Candi Gedong Songo Semarang adalah situs peninggalan umat Hindu yang dibangun pada abad ke-9. Candi ini terletak di ketinggian 1200 meter di atas permukaan laut, tepatnya di Kecamatan Bandungan yang berhawa sejuk.

Seperti namanya (songo, artinya sembilan), candi ini terdiri dari 9 bangunan candi yang tersebar di lereng Gunung Ungaran. Sayangnya, sekarang hanya tersisa 5 buah candi saja.

Jarak antar candi tidak terlalu jauh, namun jalurnya cukup menanjak. Meski demikian, pengunjung tidak akan terlalu lelah karena sepanjang jalur akan disuguhi cantiknya pemandangan khas lereng pegunungan. Udaranya juga segar dan menyejukkan. Sesekali kabut tipis pegunungan turun. Cocok untuk liburan bersama keluarga atau orang terdekat.

Selain itu pengunjung juga bisa menyewa kuda untuk berkeliling dengan tarif Rp30.000 – Rp80.000- tergantung jarak, berat badan dan hari berkunjung. 

Di sekitar area Candi Gedong Songo terdapat camping ground yang dapat pengunjung manfaatkan untuk camping ceria. Ada juga pemandian air panas mengandung belerang yang bisa digunakan untuk menyehatkan kulit. Pengunjung harus membayar lagi jika ingin berendam di pemandian air panas ini.

Candi Gedong Songo dapat ditempuh menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum, namun harus ekstra hati-hati karena jalanan yang curam menanjak (sekitar 40 derajat). 


Lihat Juga di Sekitar Candi Gedong Songo






goa kreo

Goa Kreo

Curug 7 Bidadari





Rekomendasi Hotel di Semarang