya dilindungi oleh Undang-Undang.

Taman nasional dibangun untuk melindungi kelestarian flora dan fauna langka yang mendiaminya. Beberapa taman nasional memiliki keindahan alam yang sangat luar biasa. Berikut Phinemo telah merangkum lima taman nasional terindah di Indonesia.

1. Taman Nasional Komodo, NTT

Taman Nasional Komodo mencakup tiga pulau besar di Nusa Tenggara Timur (NTT) yaitu Pulau Komodo, Pulau Rinca, dan Pulau Padar. Total luas wilayah Taman Nasional Komodo adalah 1817 kilometer persegi dengan luas daratan 603 kilometer. Taman Nasional Komodo menjadi habitat utama bagi satwa langka komodo. Kawasan Taman Nasional Komodo didominasi oleh vegetasi padang savanna.

2. Taman Nasional Baluran, Jawa Timur

Taman Nasional Baluran masuk dalam wilayah administratif Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Situbondo. Taman Nasional Baluran merupakan habitat bagi beberapa satwa langka seperti banteng, merak, macan kumbang, ajak, dan kucing bakau. Nama Baluran diambil dari sebuah gunung yang tinggi menjulang di kawasan taman nasional ini. Taman Nasional Baluran didominasi oleh vegetasi padang savanna yang luas dan keindahan tiada duanya.

3. Taman Nasional Wakatobi, Sulawesi Tenggara

Taman Nasional Wakatobi terletak di Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara. Taman nasional ini ditetapkan pada tahun 2002 yang bertujuan untuk melindungi berbgai macam keanekaragaman hayati laut yang meliputi spesies ikan dan karang langka. Total luas wilayah Taman Nasional Wakatobi mencapai 1,39 Ha.

4. Taman Nasional Lorentz, Papua

Taman Nasional Lorents terletak di Provinsi Papua dengan total luas wilayah 2,4 juta Ha dan menjadi taman nasional terluas di Asia Tenggara. Taman nasional ini masuk dalam situs warisan dunia UNESCO sejak tahun 1999. Keunikan utama Taman Nasional Lorentz terletak pada keberadaan salju abadi di puncak Gunung Jaya Wijaya. Beberapa satwa langka yang berhabitat di taman nasional ini adalah kasuari, kanguru pohon, dan kanguru tanah.

5. Taman Nasional Teluk Cendrawasih, Papua Barat

Taman Nasional Teluk Cendrawasih merupakan taman nasional perairan laut terluas di Indonesia yang meliputi Pulau Mioswaar, Nusrowi, Roon, Rumberpon, dan Yoop. Taman nasional ini memiliki keindahan alam pesisir yang sangat luar biasa dari ekosistem pantai, mangrove, terumbu karang, dan hutan tropis dari daratan Papua. Keunikan Taman Nasional Teluk cendrawasih terletak pada keberadaan hiu paus yang mendiami perairan lautnya.

Dapatkan ulasan menarik tentang taman nasional dan tulisan Lain dari Taufiqur Rohman

Tags: ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar