Saya Introvert dan Susah Cari Teman Perjalanan, Ini yang Saya Lakukan

Kamu Traveller Introvert pasti merasakan betapa susahnya mencari teman perjalanan. Berikut ini tips untuk mencari teman perjalanan!

Wike Sulistiarmi • July 13, 2016

Meskipun bisa keliling dunia, rasanya akan hampa jika harus menikmatinya sendirian. Kehadiran teman perjalanan selalu menjadi pelengkap yang tak pernah tergantikan. Saat handphone mati, kamera mati, tak ada uang, teman perjalanan adalah seseorang yang bisa menyelamatkanmu dari kebosanan dan beberapa kesulitanmu saat di perjalanan.

Bagi seseorang yang mudah berbaur, mencari teman perjalanan adalah hal yang mudah. Namun, berbeda dengan orang-orang introvert, menemukan seorang teman perjalanan adalah hal yang rumit. Yap, saya juga merasakannya.

Bagi seorang introvert menikmati kesendirian lebih menyenangkan, tapi terkadang mereka ingin membunuh waktu bersama seorang teman perjalanan

traveller introvert

Foto dari sini

Untuk bisa mencari teman perjalanan, pertama kamu harus mulai mengenali dirimu sendiri. Ratapi kesenangan-kesenangan yang bisa kamu nikmati saat sendiri dan saat bersama teman. Manusia lambat laun akan menuju ketiadaan, nantinya kamu akan merasakan dingin sendiri di kuburmu. Apa kamu tak ingin menikmati kebersamaan saat masih bernapas di muka Bumi ini? Menikmati keindahan dunia bersama teman perjalanan.

Mulailah untuk membagikan ceritamu di media sosial, kamu akan mengenal banyak orang di seluruh dunia

traveller introvet

Foto dari sini

Untuk bisa dianggap ada oleh orang yang ada di sekitarmu, cobalah muncul di media sosial. Seringlah membagikan ceritamu di Facebook, Twitter, Path, Google+, atau akunmu yang lain.

Berbaurlah dengan cara ini agar kamu memiliki topik pembicaraan saat tidak sengaja bertemu dengan beberapa teman di jalan. Dengan memulai mengungkapkan perasaanmu di media sosial, ini akan melatihmu menjadi seseorang yang ekspresif terhadap sesuatu. Kamu akan mudah mendapatkan teman dan mudah bergaul dengan orang baru yang mungkin bisa menjadi teman perjalananmu.

Baca juga:

Bergabung menjadi anggota komunitas backpacker, jalan-jalan, dan semacamnya untuk bertemu secara langsung dan membuat rencana perjalanan dengan mereka

traveler introvert

Foto dari sini

Jika sudah latihan berkomunikasi dengan media sosial, cobalah untuk praktik langsung dengan bergabung di berbagai komunitas jalan-jalan untuk bisa langsung bertemu, mendengar berbagai tips dan rekomendasi terpercaya perjalananmu.

Meskipun tergolong orang yang susah untuk berkomunikasi dengan orang lain, bergabung dengan komunitas lebih efektif dibandingkan dengan ikut-ikutan jasa open trip yang tidak jelas. Di Komunitas, kamu juga dianggap keluarga.

Ketika kamu sudah menemukan banyak teman dari Medsos dan Komunitas, suara bising mereka [mungkin] mengganggu. Tapi, inilah kebersamaan, nikmati!

traveller introvert

Foto dari sini

Namanya juga teman, brisik adalah hal biasa saat kumpul dengan teman-teman. Mengenang masa lalu dan menertawakan kekonyolan adalah cara teman menghargaimu. Se-introvet nya kamu, pamali meninggalkan teman-teman saat mereka sangat menikmati waktu bersamamu. Coba nikmati ritmenya, kamu akan terbiasa dengan kebiasaan mereka.

Jika memang dirasa membuatmu terganggu, ajaklah beberapa teman saja saat traveling. Pilih teman yang menurutmu sesuai dengan kepribadianmu jika tidak ingin pergi traveling sendirian.

Jangan pendam keinginanmu, sering-seringlah  mengeluarkan pendapatmu saat di perjalanan. Teman perjalanan akan senang jika kamu bisa diajak berdiskusi

traveller introvert

Foto dari sini

Syarat mendapatkan dan mempertahankan hubunganmu dengan teman perjalanan adalah dengan berkomunikasi dengan mereka. Komunikasi akan membuatmu menjadi seseorang yang asik dan tidak membosankan saat berada di perjalanan.

Tentu mereka akan merasa dihargai dan dianggap ada jika kamu memperlakukan mereka dengan baik. Mereka tidak akan kapok jika kamu ajak untuk traveling. Kamu akan memiliki teman perjalanan yang setia menemanimu.

***

Jangan buat sifat tertutup kamu menjadikanmu sulit menemukan teman perjalananmu. Teruslah berusaha dan keluar dari zona nyamanmu untuk menemukan teman perjalanan yang sesuai dengan kepribadianmu.

Baca juga:

Rekomendasi