Tak Perlu Bayar, Wisata Gratis Surabaya Ini Bisa Dikunjungi Bersama Keluarga Saat Libur Lebaran

Banyak yang bilang, saat lebaran tiba maka semua harga barang atau punjasa jadi naik berlipat-lipat. Tapi nyatanya tak selalu begitu. Contohnya saja di Surabaya, ada berbagai pilihan destinasi wisata gratis Surabaya yang bisa diakses pemudik atau pun wisatawan saat libur lebaran.

Beberapa wisata gratis Surabaya di antaranya:

1. House of Sampoerna

wisata gratis surabaya

House of Sampoerna Surabaya. Foto: maupiknik.com

House of Sampoerna (HOS) awalnya merupakan panti asuhan yang dikelola oleh pemerintah kolonial Belanda sejak tahun 1862. Tahun 1932 HOS di beli oleh pendiri Sampoerna untuk dijadikan tempat produksi rokok Sampoerna. Kini, HOS menjadi museum napak tilas perjalanan industri rokok kretek di Indonesia, khususnya rokok produksi PT HM Sampoerna Tbk.

Baca juga: Mie Kluntung Pak Yanto, Warung Mie Emperan di Surabaya dengan Cita Rasa Melegenda

Saat berkunjung ke HOS, Anda juga bisa ikut menikmati tour gratis keliling dengan bis merah khas Surabaya Heritage Track milik HOS.

2. Monumen Jalesveva Jayamahe

wisata gratis surabaya

Wisata gratis Surabaya yang wajib dikunjungi. Foto: steemit.com

Tak kalah megah dari Patung Liberty, Monumen Jalesveva Jayamahe atau Monjava menjadi salah satu ikon kebanggaan TNI AL Indonesia. Monumen ini berada di pangkalan TNI AL Ujung, Surabaya. Di bagian dalam terdapat museum yang memperlihatkan beberapa miniatur kapal armada TNI AL dan diorama sejarah perjuangan para pahlawan bahari.

Untuk masuk ke Monjava, Anda harus berpakaian rapi dan mengenakan sepatu. Monjava buka setiap hari Senin sampai Jumat dari pukul 07.00 hingga 15.00 WIB.

3. Air Mancur Menari Jembatan Suroboyo

wisata gratis surabaya

Indahnya air mancur menari di Surabaya. Foto: liputan6.com

Atraksi air mancur  bisa dinikmati setiap hari Sabtu pukul 20.00 hingga 21.00 WIB, alias hanya sekali dalam seminggu selama satu jam saja. Jika tak sempat menikmati air mancur menari ini, pengunjung bisa bersantai di Jembatan Suroboyo sambil menikmati semilir angin dari Pantai Kenjeran.

4. Kebun Bibit Wonorejo

wisata gratis surabaya

Wisata gratis Surabaya di Kebun Bibit Wonorejo. Foto: JejakPiknik.com

Kebun Bibit ini didekasikan sebagai tempat pembibitan, pembuatan pupuk kompos, sekaligus menyediakan sarana ruang terbuka hijau di perkotaan. Di tempat ini adalah terdapatnya danau buatan yang bisa jadi pelepas lelah dan sarana rekreasi wisata alam yang murah meriah. Selain itu, tersedia pula fasilitas area bermain anak-anak.

Kebun Bibit Wonorejo cocok untuk area piknik bersama keluarga.

Baca juga: Kereta Gantung Surabaya Segera Hadir, Wisatawan Bisa Nikmati Keindahan Pesisir Surabaya dari Ketinggian

5. Surabaya North Quay

wisata gratis surabaya

Menikmati senja di Surabaya North Quay. Foto: dgspeak.com

SNQ merupakan bagian dari terminal penumpang Gapura Surya Nusantara. Terminal penumpang yang megah ini kerap dijadikan tempat persinggahan kapal pesiar.

Di SNQ ini terdapat banyak tenan makanan, sehingga pengunjung bisa bersantai sambil menikmati menu makanan yang ada. Setiap Selasa dan Kamis sore digelar penampilan live music yang bisa menambah cozy suasana.

Jika ingin menikmati panorama golden hour saat matahari terbenam, Anda bisa menghadap ke sisi barat SNQ.

Dapatkan ulasan menarik tentang Wisata Murah dan tulisan Lain dari Rizqi Y

Tags: , ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar