7 Wisata Gratis di Jakarta, Bukti Rekreasi Tidak Harus Mahal

Daftar wisata gratis di Jakarta yang membuktikan bahwa liburan tak selamanya harus mahal (radarbogor.id).

Jakarta merupakan megapolitan yang hingga kini masih berstatus sebagai ibukota negara dimana pusat pemerintahan dan perekonomian berada. Sebagai ibukota negara, Jakarta menjadi kota paling populer di Indonesia setelah Bali. Tak mengherankan jika Jakarta menjadi tujuan masyarakat untuk bekerja, sekolah, atau berwisata.

Menjadi sebuah megapolitan, tak dipungkiri bahwa biaya hidup di Jakarta tidaklah kecil. Namun demikian dalam hal pariwisata ternyata tidak melulu harus mahal. Terdapat beberapa destinasi wisata gratis di Jakarta yang bisa anda kunjungi, berikut adalah ulasannya.

1. Kawasan Kota Tua

(Instagram/@rbadarkhoirul)

Kawasan Kota Tua terletak di Jalan Pintu Besar Utara Nomor 27, Pinangsia, Tamansari, Jakarta Barat. Kota Tua merupakan kawasan dengan bangunan-bangunan kuno peninggalan kolonialisme Belanda di Batavia. Setiap hari terdapat berbagai hiburan dan seni jalanan yang dapat dinikmati. Aneka kuliner khas Jakarta juga banyak dijajakan di sepanjang jalan Kota Tua.

2. Monumen Nasional (Monas)

(blog.airpaz.com)

Monumen Nasional (Monas) merupakan salah satu landmark ibukota DKI Jakarta, terletak di Jalan Medan Merdeka Barat Nomor 12, Gambir, Jakarta Pusat. Kawasan Monas sangat cocok untuk jalan-jalan santai, olahraga pagi, atau sekedar menikmati air mancur menari dan berinterksi dengan rusa.

3. Masjid Istiqlal

(madaninews.id)

Masjid Istiqlal merupakan masjid terbesar di Indonesia dengan arsitektur megah yang dapat menampung hingga 200 ribu jamaah. Masjid Istiqlal berlokasi di Jalan Taman Wijaya Kusuma, Pasar Baru, Jakarta Pusat. Terletak tepat di depan Gereja Katedral Jakarta membuatnya menjadi lambang harmonisasi antarumat beragama di Indonesia.

4. Galeri Nasional

(surabaya.bisnis.com)

Galeri Nasional menampilkan berbagai jenis karya seni dari seniman-seniman asli Indonesia mulai dari mural, patung, hingga instalasi yang sangat cocok untuk berswafoto. Salah satu yang menarik di Galeri Nasional adalah ruangan yang menceritakan perkembangan sejarah nasional dari masa kolonialisme hingga sekarang. Galeri Nasional berlokasi di Jalan Medan Merdeka Timur Nomor 14, Jakarta Pusat.

5. Taman Kalijodo

(blog.reservasi.com)

Taman Kalijodo berlokasi di Jalan Bidara Raya Nomor 18, Penjaringan, Angke, Tambora, Jakarta Utara. Taman Kalijodo sangat cocok untuk piknik bersama keluarga. Terdapat beberapa wahana di Taman Kalijodo, beberapa diantaranya yaitu pusat kuliner, arena BMX Track dan Skate Park, Perpustakaan Umum RPTRA, dan aneka spot selfi.

6. Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan

(radarbogor.id)

Perkampungan Budaya Betawi Setu Bababakan terletak di Jalan RM. Kahfi II, Srengseng Sawah, Jakarta Selatan. Tempat ini sangat cocok untuk mengenal lebih dekat budaya Suku Betawi yang menjadi penduduk asli Ibukota Jakarta. Mulai dari seni budaya lokal, bangunan, dialek, seni tari, bahkan hingga musik dapat ditemui disini.

7. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

(travel.kompas.com)

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia berlokasi di Jalan Medan Merdeka Selatan Nomor 11, Jakarta Pusat. Tempat ini merupakan tempat terbaik untuk membaca beragam koleksi buku, mulai dari fiksi hingga ilmiah. Fasilitas yang disediakan pun cukup lengkap seperti kantin, internet gratis, loker, toilet, hingga ruang ibadah.

Ingin mengadakan perjalanan wisata tapi malas repot ngurus ini itu? Tak perlu khawatir, Phinemo Marketplace hadir menyelasaikan permasalahan anda. Ratusan paket wisata dalam dan luar negeri dari tour opertaor terpercaya di Indonesia telah terdaftar di halaman Phinemo Marketplace. Tunggu apalagi, cek selengkapnya di >> Paket Wisata Phinemo Marketplace.

Dapatkan ulasan menarik tentang jakarta dan tulisan Lain dari Taufiqur Rohman

Tags: ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar