4 Gunung untuk Upacara Kemerdekaan Paling Aman, Rekomendasi PVMBG

Gunung untuk upacara paling aman rekomendasi PVMBG (Instagram/@leroutard).

Besok tepat pada tanggal 17 Agustus 2019, masyarakat Indonesia akan merayakan hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-74. Terdapat banyak cara yang dapat dilakukan untuk menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia, namun kini yang paling populer di kalangan milenial adalah dengan mendaki gunung dan mengadakan Upacara Kemerdekaan Republik Indonesia di puncaknya.

(Phinemo/Sekar Suwardani)

Akhir-akhir ini beberapa gunung berapi memiliki aktivitas vulkanik yang cukup aktif sehingga cukup berbahaya bagi kegiatan pendakian. Menurut data dari PVMBG terdapat setidaknya 22 gunung berapi berstatus di atas normal, sebanyak 18 diantaranya berstatus waspada (Level II) dan empat sisanya berstatus siaga (Level III).

Pihak PVMBG telah mengeluarkan rekomendasi daftar empat gunung yang cocok untuk kegiatan pendakian dalam rangka merayakan HUT Republik Indonesia yang ke-74. Berikut adalah empat gunung tersebut.

1. Gunung Merapi (2930 mdpl)

(Instagram/@dhian_hardjodisastro)

Gunung Merapi merupakan gunung berapi aktif yang terletak diantara Provinsi Jawa Tengah dan Provinsi Yogyakarta. Gunung Merapi tergolong sebagai gunung yang berbahaya karena rutin mengalami erupsi setiap dua hingga lima tahun sekali. Aktivitas vulkanik Gunung Merapi saat ini berada pada status siaga (Level III) menurut PVMBG, kegiatan pendakian sebaiknya tidak mendekati radius 3 km dari puncak kawah.

2. Gunung Sinabung (2460 mdpl)

(Instagram/@mulkannasution)

Gunung Sinabung merupakan gunung berapi aktif yang terletak di Dataran Tinggi Karo, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Gunung Sinabung tercatat pernah beberapa kali mengalami erupsi, terakhir pada 9 Juni 2019 lalu dengan ketinggian kolom abu mencapai 7000 meter. Aktivitas vulkanik Gunung Sinabung saat ini berada pada status siaga (Level III) menurut PVMBG, kegiatan pendakian sebaiknya menjauhi radius 3 km ditambah sektoral sampai 5 km dari puncak kawah.

3. Gunung Agung (3031 mdpl)

(Instagram/@sashajuliard)

Gunung Agung merupakan gunung tertinggi yang berlokasi di Pulau Bali tepatnya berada di Kabupaten Karangasem, Bali. Gunung Agung memiliki kawah yang sangat besar dan dalam dengan aktivitas vulknanik yang intens. Bagi masyarakat Bali, Gunung Agung dianggap suci hingga dibangun sebuah tempat peribadatan yakni Pura Besakih di bagian lerengnya. Data dari PVMBG, Gunung Agung berada pada status siaga (Level III) sehingga aktivitas pendakian sebaiknya menjauhi radius 4 km dari puncak kawah.

4. Gunung Bromo (2329 mdpl)

(Instagram/@leroutard)

Gunung Bromo merupakan gunung berapi aktif yang berlokasi di Provinsi Jawa Timur yang sering menunjukkan aktivitas vulkanik yang sangat intens. Meskipun berkali-kali mengalami erupsi di tahun 2019 ini, Gunung Bromo masih tetap aman dikunjungi oleh wisatawan. Berdasarkan keterangan dari PVMBG, saat ini Gunung Bromo berada pada status siaga (Level III). Semua kegiatan pendakian dan pariwisata sebaikanya menjauhi radius 1 km dari puncak kawah.

Dapatkan ulasan menarik tentang gunung indonesia dan tulisan Lain dari Taufiqur Rohman

Tags:

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar