4 Pantai Untuk Camping di Banyuwangi

Bukan cuma sunrise dan sunset saja, di pantai ini kamu juga bisa snorkeling!

Echi • September 7, 2016

Bosan camping di gunung? Coba camping di pantai, deh. Tidak hanya pemandangan sunrise dan sunset saja yang bisa kamu dapat, tapi juga bisa snorkeling di lautan bahkan mandi di bawah air terjun.

Nah, berikut 4 pantai di Banyuwangi yang cocok untuk camping.

1. Menikmati pemandangan kerlap-kerlip bintang dan pulau merah di Pantai Pulau Merah

camping pantai Banyuwangi

Foto berasal dari sini

Pantai Pulau Merah merupakan ikon wisata Banyuwangi yang selalu laris manis dikunjungi turis. Garis pantai yang panjang serta pemandangan senja yang menakjubkan adalah alasan tepat untuk mengunjungi pantai ini. Bagi kamu yang suka petualangan, bermalam di dalam tenda, beralaskan empuknya kasur pasir, dan beratap bintang-bintang menjadi alasan.

Pantai ini sangat aman untuk mendirikan tenda karena dikelilingi bukit dan pohon-pohon rindang. Selain itu, di sekitar pantai terdapat warung dan toilet yang bisa kamu manfaatkan saat camping. Sangat cocok buat kamu yang masih pemula.

2. Pulau Tabuhan merupakan spot camping terbaik untuk snorkeling di lautan yang tenang

camping pantai banyuwangi

Foto berasal dari sini

Kamu bisa mendirikan tenda di atas hamparan pasir putih. Berbincang dengan teman di tengah lautan, merasakan hembusan angin laut yang menyegarkan, dan saat senja tiba, pemandangan sunset sangat memanjakan mata. Bonusnya, kamu bisa snorkeling di lautan yang tenang dan dangkal.

Yang perlu menjadi perhatian, Pulau Tabuhan sangat ramai saat musim libur panjang. Berkemahlah pada hari-hari biasa. Kamu akan mendapatkan sensasi camping di pulau pribadi yang sepi.


Baca juga:


3. Camping di antara perahu-perahu nelayan di Pantai Rajegwesi

camping pantai

Foto berasal dari sini

Meski termasuk dalam kawasan Taman Nasional Meru Betiri, nama pantai Rajegwesi tidak sepopuler Pantai Teluk Ijo dan Pantai Sukamade. Meski kurang populer, Pantai Rajegwesi tidak kalah menawan bila dibandingkan dengan dua pantai lainnya. Salah satu keunikan pantai ini adalah banyaknya perahu-perahu nelayan yang bersandar di pinggir pantai.

Dikelilingi bukit-bukit, pohon-pohon hijau serta rumah penduduk, pantai ini sering dipakai untuk camping juga lho. Spot paling nyaman berada 10 meter dari Petilasan Mbah Agung Wilis. Jangan takut, Tuhan bersama orang-orang yang beriman.

4. Menikmati keindahan surga tersembunyi di Pantai Teluk Hijau

camping pantai banyuwangi

Foto berasal dari sini

Pantai Teluk Hijau atau Green Bay adalah surga tersembunyi wisata Banyuwangi. Akses menuju pantai ini memang terbilang cukup berat. Butuh kesabaran yang lebih untuk sampai ke tempat ini.

Namun, pemandangan air laut kehijauan akan menyejukan mata dan pikiranmu. Bukan cuma pemandangan pantai saja, kamu juga bisa bermain-main di bawah air terjun teluk ijo lho.

***

Dimanapun pantainya, pilihlah lokasi camping yang jauh dari bibir pantai. Lahan camping yang dikelilingi pepohonan lebih aman dari air pasang.