Tak Hanya Snorkeling, Ini Aktivitas Lain yang Patut Dicoba di Karimunjawa

Selain snorkeling di Karimunjawa, Anda perlu coba aktivitas-aktivitas ini. (Foto/Erin Ariane).

Akhir tahun segera datang, libur panjang menanti dan saatnya untuk menghabiskan jatah cuti yang masih tersisa sebelum hangus ditahun depan. Untuk para pekerja kantoran Jakarta yang tiap harinya sudah disibukkan dengan kemacetan, kebisingan, polusi dan tuntutan kerja yang tinggi, sudah saatnya kabur sejenak. Mencari tempat pelarian yang jauh dari hiruk pikuk kota, tenang, indah dan menyegarkan badan juga pikiran.

Karimunjawa bisa jadi tempat yang cocok untuk para pekerja kantoran. Selain punya pantai yang luar biasa indah, di sini wisatawan bisa berkeliling ke banyak destinasi yang tak melulu cuma pantai saja. Dan jika Desember ini ada rencana berlibur ke Karimunjawa, maka inilah daftar tempat wisata di Karimunjawa yang harus dikunjungi:

Baca juga: Baru pertama kali ke Karimunjawa? Perhatikan hal ini jika tak ingin menyesal dan liburan Anda gagal. 

1. Berfoto dan menyaksikan senja di Bukit Joko Tuwo

snorkeling di karimunjawa

Bukit Joko Tuwo yang asyik untuk menikmati Karimunjawa dari ketinggian. Foto oleh @itamustcrh

Bukit Joko Tuwo merupakan salah satu tempat wisata di Karimunjawa yang jadi favorit wisatawan. Dari bukit ini wisatawan bisa menikmati indahnya garis pantai Karimunjawa dari ketinggian. Saat senja tempat ini punya panorama epik yang sangat cantik. Matahari yang mulai menguning dan tenggelam di antara garis cakrawala bumi. Cantik!

Bukit Joko Tuwo juga menjadi salah satu bukti bahwa tempat wisata di Karimunjawa tak melulu pantai saja. Tapi ada juga pilihan destinasi lain yang tak kalah cantik dan indah.

2. Bermain kano di Bako Lolo

snorkeling di karimunjawa

Bako Lolo, tempat yang cocok untuk menyepi dan bersantai. Foto oleh Maioloo.com

Sering membayangkan duduk di atas kano di perairan yang tenang sambil membaca buku? Siapapun bisa mewujudkan mimpi ini di Bako Lolo Karimunjawa. Bako Lolo merupakan salah satu tempat wisata di Karimunjawa yang berupa laguna dengan air tenang tanpa ombak. Perairan ini dikelilingi hutan bakau yang asri dan rimbun. Udaranya segar dan suasananya begitu tenang.

Lokasinya memang belum terfasilitasi dengan maksimal, tapi wisatawan akan dibantu masyarakat setempat jika ingin menuju tempat ini. Lokasi Bako Lolo berada di sisi barat Bandara Dewadaru dan dekat dengan Pantai Bunga Jabe.

3. Berenang di perairan Pulau Cemara

tempat wisata di karimunjawa

Pulau Cemara Besar dan kecil bisa jadi tempat pelarian yang menyenangkan. Foto dari @jelajah.nusantaraid

Pulau Cemara memang sudah sangat terkenal di kalangan wisatawan yang datang ke Karimunjawa. Pulau ini memiliki perairan yang sangat dangkal di sekitar pulaunya. Sehingga kapal yang datang membawa wisawatan pun tak bisa sampai di bibir pantai. Namun, ini justru jadi hal yang menyenangkan. Wisatawan bisa menuju pantai sambil berenang dan bermin air yang super jernih.

Tak jauh dari Pulau Cemara ini juga terdapat pulau kecil lain yang tak berpenghuni. Nama pulau ini adalah Pulau Cemara Kecil, karakternya mirip dengan Pulau Cemara Besar.

Baca juga: Ada trik supaya liburan ke Karimunjawa makin hemat, bahkan cukup dengan 300ribu

4. Menyapa hiu dari dekat di Penangkaran Hiu Pulau Menjangan Karimunjawa

tempat wisata di karimunjawa

Penangkaran hiu di Pulau Menjangan Karimunjawa. Foto oleh @warungnanan

Hiu mungkin memang dikenal sebagai hewan buas dan menakutkan. Namun ada satu tempat wisata di Karimunjawa yang memberikan kesempatan pada wisatawan untuk mengenal lebih dekat bahkan berfoto bersama ikan hiu. Ya, di Pulau Menjangan Karimunjawa terdapat sebuah penangkaran hiu yang terbuka untuk wisatawan. Di sini pengunjung bisa melihat, berfoto dan berenang bersama anakan hiu yang lucu.

Tips: Sebelum berfoto dengan hiu-hiu lucu ini, pastikan bahwa bagian tubuh tak ada yang luka dan berdarah. Jika sedang luda dan berdarah (termasuk wanita haid) sebaiknya jangan masuk dalam kolam. Selain itu pastikan juga untuk menjaga tangan agar tidak membuat gerakan berlebih. Ini dapat memicu ikan hiu mendekat dan mengira kita adalah makanannya.

5. Bersantai di Pantai Tanjung Gelam dengan ikon kelapa miring yang unik

tempat wisata di karimunjawa

Sunset di Pantai Tanjung Gelam. Foto oleh @wisata_karimunjawa_tour

Pantai Tanjung Gelam begitu terkenal karena ikon pohon kelapa miring yang sering jadi tempat berfoto wisatawan. Pohon kelapa ini tumbuh condong ke arah pantai dan memang begitu unik apalagi untuk mengambil beberapa foto. Tak heran kalau banyak wisatawan yang datang ke sini sekaligus untuk hunting foto di kelapa miring.

Pantai ini punya garis pantai yang landai dan airnya cukup dangkal. Pasir putihnya yang lembut membuat tempat ini asyik untuk bermain-main bersama anak-anak. Yang pasti harus tetap dengan pengawasan orang tua.

Dapatkan ulasan menarik tentang dan tulisan Lain dari Shabara Wicaksono

Tags: ,

Paket Produk Penawaran