Kisah Pendaki Tersesat, Dari yang Selamat Hingga Tidak Ditemukan

Kisah pendaki tersesat, dari yang selamat hingga tidak ditemukan (Instagram/@

Bukan rahasia lagi jika hampir setiap gunung di Indonesia memiliki kisah mistis dibalik keagungan dan keindahannya. Masyarakat Jawa sangat percaya bahwa Gunung merupakan tempat bersemayamnya para leluhur dan dewa dalam ajaran Hindhu sehingga sangat dikeramatkan. Para pendaki yang berniat menaklukkan puncak pun dituntut untuk menjaga tata krama selama pendakian sebagai bentuk penghormatan kepada mereka yang tak kasat mata.

Banyak kasus pendaki yang akhirnya menemui celaka akibat tidak bisa menjaga tata krama selama melakukan pendakian. Beberapa diantaranya berhasil selamat, sebagian lagi meregang nyawa bahkan ada yang tidak ditemukan hingga sekarang. Kasus pendaki Thoriq Rizki yang hilang di Gunung Piramid beberapa waktu lalu membuat kembali viralnya kisah-kisah pendaki yang hilang di gunung.

Berikut disajikan beberapa kisah pendaki tersesat di gunung dari yang selamat hingga yang tidak ditemukan sampai sekarang.

1. Galih Andika (Gunung Bawakaraeng)

Galih Andika pertama kali dilaporkan terpisah dengan rombongan ketika berada di Pos 6 dari Puncak ke Kampung Lembana pada 9 Februari 2019 yang lalu. Selama tujuh hari Basarnas melakukan penelusuran untuk mencari keberadaan Galih Andika namun hasilnya nihil. Setelah 15 hari dinyatakan hilang, Galih Andika kemudian ditemukan dalam kondisi meninggal dunia di hulu tenggara sungai Gunung Bawakaraeng. Jenazah Galih Andika pun hanya tersisa tulang belulang saja.

2. Fatur Rohman (Gunung Sumbing)

Fatur Rohman merupakan Kelurahan Kambowa, Kecamatan Kambowa, Kabupaten Buton Utara yang ditemukan meninggal di Gunung Sumbing pada 5 April 2019. Fatur Rohman meninggal karena mengalami hipotermia parah di puncak Gunung Sumbing. Jenazah Fatur Rohman ditemukan dibawah Puncak Rajawali di atas ketinggian 3.371 mdpl.

3. Safiq Fadilah (Gunung Slamet)

Safiq Fadilah menemui celaka karena terpleset ke jurang sedalam tujuh meter di sekitar puncak Gunung Slamet pada 26 Sepetember 2018 lalu. Safiq Fadilah terpeleset di bebatuan di kawasan batu merah yang terkenal sangat rawan bagi para pendaki. Proses evakuasi membutuhkan waktu cukup lama yaitu sekitar satu jam. Safiq Fadilah mengalami luka di bagian pelipis karena terbentu batu saat terjatuh.

4. Muhammad Ainul Takzim (Gunung Rinjani)

Muhammad Ainul Takzim ditemukan tak bernyawa setelah tertimbun longsor di Gunung Rinjani setelah beranjak dari Danau Segara Anak. Longsor yang terjadi di Gunung Rinjani terjadi karena gempa yang mengguncang Pulau Lombok. Akibat longsor tersebut sebanyak 333 pendaki terjebak di puncak Gunung Rinjani dan tidak bisa turun.

5. Alvi Kurniawan (Gunung Lawu)

Alvi Kurniawan merupakan warga Magelang yang dinyatakan hilang setelah melakukan pendakian di Gunung Lawu. Laporan mengenai hilangnya Alvi Kurniawan diterima Basarnas pada 31 Desember 2019. Selama hampir 23 hari pencarian, Alvi Kurniawan tidak ditemukan hingga kini. Pencarian Alvi Kurniawan ditutup pada 24 Januari 2019 setelah pihak keluarga mengikhlaskan.

Dapatkan ulasan menarik tentang pendakian dan tulisan Lain dari Taufiqur Rohman

Tags: ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar