Sidebar

Siapa Bilang Traveling Bikin Boros? Saya Menjadi Kaya. Ini Buktinya!

Nggak percaya? Buktiin sendiri gih,

SHARE :

Ditulis Oleh: Echi

kaya1/ka·ya/ a: mempunyai banyak (mengandung banyak dan sebagainya)

Sering bertemu orang baru di perjalanan telah membuatmu menjadi sosok yang kaya akan teman

Nggak peduli berapa umurmu, kamu berteman dengan siapapun. Foto berasal dari femina.in

Pernah nggak sih kamu berkenalan dengan orang yang baru saja ketemu saat naik gunung ataupun sedang backpacking? Pasti pernah kan ya? Nah, semakin kamu sering traveling, kamu jadi punya banyak teman. Malahan, banyak teman saya yang mengaku kalau teman yang dikenal diperjalanan, kini menjadi teman dekat dan partner traveling. Wih, seru!

Permasalahan yang muncul saat di perjalanan akan memupuk kedewasaan dan memperkaya hatimu

Traveling memaksamu untuk menyelami diri sendiri. Foto berasal dari pinterest

Coba deh sekarang kamu ingat-ingat lagi, pernah nggak kamu mengalami masalah saat traveling? Kecopetan lalu ketinggalan pesawat mungkin?

Jika sudah terjadi seperti itu, kamu sendirilah  yang menyelesaikannya. Entah bagaimana caranya, akhirnya kamu berhasil mengatasi persoalan pelik itu. Secara tidak langsung, kamu telah melewati ujian hidup untuk menjadi seseorang yang lebih sabar dan berbesar hati menghadapi masalah.

Bukan hanya hati saja yang kaya, tapi kamu juga kaya pengetahuan

Jadi semakin rajin membaca kan? Foto berasal dari http://www.uitp.org/

Sudah tidak bisa dipungkiri bahwa traveling bisa membuat seseorang memiliki banyak pengetahuan. Contoh hal yang paling simple adalah saat pembuatan rencana perjalanan atau itinerary.

Membuat itinerary itu nggak mudah lho. Kamu harus banyak melakukan riset dan menggali informasi sebanyak-banyaknya. Nah, yang tadinya kamu nggak tahu apa-apa, sekarang kamu jadi tahu kan? Yah, bisa dibilang kalau kamu ‘dipaksa’ membaca informasi seputar destinasi tujuan untuk membuat itinerary. Meski demikian, toh kamu juga kan yang untung, kamu menjadi banyak tahu sekarang.

Kamu juga kaya akan cerita

Termasuk cerita horor saat traveling! Hii… Foto berasal dari www.mnn.com

Berapa taman nasional yang kamu kunjungi? Suku mana saja yang sudah kamu jumpai? Bahasa mana saja yang sudah kamu kuasai? Keluar dari zona nyaman membuatmu kaya pengalaman. Pengalaman traveling adalah cerita yang nggak akan hilang dan sesungguhnya, pengalaman adalah dongeng terbaik untuk anak-anakmu kelak.

Lidahmu telah ‘menjelajah’ di banyak daerah, tidak heran kamu kaya rasa

Mark Wiens bisa jadi contohnya. Foto berasal dari shop.polynesia.com

Sepertinya hampir tidak mungkin melewatkan untuk mencicipi makanan khas pada daerah yang kita kunjungi. Meski kamu memilih menu makanan yang sudah umum (bukan makanan khas), tapi tetap saja cita rasanya berbeda.

Sebagai contoh adalah mie ayam. Racikan bumbu mie ayam Jogja tentu beda dengan mie ayam Jakarta. Mie ayam jogja lebih manis dengan kuah yang pekat dan kental. Nah, dari satu kota dan satu makanan saja sudah punya 2 diferensiasi rasa.

Berinteraksi dengan banyak orang dari berbagai daerah adalah cara cepat untuk memperkaya bahasa

Si mas bule traveler pakai kaus khusus traveling. Foto berasal dari http://www.cct-seecity.com/

Baru traveling keliling pulau saja, kamu bisa belajar banyak bahasa daerah. Ketika kamu jalan-jalan di Bandung, kamu akan sering mendengar kata sapa “teteh”, di Bangka orang akan menyapa kamu “ayu”, sedangkan di Jawa Tengah “mbak” menjadi kata sapaan untuk perempuan yang akrab di telinga.

Gimana kalau keliling dunia? Berapa kata yang akan kamu pelajari? Tak terhingga.

Seriously, traveling membuatmu kaya budaya

Foto Booze traveler sedang bersama warga lokal. Foto berasal dari http://www.travelchannel.com/

Contohnya, saat kamu mengunjungi Sumba, kamu akan dijamu dengan sirih dan harus memakannya. Karena itu adalah bentuk penghormatan kepada tamu. Sepele, tapi kamu nggak akan tahu bagaimana rasanya bila tidak membuktikannya sendiri.

Traveling akan membuatmu menjadi orang yang beneran kaya. Literary rich man!

Bisa kaya kayak si mas bule lho. Foto berasal dari sini youtube Learn English Through Stories

Sekarang, orang-orang mulai menganggap traveling sebagai kebutuhan. Buktinya, bisnis di bidang traveling mulai ramai di pasar. Nah, kamu bisa memanfaatkan itu untuk mencari uang sambil traveling.

Pekerjaan di bidang traveling yang bisa menambah isi dompetmu misalnya penulis, fotografer, videografer, dan penyedia jasa open trip. Bila menjalani profesi itu dengan konsisten, bukan tidak mungkin kamu jadi orang kaya dari jalan-jalan.

***

Jadi, ketika ada seseorang yang menjudge kamu boros karena traveling terus, mungkin mereka tidak memahami arti kata kaya yang sesungguhnya.

 

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

7 Benda Sepele Tapi Bermanfaat yang Bisa di Bawa Saat Traveling

Cara Menulis Travel Journal, Mengabadikan Momen Traveling Selamanya

7 Barang Aneh dan Unik untuk Traveling yang Ternyata Sangat Bermanfaat

Benda Wajib yang Harus Dibawa Saat Traveling ke Luar Negeri

Tips Traveling untuk Ibu Hamil, Wanita Wajib Paham

7 Jenis Penyakit Saat Traveling dan Cara Mengobatinya

FALLBACK
The END