Spot Snorkeling Keren di Jawa yang Wajib Kamu Coba

Semakin sering Kamu menyelam, Kamu akan sadar betapa kayanya Indonesia. Sumber foto

Snorkeling atau sering juga disebut skin diving merupakan aktifitas menyelam di permukaan dengan bantuan alat masker selam, snorkel, dan terkadang juga kaki katak. Kalau Kamu pernah melihat alat yang berbentuk huruf J dengan pelindung mulut di bagian ujung bawahnya, maka itulah yang disebut snorkel. Alat ini bermanfaat sebagai jalan masuk udara selama Kamu menyelam.

Kamu suka melakukan aktifitas snorkeling tapi masih sering bingung mencari spot yang oke? Tenang, kali ini saya akan membocorkan beberapa spot snorkeling keren di Jawa yang bisa Kamu coba di hari libur atau cutimu.

1. Ke Gresik coba mampir ke Pulau Cina yang punya terumbu karang alami

spot snorkeling

Keindahan Pulau Cina di Gresik. Sumber foto

Banyak orang yang belum tahu bahwa Gresik punya kawasan pulau Cina yang menyimpan banyak kejutan. Salah satunya adalah terumbu karang yang masih alami. Untuk menuju pulau Cina ini Kamu harus menyewa kapal warga dari Pulau Bawean dan menyeberang laut Jawa sekitar 30 menit.

Di sini warga sangat menjaga kawasan Pulau Cina. Mereka bahkan tidak menggunakan bom atau zat kimia saat mencari ikan. Tujuannya adalah agar terumbu karang tetap hidup dan tidak rusak. Maka dari itu, jika Kamu ingin snorkeling di sini pastikan untuk tidak merusak terumbu karangnya ya. Jangan sampai juga menginjak-injaknya karena hal tersebut dapat merusak.

2. Pulau Menjangan, surga terumbu karang yang tersembunyi di antara Jawa dan bali

spot snorkeling

Pesona Pulau Menjangan memang tak bisa dipungkiri. Sumber foto

Pulau Menjangan ini memang berada di antara pulau Jawa dan Bali. Namun secara geografis pulau ini masuk dalam kawasan Bali. Kalau Kamu sedang berada di sekitaran Bali atau Banyuwangi dan ingin mencoba snorkeling, cobalah berkunjung ke Menjangan.

Pulau Menjangan punya peosna bawah laut yang sudah terkenal keindahannya. Terumbu karang yang masih alami, ikan warna-warni dan juga tanaman khas bawah laut akan memanjakan matamu selama menyelam di sini. Kamupasti akan ketagihan untuk datang lagi.

3. Menyusup masuk ke Banyuwangi, Kamu akan temukan surga untuk snorkeling di Teluk Biru

spot snorkeling

Teluk Biru, keindahan yang tersembunyi di Banyuwangi. Sumber foto

Kalau mau sedikit berusaha, Kamu akan menemukan surga yang tersembunyi di Banyuwangi. Ya, Teluk Biru ini merupakan tempat yang masih jarang dikunjungi, sehingga belum banyak orang yang tahu. Untuk menuju ke tempat ini, Kamu harus menyewa kapal dari pelabuhan Muncar.

Jika sudah memasuki kawasan Teluk Biru, Kamuakan bertemu dengan air laut biru yang sangat jernih. Bahkan Kamubisa melihat keindahan bawah lautnya dari atas kapal. Kondisi terumbu karang di sini juga masih sangat bagus. Hal ini karena terumbu karang di sini dikelola oleh Gemuruh (Gerakan Muncar Rumahku).

Di Teluk Biru ini Kamu bisa menikmati pemandangan ikan hias yang cantik, terumbu karang yang manis dengan sedikit ombak yang lembut.

4. Selain punya savana ala Afrika, Baluran juga punya spot snorkeling yang keren

spot snorkeling

Baluran ternyata tak hanya tentang savana, tapi juga pantai yang indah. Sumber foto

Namanya Pantai Bama, kawasan pantai di Baluran yang punya spot keren untuk snorkeling. Di sini Kamu perlu menyewa kapal untuk menjangkau lokasi snorkeling. Sayangnya di jarak 300-400 meter dari bibir pantai terumbu karang sudah cukup rusak, sehingga Kamu perlu ke tengah laut agar bisa menikmati terumbu karang yang masih bagus kondisinya.

Di Pulau Bama ini juga terdapat monyet-monyet liar. Kamu nggak perlu takut karena monyet ini nggak akan mengganggumu jika Kamu nggak mengusiknya.

5. Gili Labak, kalau Kamu  mengira ini ada di Lombok berarti travelingmu kurang jauh

spot snorkeling

Gili Labak ini ada di Madura, bukan di Lombok lho. Sumber foto

Maafkan saya yang bilang begitu ya, tapi memang kenyataannya Gili Labak ini bukan berada di Lombok melainkan di Madura. Gili Labak ini adalah pulau kecil yang dulunya disebut Pulau Tikus. Pulau dengan luas tak lebih dari 5 hektare ini ternyata punya keindahan bawah laut yang mempesona.

Pemandangan bawah laut di Gili Labak sanat indah, jadi nggak heran kalau banyak wisatawan yang datang untuk snorkeling atau diving. Selain itu, pasir putihnya yang halus dan ombaknya yang lembut membuat pulau ini semakin eksotis. Coba masukkan Gili Labak ke list destinasimu jika ada cuti.

6. Gunung Kidul Jogja memang selalu punya kejutan untuk Kamu

spot snorkeling

Salah satu pantai selatan yang asyik untuk snorkeling, Pantai Nglambor. Sumber foto

Adalah Pantai Nglambor, salah satu pantai di kawasan Gunung Kidul Jogja yang mulai terkenal sebagai spot snorkeling. Meski pantai selatan Jawa selalu gagah dengan ombaknya yang dahsyat, tapi berbeda dengan kondisi di pantai Nglambor ini. Pantai ini cukup tenang dan dapat digunakan sebagai tempat snorkeling.

Di sini hidup beberapa jenis ikan, di antaranya Sergeant Major, Jambrong dan beberapa ikan kecil lainnya. Masyarakat di sekitar sangat menjaga kelestarian terumbu karang dan ikan yang tinggal di dalamnya. Bahkan mereka melarang siapapun untuk menangkap ikan di sini.

Jadi kalau Kamu kebetulan sedang snorkeling di sini, ingat ya gais jangan sampai menangkap ikan atau merusak apapun termasuk terumbu karang. Tetap waspada saat snorkeling supaya kaki dan tangan kita nggak merusak tatanan terumbu karang yang ada.

7. Masih mempertanyakan keindahan Karimun Jawa? Sebuah tempat di Pulau Jawa yang eksotisme-nya tak pernah tersaingi

spot snorkeling

Salah satu spot favorit di Karimun Jawa yaitu Menjangan Kecil. Sumber foto

Karimun Jawa kaya dengan pantai yang tenang dan cantik dengan pasir putihnya. Sangat cocok untuk dijadikan spot snorkeling, sebab ombak di kawasan Karimun Jawa ini sangat tenang. Sangat berbeda dengan kondisi ombak di pantai selatan Jawa.

Banyak tempat yang bisa digunakan untuk snorkeling di sini. Misalnya di kawasan Pulau Kecil, Pulau Tengah, Pulau Cemara kecil, atau Menjangan Kecil. Tak hanya snorkeling, di Karimun Jawa Kamu juga bisa berenang  bersama ikan hiu. Berani coba?

8. BUNDER (Bangsring Under Water) yang lebih dikenal dengan Rumah Apung

spot snorkeling

BUNBER atau Bangsring Under Water di Banyuwangi. Sumber foto

Banyuwangi memang pantas disebut surganya Jawa. Jejeran pantainya yang indah ternyata juga merupakan spot snorkeling yang cocok untuk wisatawan. Kali ini Kamu akan dibuat terpesona dengan kecantikan bawah laut  BUNDER atau Bangsring Under Water.

Meski memiliki pasir hitam, Bangsring sebetulnya menyimpan kecantikannya di bawah laut, dengan terumbu karangnya yangalami dan di sini juga  terdapat 500 jenis ikan hias. Tak hanya itu, ada juga Rumah Apung yang dijadikan tempat konservasi ikan hiu. Kamu bisa berenang dengan ikan hiu di sini gais.

9. Menuju ke barat, coba datang ke Pantai Pangandaran yang katanya merupakan pantai terbaik di Jawa

spot snorkeling

Keindahan bawah laut Pantai Pangandaran. Sumber foto

Banyak orang yang bilang begitu, Pantai Pangandaran adalah pantai terbaik Jawa. Bukan tanpa alasan sih, karena faktanya di pantai ini Kamu bisa melihat matahari terbit dan juga tenggelam dari satu tempat yang sama, keren kan?

Tak hanya itu, Pantai Pangandaran juga punya kawasan taman bawah laut yang cantik. Ombaknya yang relatif tenang memungkinkanmu menikmati keindahan bawah laut dengan snorkeling. Kamu nggak perlu khawatir karena area pantai ini dijaga ketat oleh pengawas pantai. Jadi Kamu akan merasa lebih aman saat berenang di sini.

***

Smell the sea and feel the sky. Let your soul and spirit fly.

Laut dan pantai di Indonesia sangatlah kaya dan indah. Jika Kamu punya banyak waktu untuk mendaki ketinggian Indonesia, cobalah sekali-kali untuk menyelam ke kedalaman. Kamu akan tahu bahwa pantai tak kalah indah dibanding gunung. Segera atur waktu dan datangi tempat-tempat ini, mungkin Kamu akan ketagihan setelahnya.

Baca juga:

 

 

Dapatkan ulasan menarik tentang dan tulisan Lain dari Rizqi Y

Tags: , ,

Paket Produk Penawaran

Iklankan Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar