Inilah Perbedaan Vila, Bungalow dan Resort yang Perlu Kamu Ketahui

Ubud View Bungalow. (Foto/Reservasi)

Ketika kita tengah mencari penginapan untuk bermalam, kerap kali kita dihadapkan pada pilihan untuk menginap di hotel, vila, bungalow dan resort ataupun jenis-jenis penginapan yang lain.

Namun sudahkah kamu mengetahui sebenarnya apa saja yang dimaksudkan dari jenis-jenis penginapan tersebut? Apakah sama antara hotel dan vila, bungalow dan resort, atau ada hal-hal spesifik lain yang membedakan kesemuanya?

Baca Juga: Sudahkah Anda Mengetahui Apa yang Dinamakan Boutique Hotel Itu?

Berikut adalah ulasa singkat mengenai penginapan berbentuk vila, bungalow dan resort yang wajib Kamu tahu dan bikin wawasanmu akan hal ini kian terbuka lebar.

Vila

bungalow dan resort

Vila Trinity di Lembang, Bandung (Foto/Agoda)

Tipe penginapan yang akan kita bahas pertama adalah Vila. Vila adalah rumah hunian yang biasanya berbentuk rumah perorangan dan biasanya disewakan untuk tempat tinggal sekaligus berlibur.

Berbeda dengan hotel, di mana kamu bisa menyewa hanya satu kamar saja. Untuk tipe penginapan vila ini, Kamu harus menyewa keseluruhan bangunan.

Vila biasanya terletak di daerah yang jauh dari keramaian, hawanya sejuk dan suasananya asri. Misalnya di daerah pegunungan atau pantai, maupun di dekat lokasi wisata.

Penginapan bertipe vila ini sangat cocok bagi Kamu yang mencari suasana tenang dan privat saat berlibur. Keasrian dan kesejukan hawa sekitar villa sangat cocok untuk menyegarkan pikiran.

Tempat ini juga menjadi pilihan yang paling pas jika Kamu liburan bersama dengan banyak orang seperti keluarga atau sahabat.

Vila juga biasanya dilengkapi dengan berbagai fasilitas hiburan seperti taman bermain, pemancingan, fasilitas olahraga, dan sarana hiburan lainnya.

Bungalow

bungalow dan resort

Ubud View Bungalow. Sumber foto

Tipe penginapan selanjutnya adalah Bungalow. Penginapan jenis ini biasanya berupa bangunan berbentuk rumah-rumah ataupun pondok-pondok yang bangunannya terpisah.

Bungalow berasal dari kata ‘bangla’ dari bahasa Bengali (Benggala Barat, India). Bungalow ini merujuk pada desain arsitekturnya, di mana bangunan bungalow biasanya memiliki arsitektur tradisional, dengan atap rendah, dengan beranda yang luas.

Bungalow juga biasanya hanya terdiri atas satu lantai dan tidak ada lorong-lorong dalam desain bangunannya. Bungalow ini sejarahnya banyak digunakan sebagai tempat peristirahatan di musim panas. Biasanya banyak dibangun di daerah pantai dan pegunungan.

Bungalow juga biasa berlokasi di tempat yang jauh dari pusat keramaian dan menawarkan keindahan alam dan nuansa yang asri dan menyejukkan.

Resort

bungalow dan resort

The Valley Resort Hotel (Foto/Trip Advisor)

Resort adalah tipe penginapan jenis hotel yang mengedepankan unsur rekreatif, baik berupa sarana olahraga, hiburan, ataupun tempat belanja.

Biasanya resort ini dibangun di daerah yang memiliki pemandangan alam yang indah seperti daerah pantai atau pegunungan.

Baca Juga: Awarta Nusa Dua Luxury Villas & Spa, Boutique Hotel Terbaik Dunia di Bali

Berbagai sarana seperti kolam renang, taman bermain, hingga pusat perbelanjaanpun ada dalam resort. Hal itu disediakan agar para pengunjung termotivasi melakukan berbagai hal seru baik di dalam maupun luar ruangan.

Dalam segi arsitektur, biasanya resort lebih menonjolkan sisi seni dan tradisional. Fasilitas yang tersedia antara lain misalnya lapangan tenis, lapangan golf, ruang spa, jogging track, taman bermain anak, dan sebagainya.

Dapatkan ulasan menarik tentang penginapan dan tulisan Lain dari Himas Nur

Tags: ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar