Wisata Murah Jawa Timur, Cocok Bagi Mahasiswa dengan Budget Pas-pasan

Wisata murah di Jawa Timur yang cocok bagi yang memiliki budget terbatas (Instagram/@mojokertocity).

Jawa Timur menjadi provinsi diujung timur Pulau Jawa yang memiliki keindahan alam yang luar biasa. Beragam destinasi yang terkenal hingga mancanegara ada di Jawa Timur seperti Gunung Bromo hingga Taman Nasional Baluran. Banyak kalangan yang mengimpikan untuk bisa melakukan perjalanan wisata ke Jawa Timur, tak terkecuali mahasiswa.

Mahasiswa sebagai pelajar di perguruan tinggi memiliki tingkat stress yang tinggi, tak heran jika mereka sangat mengimpikan perjalanan wisata. Wisata bagi seorang mahasiswa bukanlah kegiatan yang bisa dilakukan setiap saat mengingat budget yang dimiliki sangat terbatas. Mahasiswa perlu nabung dan membuat perencanaan yang matang terkait perjalanan wisata yang akan dilakukan.

Bagi kamu mahasiswa yang berkeinginan untuk berwisata ke Jawa Timur tak perlu risau, berikut adalah tujuh destinasi wisata murah di Jawa Timur yang bisa dikunjungi.

1. Pantai Klayar

(Instagram/@aryairawankamandanu)

Tak perlu jauh-jauh ke Bali untuk bisa menikmati keindahan Devil’s Tears, di Pacitan Jawa Timur terdapat sebuah pantai yang tak kalah indah bernama Pantai Klayar. Di Pantai Klayar deburan ombak yang menghantam bukit-bukit karang menciptakan cipratan air yang tak kalah indah dengan Devil’s Tears di Bali. Karena lokasi Pantai Klayar yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia membuat ombak di pantai ini cukup ganas.

2. Kawah Ijen

(Instagram/@ibizadvisor_amazing_place)

Kawah Ijen merupakan destinasi wisata alam berupa kawah gunung yang terus mengeluarkan belerang yang terletak di Banyuwangi. Kawah Ijen menjadi salah satu ikon wisata di Jawa Timur. Bagi anda yang ingin melakukan pendakian kecil sembari menikmati keindahan bentang alam Banyuwangi dari atas, kawah ijen sangat pas untuk dikunjungi. Blue fire atau api biru menjadi fenomena unik sekaligus indah yang menjadi atraksi menarik di Kawah Ijen.

3. Candi Penataran

(Instagram/@okyarisandi)

Candi Penataran merupakan sebuah situs purbakala bercorak Hindu yang terletak di Desa Penataran, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Candi Penataran berada disebelah barat daya Gunung Kelud dan berdiri pada ketinggian 450 mdpl. Candi Penataran adalah kompleks candi terluas dan termegah di jawa Timur. Berdasarkan prasasti yang ditemukan, Candi Penataran dibangun pada tahun 1200 Masehi oleh Kerajaan Kediri.

4. Pantai Sukamade

(Instagram/@jelajahtrip)

Pantai Sukamade bukanlah destinasi wisata untuk orang lemah, dibutuhkan perjuangan keras dan waktu tempuh yang cukup lama untuk menjangkau pantai ini. Rute menuju Pantai Sukamade harus melewati hutan rimba selama 3-4 jam hingga sampai di sebuah mes peristirahatan, kemudian dilanjutkan pada malam hari. Berbeda dengan pantai lain yang banyak dikunjungi pagi hingga siang hari, Pantai Sukamade lebih sering dikunjungi saat malam hari untuk melihat penyu-penyu cantik yang menepi di pantai untuk bertelur. Wisatawan akan ditemani oleh seorang ranger dan diwajibkan mengikuti aturan-aturan yang berlaku agar tidak mengganggu penyu bertelur.

5. Air Terjun Coban Rondo

(Instagram/@marthagamal)

Air Terjun Coban Rondo merupakan salah satu destinasi wisata unggulan di Batu, Jawa Timur. Air terjun ini menawarkan kejernihan air yang mengalir deras dari sebuah tebing dan pemandangan alam dari hutan yang indah di sekitar air terjun. Walaupun cuaca sedang panas, namun dengan cipratan air dari Air Terjun Coban Rondo akan terasa sejuk. Di kawasan Air Terjun Coban Rondo juga terdapat sebuah wahana outbond seperti flying fox dan panjat phon yang sangat cocok untuk anak-anak maupun dewasa.

6. Situs Purbakala Trowulan

(Instagram/@mojokerjocity)

Situs Purbakala Trowulan merupakan sebuah ibukota pada zaman Kerajaan Majapahit yang berlokasi di Mojokerto, Jawa Timur. Situs pubakala ini tersebar disejumlah titik di Mojokerto. Bagi kamu yang ingin mengunjungi setiap tempat dari Situs Purbakala Trowulan disarankan untuk menggunkan kendaraan pribadi berupa mobil atau motor.

7. Air Terjun Madakaripura

(instagram/@seenature.id)

Terletak di Probolinggo, Air Terjun Madakaripura mennjadi destinasi unggulan selain Gunung Bromo. Air terjun ini menawarkan keindahan air terjun yang mengalir deras ke bawah menuju ruangan di sebuah gua. Tebing air terjun yang berwarna hijau ditumbuhi lumut dan udara yang menyegarkan menyajikan keindahan yang tiada duanya. Konon dahulu Air Terjun Mandaripura adalah tempat bertapa Patih Gajah Mada dari Kerajaan Majapahit yang kemudian medapatkan moksa.

Dapatkan ulasan menarik tentang jawa timur dan tulisan Lain dari Taufiqur Rohman

Tags: , ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar