facebook pixel

Taman Air Mancur Sri Baduga Purwakarta, Air Mancur Terbesar Asia Tenggara

Taman Air Sri Baduga Purwakarta kini menjadi ikon utama kota. Kemegahannya kalahkan Time of Wings Singapura.


taman air mancur sri baduga purwakarta

Foto diambil dari detik

Pernah berkunjung ke Purwakarta? Waduk Jatiluhur, Wisata Alam Ciracas, atau Giri Tirta Kahuripan biasanya menjadi tempat-tempat wajib yang tak boleh dilewatkan.

Kini ada alternatif destinasi lain yang wajib dikunjungi, yaitu Taman Air Sri Baduga. Air mancur taman air tersebut kini layak disandingkan dengan Time of Wings Singapura, bahkan melebihinya. Pada peresmian tahap II-nya Sabtu (9/1) lalu, Taman Air Sri Baduga resmi menjadi air mancur terbesar di Asia Tenggara. Warga Purwakarta, pada umumnya, patut berbangga. Secara khusus, peresmian Taman Air Mancur Sri Baduga menjadi tonggak sejarah baru bagi Indonesia untuk dunia karena anak bangsanya mampu menciptakan karya luar biasa.

taman air mancur sri baduga purwakarta

Foto diambil dari detik

Pada peresmian tahap II. Taman Air Sri Baduga dilengkapi dengan air mancur menari setinggi enam meter, serta papan berbentuk “T” di tengah danau yang diperuntukkan sebagai tempat pementasan tari di sela pertunjukkan air mancur. Untuk melengkapi suasana taman, sorotan lampu laser siap memberi efek untuk memperindah Taman Air Mancur Sri Baduga.

Taman ini dulu dikenal dengan sebutan Taman Situ Buleud, hanya sekadar taman untuk berolahraga pagi atau duduk-duduk santai. Kini Taman Air Sri Baduga telah menjadi taman air mancur yang mirip dengan taman air mancur di Danau Burj Khalifa, Dubai, Uni Emirat Arab. Hingga detik ini, Taman Air Mancur di Danau Burj Khalifa masih memegang rekor sebagai taman terbaik dan terbesar di dunia.

Taman Air Mancur Sri Baduga kini memiliki kurang lebih 100 pipa yang bisa memancarkan air setinggi 10 meter. Pipa air tersebut mengelilingi taman air berluas 2 hektar. Berhiaskan kerlap-kerlip lampu dengan paduan warna yang cantik, dan juga musik yang membuat air ‘menari’ mengikuti irama.

taman air mancur sri baduga purwakarta

Foto diambil oleh Tri Ispranoto (detikTravel)

Taman Air Mancur Sri Baduga akan dibuka untuk umum. Dan bagi pengunjung tidak dipungut biaya untuk menyaksikan pertunjukan ‘tarian’ air mancur.

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertunjukan air mancur di Taman Air Mancur Sri Baduga Purwakarta sebaiknay mengatur waktu wisata menjelang jam pertunjukan.

Pertunjukan air mancur akan digelar rutin setiap hari Sabtu malam pada pukul 19.30 WIB dan berakhir pukul 22.30 WIB.

Jika kamu hanya sekadar ingin menikmati suasana taman air mancur, maka kawasan Taman Air Mancur Sri Baduga akan dibuka secara umum setiap harinya. Pada hari biasa, air mancur tetap akan menyembur tetapi tanpa ada efek tambahan.

Untuk pagi hari dibuka mulai pukul 05.00 WIB hingga 09.00 WIB berbarengan dengan waktu olah raga masyarakat. Adapun pada malam hari kawasan tersebut dibuka sejak pukul 17.00 WIB hingga pukul 19.00 WIB.

banner experience

Rekomendasi