Sidebar

Jalan-Jalan ke Luar Negeri Murah? Kunjungi 4 Negara ini

Terdapat beberapa negara dimana mata uang Rupiah Indonesia sangat kuat sehingga tak perlu banyak biaya untuk berlibur dan hidup disana.

SHARE :

Ditulis Oleh: Taufiqur Rohman

Rupiah (Rp.) merupakan mata uang resmi Negara Indonesia yang sudah yang menjadi nilai tukar yang sah dan diakui oleh Undang-Undang. Beberapa waktu belakangan ini, nilai tukar Rupiah semakin menguat walaupun belum bisa mengalahkan Dollar Amerika Serikat. Penguatan ini bisa disebabkan oleh berbgaai faktor salah satunya inflasi.

Dampak penguatan nilai tukar Rupiah menyebabkan semakin rendahnya harga barang-barang yang dibanderol dengan mata uang lain. Terdapat beberapa negara dimana mata uang Rupiah Indonesia sangat kuat sehingga tak perlu banyak biaya untuk berlibur dan hidup disana. Berikut adalah negara-negara tersebut.

1. Sao Tome dan Principe

Sao Tome dan Princeipe merupakan negara yang terletak di kawasan Benua Afrika. Walupun tidak terlalu populer, negara ini bisa jadi pertimbangan saat liburan nanti karena memiliki keindahan pesisir pantai yang sangat memukau. Selain itu di Sao Tome dan Principe masih terdapat beberapa bangunan kuno zaman penjajahan Eropa.

Nilai Tukar Rupiah di Sao Tome dan Principe adalah Rp. 0,62 untuk 1 Dobra. Rendahnya nilai tukar Dobra disini disebabkan karena keterbatasan sumber daya. Biaya sekali makan di restoran mewah umumnya hanya 150 ribu Dobra, jika dalam Rupiah hanya setara Rp. 85 ribu saja. Dengan modal hanya beberapa juta saja, wisatawan Indonesia bisa hidup makmur disini.

2. Vietnam

Vietnam merupakan negara yang terletak di Asia Tenggara yang kini mulai dilirik oleh wisatawan dunia sebagai destinasi impian. Vietnam menawarkan pariwisata sejarah, budaya, dan alam yang beragam. Kota seperti Hanoi, Ninh Binh, dan Ho Chi Minh City kini mulai ramai dikunjungi oleh wisatawan asing.

Mata uang Vietnam menggunakan Vietnam Dong (VND) yang dihargai Rp. 0,6 untuk setiap VND 1. Biaya makan vietnam umumnya VND 15-30 ribu yang setara dengan Rp. 8.800 hingga Rp. 16 ribu saja. Benar-benar sangat murah bukan? Tak heran jika banyak wisatawan Indonesia yang berlibur ke Vietnam.

3. Cambodia

Masih berada satu kawasan dengan Indonesia, Cambodia merupakan negeri yang memiliki banyak sekali bangunan kuno sepeti candi. Destinasi paling populer di Cambodia adalah Angkor Wat, sebuah candi kuno peninggalan kerajaan Hindu kuno di cambodia yang menjadi situs warisan dunia UNESCO.

Cambodia menggunakan mata uang Riel Cambodia yang setara dengan Rp. 3,27. Makan sepuasnya selama seharian di Cambodia hanya perlu mengeluarkan uang Rp. 32 ribu saja. Murah sekali bukan? Wisatawan Indonesia dijamin makmur jika berkunjung ke Cambodia.

4. Kolombia

Salah satu negara di Benua Amerika ini memiliki banyak destinasi wisata yang sayang untuk dilewatkan. Destinasi andalan Kolombia diantaranya Amazon Forest, Tayrona National Park, dan Bogota. Kolombia menggunakan mata uang Peso Kolombia (COP) yang nilainya setara dengan Rp. 4,47. Dengan uang Rp. 50 ribu saja wisatawan Indonesia bisa menyantap makanan enak dengan kenyang. Selain itu wisatawan Indonesia yang berkunjung ke Kolombia akan mendapatkan bebas visa selama 90 hari.

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

Kontroversi Tempat Foto Instagramable Buatan di Destinasi Wisata Alam

6 Tempat Wisata dalam Lagu Didi Kempot, Cocok untuk Sobat Ambyar

7 Wisata Gratis di Jakarta, Bukti Rekreasi Tidak Harus Mahal

7 Destinasi Wisata Indonesia dengan Sejarah Pilu dan Menyeramkan

7 Wisata Belanja Termurah di Dunia yang Menjadi Incaran

6 Destinasi Wisata Banjarnegara Terbaik untuk Liburan

FALLBACK
The END