Sidebar

Menjelajah Pesona Little India di Kampung Madras Medan

Kampung Madras di Medan ini menandakan bahwa Indonesia kaya akan beragam budaya dan sejatinya rukun dan toleran terhadap perbedaan yang ada.

SHARE :

Ditulis Oleh: Himas Nur

Kampung Madras atau yang dahulu disebut Kampung Keling merupakan sebuah kawasan seluas 10 hektare di Medan dan merupakan kampung India terbesar yang ada di sana.

Diketahui bahwa Medan merupakan salah satu kota multietnik yang ada di Indonesia, Berbagai macam etnik, suku dan budaya hidup rukun di Medan.

Baca Juga: Sapo Juma Medan, Destinasi Wisata Bunga Bunga Berlatar Danau Toba

Diantara berbagai suku yang menetap di Medan, Kampung Madras inilah yang cukup unik karena dihuni oleh para warga yang berketurunan India.

Kampung unik ini terletak diantara dua kecamatan yakni kecamatan Medan Petisah dan Medan Polonia. Kampung Madras ini tak hanya merupakan perkampungan yang dihuni oleh masyarakat keturunan India, melainkan bangunan serta budayanya juga sangat khas India.

Bangunan khas India di Kampung Madras

kuil tertua yang ada di perkampungan India Medan (Instagram/yusantaavi)

Beragam destinasi khas ¨Little India¨ yang ada di Kota Medan tersedia di sini. Salah satu yang populer adalah Kuil Shri Mariamman.

Kuil ini berada di jalan Teuku Umar nomor 18. Dibangun pada tahun 1881 dan menjadi tempat ibadah umat Hindu serta merupakan ikon dari perkampungan India ini.

Kuil ini juga menjadi latar lokasi untuk beragam acara-acara besar tertentu atau keagamaan yang dilakukan oleh warga etnis India Tamil.

toko baju khas India ada pula di Little India Medan (Foto/djangki.file.wordpress.com)

Bangunan-bangunan lain yang khas India bisa Anda temukan melalui kawasan perniagaan seperti toko-toko baju yang ada di perkampungan ini. Salah satu yang menarik adalah adanya toko baju khas India yang dapat Anda temukan saat jalan-jalan ke wilayah ini.

Wisata budaya dan kuliner juga tersedia

Tak hanya destinasi bangunan, melainkan budaya dan wisata kuliner di kawasan Kampung Madras ini pantas untuk Anda jajal bagi Anda yang penasaran menikmati India yang ada di Indonesia.

Festival Holly khas India yang dirayakan di Kampung Madras Medan (Instagram/festivalholly)

Baca Juga: Menjelajah Destinasi Wisata Eropa Kecil di Sawahlunto, Sumatra Barat

Salah satu budaya khas India yang juga dirayakan di ¨Little India¨ milik Medan ini adalah Perayaan Deepawali dan Festival Holi yang populer.

Adanya berbagai destinasi khas negara maupun etnis lain selain Indonesia, seperti Kampung Madras di Medan ini menandakan bahwa tanah air ini kaya akan beragam budaya dan sejatinya rukun dan toleran terhadap perbedaan yang ada.

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

The Le Hu Garden, Tempat Terasyik untuk Lari dari Keriuhan Kota Medan

Aras Napal, Wisata Alam di Kawasan Taman Nasional Gunung Leuser

Bukit Holbung Medan, Panorama Bukit Teletubbies di Samosir Toba

Sapo Juma Medan, Destinasi Wisata Bunga Bunga Berlatar Danau Toba

Hits! Kawah Putih Medan, Destinasi Baru Incaran Milenial

Spot Instagramable di Medan yang Cocok Dikunjungi Saat Cuaca Tidak Menentu

FALLBACK
The END