Sidebar

Ini Tempat-tempat Wisata di Purwakarta yang Lagi Hits

Tak cuma Skylodge yang populer, Deretan tempat wisata di Purwakarta yang lagi hits ini layak untuk dikunjungi, salah satunya Bukit Panenjoan yang instagramable dan cocok untuk wisata keluarga.

SHARE :

Ditulis Oleh: Rizqi Y

Purwakarta dalam beberapa bulan terakhir selalu ramai jadi perbincangan para pelancong. Salah satu alasannya adalah kemunculan hotel gantung pertama Indonesia yang dibangun di antara tebing Gunung Parang Purwakarta. Ketinggiannya mencapai 400 – 900 mdpl dan tawarkan sensasi menginap yang luar biasa. Banyak pelancong yang lalu merasa penasaran dan ingin melihat langsung hotel ini.

Selain Skylodge Hotel, ada juga sederet objek wisata di Purwakarta yang tak kalah menarik dan sedang hits di kalangan wisatawan. Tempat wisata di Purwakarta yang sedang populer ini misalnya Taman Sri Baduga Situ Buleud, Via Ferrata dan banyak lagi. Nuansa alamnya yang asri membuat objek di Purwakarta ini cocok untuk berlibur dan menjauh sejenak dari hiruk pikuk kota.

Berikut ulasan beberapa tempat wisata di Purwakarta yang lagi hits dan bisa jadi pilihan tempat liburan saat hari libur tiba.

Baca juga: Cara pesan kamar di hotel gantung Purwakarta

1. Taman Sri Baduga Situ Buleud, tempat wisata di Purwakarta yang sedang populer karena air mancurnya yang disebut terbesar di Asia Tenggara

Air mancur di Taman Sri Baduga, tempat wisata di Purwakarta yang sedang populer. Foto oleh @taufik_sofany

Namanya Taman Air Sri Baduga, air mancur taman air yang disebut layak disandingkan dengan Time of Wings Singapura.

Air mancur ini diklaim menjadi yang terbesar di Asia Tenggara.

Taman Air Mancur Sri Baduga kini memiliki kurang lebih 100 pipa yang bisa memancarkan air setinggi 10 meter. Pipa air tersebut mengelilingi taman air berluas 2 hektar.

Saat malam, tempat ini berhiaskan kerlap-kerlip lampu dengan paduan warna yang cantik, dan juga musik yang membuat air ‘menari’ mengikuti irama.

Baca juga: Taman Air Mancur Sri Baduga Purwakarta, Air Mancur Terbesar Asia Tenggara

2. Pacu adrenalin dengan menapaki Via Ferrata di Gunung Parang Purwakarta, tebing tertinggi ke-2 se-Asia.

Via Ferrata, salah satu tempat wisata di Purwakarta yang sedang populer. Foto oleh @ti.lova

Tempat wisata di Purwakarta yang lagi hits ini tak pernah sepi dari peminatnya. Via Ferrata sendiri merupakan pendakian yang menggunakan kabel atau kawat baja yang membentang di sepanjang rute dan menempel pada batu. Via ferrata di Gunung Parang adalah yang pertama di Indonesia dan merupakan yang tertinggi ke-2 di Asia.

Baca juga : Ayo Coba Pacu Adrenalin dengan Via Ferrata Tertinggi Ke-2 Asia di Gunung Parang, Purwakarta

Menantang adrenalin di Via Ferrata. Foto oleh @parangviaferrata

Pendakian sekaligus rock climbing di Gunung Parang ini punya tarif Rp275.000 per orang. Mahal? Tidak juga, karena biaya tersebut sudah meliputi makan siang, pemandu dan instruktur, peralatan mendaki yang aman, dan dokumentasi.

3. Menikmati hijaunya alam Purwakarta sambil berenang di Giri Tirta Kahuripan

Lanskap alam dari Giri Tirta Kahuripan. Foto oleh @shidiqmaul

Giri Tirta Kahuripan merupakan sebuah resort yang ada di atas ketinggian Purwakarta, lebih tepatnya 500 meter di atas permukaan laut.

Resort ini tak hanya menyediakan akomodasi berupa kamar hotel, namun juga skypool yang bisa dinikmati oleh para wisatawan meski tak menginap di sana. Dari kolam ini wisatawan bisa berenang sambil menikmati pemandangan alam Purwakarta.

Baca juga: Penginapan Bergaya Baduy Segera Hadir di Purwakarta

Giri Tirta Kahuripan saat malam hari, begitu romantis. Foto oleh @giritirtakahuripanresort

Giri Tirta Kahuripan menjadi salah satu tempat wisata di Purwakarta yang sedang populer, terutama dikalangan para pasangan. Ini karena destinasi Giri Tirta tawarkan nuansa romantis dan cocok untuk berbulan madu.

Wisatawan yang sekadar ingin santai sambil menikmati panorama alam bisa duduk santai di tepi skypool sambil menikmati kopi atau teh panas.

4. Desa Wisata Sajuta Batu yang menyimpan pesona batu raksasa cantik

Desa Wisata Sajuta Batu. Sumber foto

Tempat wisata yang lagi hits di Purwakarta selanjutnya adalah Desa Sajuta Batu. Desa Wisata Sajuta Batu ini berada di Desa Pasanggrahan, Tegalwaru.

Sesuai dengan namanya, desa ini punya banyak batu raksasa yang cantik dan sudah dikembangkan jadi lokasi wisata. Seperti misalnya Gunung Bongkok, Gunung Parang yang sudah tersohor dengan Wisata via ferrata-nya, dan Gunung Salasih.

Batu raksasa cantik di Desa Sajuta Batu. Foto oleh @adhikoo

Selain potensi wisata perbukitan ini, ternyata di kawasan Desa Sajuta Batu ini ada juga destinasi lain yang bisa dieksplor. Misalnya situs telapak kaki Jonggrang Kalapitung, Goa Bolong, Curug Tamiang, Cilangohar, Kampung Batu Buyung, Sawah Terasering (Saung Serang), Kopi Bambu (kuliner) dan Kerajinan Kolotok.

5. Berfoto sambil menikmati udara sejuk di Bukit Panenjoan Purwakarta

Menikmati Purwakarta dari ketinggian. Foto oleh @handayanirini_

Bukit Panenjoan masuk dalam salah satu daftar tempat wisata di Purwakarta yang lagi hits. Bukit Panenjoan ini menyajikan panorama alam yang cantik khas pedesaan, dengan jembatan bambunya yang menjadi ciri khas. Banyak orang yang datang ke sini karena alasan tempat ini begitu instagrammable.

Tak hanya cocok untuk anak-anak muda, tapi Bukit Panenjoan juga cocok untuk wisata keluarga untuk bersantai bersama istri, suami, ayah, ibu, adik, dan anggota keluarga lainnya.

Asyik untuk bersantai dan menikmati keindahan alam. Foto oleh @monicaelvian

Bukit Panenjoan terletak kruang lebih 17 KM dari kota Purwakarta, tepatnya di Kampung Cinangka, Desa Sindang Panon, Kecamatan Bojong, Kabupaten Purwakarta.

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

Skylodge Padjajaran Anyar, Uji Nyali Tidur di Tebing Gunung Parang

Taman Lampion Cantik Purwakarta, Rekomendasi Liburan Akhir Pekan Bersama Keluarga

Keren! Purwakarta Bakal Punya Bioskop Terapung Pertama Indonesia

Selama Ramadhan, Air Mancur Sri Baduga Purwakarta Akan Berhenti Beroperasi

Akan Ada Air Mancur Menari dan Hotel Gantung di Danau Toba

Begini Cara Pesan Kamar di Hotel Gantung Purwakarta

FALLBACK
The END