Sidebar

Total 170 Kapal Ramaikan Sail Moyo Sumbawa

Sail Moyo, tajuk yang digunakan dalam Sail Indonesia 2018, merupakan turnamen reli yacht tahunan yang berangkat dari kota Darwin, Australia dengan tujuan tempat-tempat wisata di seluruh Indonesia.

SHARE :

Ditulis Oleh: Echi

Ratusan Yacht siap ramaikan Sail Moyo Sumbawa. Sumber foto

Sebanyak 170 kapal yacht dari Darwin Australia dan Singapura akan bertemu di kawasan Saleh, Moyo, dan Tambora (Samota), Sumbawa, dalam rangkaian Sail Indonesia 2018. Nantinya, para peserta akan singgah di kawasan Saleh, Moyo selama tiga hari.

Sail Indonesia sendiri merupakan turnamen reli yacht tahunan yang berangkat dari kota Darwin, Australia pada bulan Juli dengan tujuan tempat-tempat wisata di seluruh Indonesia.

Baca juga: Joki cilik Sumbawa, bertaruh nyawa demi sebuah kebanggaan

Acara Sail Indonesia 2018 ini akan berlangsung pada 12 sampai 19 September mendatang. Sebagai acara puncaknya, Sail Moyo akan menggelar serangkaian kegiatan dan upacara penyambutan yang akan dilaksanakan di Teluk Lembar Lombok pada 20 September 2018. Dikabarkan, Presiden Indonesia Joko Widodo direncanakan akan menghadiri Sail Indonesia ini.

Agar semakin meriah, Pemprov NTB pun telah menyiapkan Festival Tambora sebagai rangkaian dari keseluruhan pelayaran Sail Moyo.

Karena puncak acara Sail Indonesia 2018 akan berlangsung di Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, maka Pemprov NTB mengusulkan untuk mengubah nama tajuk menjadi ‘Sail Moyo’.

Baca juga: Festival Moyo, akan tampilkan kearifan lokal demi sebuah kebanggan.

Melansir dari lombokinsider dalam artikel berjudul ‘Persiapan Sail Moyo Terus Dimatangkan’, pengubahan tajuk kegiatan pelayaran internasional menjadi Sail Moyo karena Pulau Moyo dianggap ikon pariwisata Sumbawa yang telah mendunia.

Bukan rahasia lagi jika Pulau Moyo merupakan tempat persinggahan favorit para orang penting dunia. Bahkan, mendiang Lady Diana pun pernah liburan ke sana.

Pulau Moyo yang terletak di Teluk Saleh memiliki cagar alam taman nasional Pulau Moyo dan berada beberapa kilometer dari pantai utara.

Pulau ini dikelilingi oleh terumbu karang yang indah dan habitat banyak hewan mulai dari biawak, 21 jenis kelelawar, rusa liar dan juga terdapat kelompok kera pemakan kepiting, sapi liar, babi hutan dan berbagai macam spesies burung, hiu dan kura-kura.

Dalam serangkaian acara Sail Moyo nanti, Pemprov NTB mengajak seluruh masyarakat untuk melakukan bersih-bersih di lokasi puncak acara Sail Moyo.

Salah satu hal yang dilakukan dalam persiapan menyambut para peserta yacht ini, masyarakat bersama pemerintah setempat melakukan aksi bersih-bersih pantai di pantai Kuta Mandalika dan Pantai Seger.

Kegiatan ini pun merupakan bagian dari persiapan menjelang penyelenggaraan puncak Festival Pesona Bau Nyale 2018 yang akan diadakan pada Selasa-Rabu, 6-7 Maret 2018.

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

Gunung Rinjani Ditutup Setelah Turis Pesta Dugem di Bukit Propok

Diskriminasi Pekerja Perempuan dalam Industri Pariwisata Indonesia

Mentigi Bay Dome Villas, Hotel Unik di Lombok yang Indah dan Populer

Pulau Satonda Sumbawa, Jejak Erupsi Dahsyat Gunung Berapi Purba

5 Tempat Wisata di Indonesia yang Rusak Setelah Viral di Media Sosial

Dampak Corona, Pemerintah Berikan Diskon Tiket Pesawat 50 Persen

FALLBACK
The END