Gunung Piramid Bondowoso Bukan untuk Pendaki Amatir

Gunung Piramid Bondowoso bukan untuk pendaki amatir (Instagram/@wisatajatim.co).

Beberapa waktu lalu, kabar tentang hilangnya Thoriq Rizky selama 12 hari di Gunung Piramid Bondowoso sempat menghebohkan publik Indonesia. Thoriq dinyatakan hilang sejak 23 Juli 2019 dan ditemukan dalam kondisi meninggal dunia di jurang sedalam 400 meter pada 5 Juli 2019 sore. Berbagai spekulasi terkait penyebab hilangnya Thoriq pun banyak bermunculan, mulai dari sulitnya medan pendakian hingga kisah mistis yang melatarbelakanginya.

Usut punya usut, Gunung Piramid nyatanya bukanlah gunung yang mudah untuk ditaklukan. Dengan ketinggian 1.521 mdpl, Gunung Piramid memang tidak terlalu tinggi jika dibandingkan gunung-gunung lainnya . Namun permukaan Gunung Piramid yang sangat curam dengan jurang terjal di sisi kanan dan kirinya membuatnya sangat berbahaya bagi pendaki amatir.

Gunung yang terletak di Desa Ardisaeng, Kecamatan Pakem, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur ini sekilas memang mirip dengan piramida. Gunung Piramid masih termasuk bagian dari Gunung Argopuro, lokasinya berada di tengah diapit oleh Gunung Salak, Gunung Saeng, dan Gunung kerincing. Dari puncak Gunung Piramid, pemandangan alam dari pegunungan lain akan tampak sangat indah.

Menuju Puncak Gunung Piramid harus melewati jalur pendakian yang sangat curam dan menantang. Kemiringan perbukitan di Gunung Piramid mencapai 45-80 derajat. Para pendaki juga masih harus melewati jalur setapak dengan kultur trek bebatuan dan berpasir. Saking ngerinya, jalur trek ini dijuluki sebagai ‘Punggung Naga’ karena bentuknya berkelok, terjal, dan sempit lengkap dengan jurang disisi kanan dan kirinya.

Meskipun cukup ekstrem namun tetap saja banyak para pendaki yang mati-matian menaklukan puncak Gunung Piramid. Bagi anda yang berniat mendaki puncak Gunung Piramid pastikan untuk melakukan persiapan yang matang. Ajak serta guide lokal atau rekan yang sebelumnya pernah mendaki Gunung Piramid agar tidak terjadi hal tak diinginkan. Gunung Piramid masih sepi pengunjung sehingga tidak disarankan untuk melakukan pendakian di malam hari.

Estimasi waktu pendakian yang ditempuh dari perkampungan warga menuju camping ground berkisar 2,5-3 jam perjalanan. Dari camping ground menuju puncak Gunung Piramid membutuhkan waktu 1-2 jam perjalanan. Sementara untuk turun kembali menuju perkampungan warga membutuhkan waktu yang lebih lama yaitu 3-4 jam karena medan yang terjal dan sukar dilalui.

Dapatkan ulasan menarik tentang gunung piramid dan tulisan Lain dari Taufiqur Rohman

Tags: , ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Iklan Anda Klik Untuk Daftar